Comscore Tracker

5 Hewan yang Berjasa pada Nabi Muhammad SAW, Menyelamatkan Sang Rasul

Salah satunya menyelamatkan nyawa Rasulullah

Nabi Muhammad SAW merupakan sosok yang dicintai oleh para pengikutnya. Bukan hanya itu, saking mulianya, beliau juga dicintai oleh makhluk lain seperti malaikat dan jin. Tak ketinggalan, hewan-hewan ternyata juga begitu menghormati Rasulullah. 

Semasa hidupnya, ada sejumlah hewan yang tercatat berjasa terhadap beliau. Bahkan beberapa di antaranya pernah menyelamatkan Nabi Muhammad SAW saat beliau sedang dalam bahaya. Ingin tahu hewan apa sajakah itu? Simak kisahnya berikut ini!

1. Qaswa, unta yang menjadi tunggangan Nabi Muhammad SAW

5 Hewan yang Berjasa pada Nabi Muhammad SAW, Menyelamatkan Sang Rasulunta (pexels.com/Frans Van Heerden)

Qaswa atau Al-Qaswa merupakan unta betina yang dibeli Nabi Muhammad SAW dari sahabatnya, Abu Bakar. Ia menjadi saksi perjuangan sang Rasul dalam menyebarkan agama Islam. 

Dilansir buku The Great Story of Muhammad dari Maghfirah, Qaswa juga terlibat dalam menentukan area hijrah saat Nabi Muhammad SAW meninggalkan Mekkah. Saat itu, rombongan terus berjalan namun si unta ini tiba-tiba berhenti di suatu tempat yang ternyata merupakan Madinah. Sang Rasul pun akhirnya menentukan bahwa itulah tempat hijrahnya. 

Unta yang telah kehilangan satu telinganya ini juga membawa Nabi Muhammad SAW dalam peperangan. Ia pula yang mengantarkan sang Rasul kembali ke Mekkah untuk merebut kekuasaan dari bangsa Quraisy. 

Setelah sang nabi wafat, Qaswa menolak untuk makan dan minum karena ia sangat sedih. Unta yang istimewa itu pun akhirnya mati menyusul tuannya. Dilansir Islamic Encyclopedia, sumber lain mengatakan bahwa ia tiba-tiba menghilang entah ke mana setelah Nabi Muhammad SAW wafat. 

2. Muezza, kucing paling spesial di mata sang Rasul

5 Hewan yang Berjasa pada Nabi Muhammad SAW, Menyelamatkan Sang Rasulkucing putih(pexels.com/Peng Louis)

Berikutnya ada Muezza. Ia merupakan seekor kucing betina yang begitu spesial di mata Nabi Muhammad SAW. Melaluinya, Rasul menunjukkan seperti apa seharusnya kita memperlakukan hewan. 

Beliau sering kali mengajak Muezza saat melakukan khotbah di hadapan para pengikutnya dan aktivitas religius lain. Kucing itu sering kali duduk di pangkuan beliau. Dalam kisah lain, Muezza tampak tertidur pulas di atas jubah Nabi Muhammad SAW yang sedang dipakainya. Beliau rela memotong pakaian itu ketika ingin salat agar si kucing tak terganggu. 

Melalui Muezza pula, kita mengetahui bahwa air liur kucing itu suci dan tidak akan membatalkan wudu. Nabi Muhammad SAW tak ragu minum dan menyucikan diri dari air yang baru saja diminum oleh kucing tersebut. 

3. Laba-laba dari Gua Tsur

5 Hewan yang Berjasa pada Nabi Muhammad SAW, Menyelamatkan Sang Rasullaba-laba dan sarangnya (pexels.com/Pixabay)

Hewan yang satu ini sangat spesial karena berhasil menyelamatkan nyawa Nabi Muhammad SAW. Ia adalah laba-laba dari Gua Tsur. Seperti apa kisahnya?

Berawal dari sang Rasul yang saat itu tengah berperang, beliau kemudian dikejar-kejar oleh kaum kafir Quraisy. Untuk menyelamatkan diri dan agar tak dibunuh, beliau bersembunyi di dalam Gua Tsur. Akan tetapi, mulut gua tersebut masih terbuka sehingga orang dari luar bisa melihat bagian dalam. 

Allah SWT kemudian memerintahkan seekor laba-laba untuk membuat sarang hingga menutupi mulut gua. Ketika kaum Quraisy melewati area tersebut, salah seorang dari mereka ingin mengecek ke dalam. Akan tetapi, ia dihentikan oleh kelompoknya sendiri yang mengatakan, "Gua ini telah lama ditinggalkan orang, lihat saja tebalnya sarang laba-laba di mulutnya itu,". 

Berkat bantuan dari si laba-laba, Nabi Muhammad SAW yang telah bersembunyi di Gua Tsur selama tiga hari pun selamat. Kisah ini bahkan diabadikan dalam salah satu surat di Al-Qur'an. 

Baca Juga: Dijamin dalam Al-Qur'an, 10 Hewan Pasti Masuk Surga dalam Islam

4. Burung merpati yang membantu Nabi Muhammad SAW bersembunyi

5 Hewan yang Berjasa pada Nabi Muhammad SAW, Menyelamatkan Sang Rasulburung merpati (pexels.com/Gratisography)

Ternyata bukan hanya laba-laba yang menyelamatkan Nabi Muhammad SAW dari kejaran kaum Quraisy. Ada pula seekor merpati yang diutus oleh Allah SWT untuk membantunya.

Burung ini sengaja bertelur tepat di depan sarang laba-laba agar kaum Quraisy semakin yakin bahwa Gua Tsur tidak pernah disentuh oleh manusia mana pun. Sebab burung tidak akan menaruh telurnya di area dekat manusia agar tak terancam. 

Karena peristiwa ini, semua orang yang ada di Mekkah dilarang untuk menangkap burung merpati. Apalagi memburunya. Mereka dibiarkan berkeliaran di pelataran Masjidil Haram dan setiap sudut kota. 

5. Anjing yang membela Nabi Muhammad SAW

https://www.youtube.com/embed/P5FL8kdqaP0

Kisah berikutnya terjadi jauh setelah Nabi Muhammad SAW wafat. Diriwayatkan dari Ad-Durar Al-Kaminah oleh Ibnu Hajar al-Asqani, sempat ada seorang pimpinan Mongolia yang menghina-hina sang Rasul di sebuah pertemuan. 

Secara kebetulan, di dekat area pertemuan itu, ada seekor anjing penjaga yang diikat dengan tali kekang. Setelah si pimpinan berbicara, anjing itu tiba-tiba terlepas dan mencakar wajahnya. 

Melihat kejadian ini, orang-orang yang datang berkomentar, "Mungkin anjing itu marah melihatmu menghina Muhammad,". Si pimpinan masih mengelak dan berkata bahwa mungkin anjing berontak karena melihat gerakan tangannya. 

Lagi, ia kembali menghina Nabi Muhammad SAW dengan perkataan yang lebih kasar. Anjing itu kembali berontak dan menggigit tenggorokannya. 

Walaupun tak ada yang tahu niat asli anjing tersebut, orang-orang yang menyaksikan kejadian itu percaya bahwa makhluk itu ingin membela sang Rasul. 

Itulah sejumlah hewan yang dikenal berjasa terhadap Nabi Muhammad SAW. Kisah mereka bisa menjadi inspirasi bagi umat Islam untuk lebih menghormati dan meneladani beliau. 

Baca Juga: 7 Istri Nabi Muhammad SAW yang Paling Dikenal dan Berpengaruh

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya