Comscore Tracker

5 Hal tentang Kehidupan Suku Eskimo, Berteman dengan Es Sepanjang Usia

Deretan fakta dari penduduk di wilayah terdingin dunia

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, suku adalah golongan orang-orang (keluarga) yang seketurunan. Dalam hal ini, tentu golongan yang dimaksud dapat diartikan sebagai sebuah kelompok besar yang memiliki identitas atau suatu ciri khas yang sama.

Dari banyaknya suku yang tersebar di dunia, ada suku-suku terkemuka yang memiliki keunikan tersendiri, salah satunya adalah suku Eskimo.

Suku Eskimo merupakan kelompok yang mendiami wilayah paling dingin di muka bumi, yakni kutub. Terlepas dari di mana mereka tinggal, ada fakta-fakta unik lain dari suku yang satu ini. Apa saja?

1. Makanan

5 Hal tentang Kehidupan Suku Eskimo, Berteman dengan Es Sepanjang Usiafoodnetwork.ca

Sebagai orang yang mendiami tempat dingin, sulit rasanya jika mereka harus bertani karena cuaca dan lingkungan yang kurang mendukung. Maka dari itu, salah satu cara bertahan hidup yang bisa dilakukan oleh orang Eskimo adalah dengan berburu.

Dikutip dari sodelicious.recipes, dikatakan bahwa suku Eskimo banyak memakan daging. Hal itu dilakukan bukan hanya karena ketersediaan, melainkan daging-daging yang dikonsumsi tersebut juga dapat membantu suhu tubuh orang Eskimo selalu terjaga dalam keadaan hangat.

Tidak hanya ikan, Suku Eskimo disebut juga mengonsumsi anjing laut, beruang kutub, hingga karibu. Meski demikian, apabila sedang mengalami musim panas, Suku Eskimo juga memakan buah beri dan rerumputan.

2. Pakaian

5 Hal tentang Kehidupan Suku Eskimo, Berteman dengan Es Sepanjang Usiastudy.com

Untuk bertahan di cuaca ekstrem atau sedingin kutub, tentu bukanlah hal yang mudah. Jaket dan baju berlapis-lapis pun belum tentu dapat membuat tubuh terhindar dari berbagai masalah seperti hipotermia.

Dilansir dari wikipedia, pakaian suku Eskimo rata-rata dibuat bukan dari kain biasa melainkan dari kulit hewan yang mana salah satunya adalah rusa. Selain itu, atribut yang digunakan pun lebih banyak ketimbang manusia yang tinggal di tempat biasa. Hal ini secara tidak langsung menunjukkan kepada kita bahwa hidup di sana perlu banyak pengorbanan dan memberikan pelajaran hidup.

Baca Juga: Lama Siang 24 Jam, Bagaimana Puasa Orang Eskimo?

3. Identitas

5 Hal tentang Kehidupan Suku Eskimo, Berteman dengan Es Sepanjang Usiamonkeysandmountains.com

Suku Eskimo tersebar di berbagai penjuru dengan dua kelompok besar yang berbeda, ada Inuit dan Yupik. Meski tersebar di Alaska hingga Greenland, rupanya asal-muasal penduduk Eskimo sendiri berasal dari Asia lho!

Dikutip dari kidsworldfun dikatakan bahwa orang Eskimo memiliki kemiripan dengan orang Amerika dan India. Padahal yang benar adalah orang Eskimo berevolusi dari orang Mongolia yang berasal dari Asia Timur.

4. Bahasa

5 Hal tentang Kehidupan Suku Eskimo, Berteman dengan Es Sepanjang Usiakeywordbasket.com

Orang Eskimo memiliki bahasa tersendiri yakni Yu'pik. Bahasa tersebut bukan serapan dari bahasa manapun sehingga hanya mereka sendiri yang memahami bahasa tersebut. Meski begitu, di beberapa daerah, dialek dan cara pengucapannya bisa terdengar berbeda tergantung dengan orang bagian mana kamu berbicara.

5. Jumlah penduduk

5 Hal tentang Kehidupan Suku Eskimo, Berteman dengan Es Sepanjang Usiaunsplash.com/rodlong

Menurut britannica.com, pada abad ke 21 jumlah penduduk keturunan Eskimo diperkirakan hanya sebanyak 135.000 orang. Pemukiman mereka tersebar di beberapa daerah tertentu, misalnya di Greenland sebanyak 50.000 orang, lalu jumlah terbesar ada di kawasan Amerika Utara dengan angka yang hampir menyentuh 85.000 orang, kemudian sisanya tersebar ke wilayah Siberia.

Nah, itulah kelima fakta mengenai salah satu penduduk terunik di muka bumi. Sungguh menarik ya!

Baca Juga: 7 Hal Mengejutkan Ini Akan Terjadi jika Semua Es di Kutub Mencair 

Intan Pratiwi Buchr Photo Community Writer Intan Pratiwi Buchr

sempat ingin jadi astronaut

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You