Comscore Tracker

10 Dinosaurus Ini Ternyata Ukurannya Kecil, Gak Sesuai Ekspektasi

Ada yang seukuran kucing, lho!

Memiliki tinggi beberapa meter, tubuh ratusan kilo, dan hidup jutaan tahun yang lalu. Ketiga karakteristik itulah yang erat dengan image dinosaurus. Setiap kali mendengar namanya, kita langsung membayangkan makhluk bertubuh besar, tua, dan mengerikan. Contohnya Brontosaurus, T-Rex, Triceratops, dan lain-lain. 

Akan tetapi, tak semua dinosaurus memiliki penampilan seperti itu. Faktanya, ada sejumlah spesies yang dikenal bertubuh kecil. Bahkan ada yang ukurannya menyerupai kucing, lho. Ingin tahu dinosaurus apa sajakah itu? Kenalan dengan mereka, yuk!

1. Dilong, saudara T-Rex yang paling kecil

10 Dinosaurus Ini Ternyata Ukurannya Kecil, Gak Sesuai EkspektasiDilong paradoxus (Dok. Encyclopedia Britannica)

Walaupun bukan yang terbesar, T-Rex tetap saja memiliki badan raksasa. Dinosaurus pemakan daging itu memiliki tinggi rata-rata 12 meter dengan berat mencapai 8 ribu kilogram. Namun ternyata, T-Rex memiliki saudara yang tubuhnya jauh lebih kecil darinya. Mereka adalah Dilong. 

Dilansir ThoughtCo, Dilong paradoxus hidup sekitar 60 juta tahun lalu. Mereka adalah spesies T-Rex terkecil yang pernah ada. Tingginya hanya mencapai maksimal 2 meter dengan berat kira-kira 11 kilogram. Tubuhnya diselimuti oleh bulu sehingga Dilong tampak seperti burung.

2. Europasaurus, saudara terkecil Brontosaurus

10 Dinosaurus Ini Ternyata Ukurannya Kecil, Gak Sesuai EkspektasiEuropasaurus (Dok. Encyclopedia Britannica)

Europasaurus merupakan spesies sauropoda terkecil di dunia. Sebagai informasi sauropoda merupakan klasifikasi dari dinosaurus dengan leher panjang. Spesies paling populer di famili tersebut adalah Brontosaurus, Brachiosaurus dan Diplodocus. 

Sementara keluarganya bertubuh raksasa, Europasaurus tidak mewarisi karakteristik tersebut. Mereka hanya memiliki tinggi sekitar 3-6 meter dengan berat rata-rata 800 kilogram. Kira-kira ukurannya mirip dengan gajah modern. 

Kenapa mereka tidak tumbuh besar seperti keluarganya? Salah satu teori yang paling masuk akal adalah Europasaurus terpisah dari kawanan ketika bermigrasi. Mereka hidup di pulau sekitar Jerman yang sempit dan tak mampu menampung dinosaurus berukuran besar. Dengan alasan tersebut, Europasaurus akhirnya berevolusi sehingga mereka tak tumbuh sebesar keluarganya. 

3. Shuvuuia, dinosaurus yang ukurannya mirip dengan kucing

10 Dinosaurus Ini Ternyata Ukurannya Kecil, Gak Sesuai EkspektasiShuvuuia deserti (scitechdaily.com)

Hidup di area padang pasir sekitar 81 juta tahun lalu, Shuvuuia tergolong dalam keluarga theropoda, dinosaurus dengan tiga jari yang memakan daging. Uniknya, tak seperti yang lain, ukuran hewan ini mirip dengan kucing. 

Dilansir LiveScience, tubuh Shuvuuia hanya bisa mencapai 0,6 meter. Mereka merupakan makhluk nokturnal yang biasa memangsa rayap. Karena biasa berburu di malam hari, mereka memiliki indra penglihatan dan pendengaran yang tajam.

Para ahli melaporkan bahwa penampilan dinosaurus ini sangat aneh. Shuvuuia memiliki mata yang sangat besar, paruh kecil, dan gigi yang terlihat seperti nasi basmati. Walaupun begitu, tubuh mereka yang kecil dan kaki belakangnya yang kuat membuatnya mampu berlari kencang. 

Baca Juga: 7 Dinosaurus yang Lebih Mengerikan daripada T-Rex, Tak Kalah Ganas

4. Hypsilophodon yang mirip kangguru

10 Dinosaurus Ini Ternyata Ukurannya Kecil, Gak Sesuai EkspektasiHypsilophodon (dinosaurpictures.org)

Hypsilophodon merupakan dinosaurus berikutnya yang tergolong berukuran kecil. Hidup sekitar 125 juta tahun yang lalu, dinosaurus ini memiliki tinggi 1-3 meter dan berat rata-rata hanya mencapai 50 kilogram. Ini artinya, mereka berkali-kali lipat lebih kecil daripada T-Rex. 

Dilansir Dinosaurisle, Hypsilophodon kemungkinan lebih banyak mengonsumsi tumbuh-tumbuhan. Namun terkadang mereka menjadi omnivor dengan memangsa hewan-hewan kecil seperti serangga. Mereka juga dikenal memiliki paruh untuk mengikis dedaunan. 

5. Aquilops, dinosaurus bertanduk terkecil seukuran gagak

10 Dinosaurus Ini Ternyata Ukurannya Kecil, Gak Sesuai EkspektasiAquilops americanus (wikia.nocookie.net)

Aquilops americanus merupakan dinosaurus asal Amerika Utara yang hidup sekitar 106 juta tahun lalu. Mereka memiliki ciri khas berupa tubuh yang dipenuhi oleh tanduk. Selain itu, bentuk mulut dinosaurus ini juga aneh karena tampak seperti paruh yang bercabang. 

Dinosaurus yang merupakan saudara dari Triceratops ini memiliki tubuh yang kecil, lho. Dilansir jurnal PLOS tahun 2014, diperkirakan ukuran mereka tak jauh berbeda dengan gagak dan memiliki berat serupa dengan kelinci. Walaupun tak memiliki fosil secara utuh, para ahli menemukan bahwa tengkorak Aquilops hanya seukuran telapak tangan manusia. 

6. Gasparinisaura, dinosaurus yang menyerupai iguana

10 Dinosaurus Ini Ternyata Ukurannya Kecil, Gak Sesuai EkspektasiGasparinisaura (dinosaurpictures.org)

Berikutnya ada Gasparinisaura. Mereka merupakan spesies paling mungil dari famili ornithopoda, dinosaurus kecil pemakan tumbuhan yang berjalan dengan dua kaki. Saking kecilnya, Gasparinisaura bisa dibilang mirip dengan iguana. 

Hewan yang hidup di Zaman Kapur Akhir ini memiliki berat maksimal 11 kilogram. Tubuhnya rata-rata tumbuh hingga 0,8 meter saja. Mereka biasa mengonsumsi tumbuh-tumbuhan sebagai makanan utamanya. 

7. Oculudentavis khaungraae, pemegang rekor dinosaurus terkecil di dunia saat ini

10 Dinosaurus Ini Ternyata Ukurannya Kecil, Gak Sesuai EkspektasiOculudentavis khaungraae (Dok. Lida Xing via livescience.com)

Yuk, kenalan dengan Oculudentavis khaungraae! Merekalah pemegang rekor dinosaurus paling kecil di dunia saat ini. Jurnal dari Nature tahun 2020 mengatakan bahwa mereka ditemukan di dalam resin pohon dan diperkirakan beratnya hanya mencapai 2 gram. Hanya seberat koin, lho!

Walaupun ukurannya kecil, Oculudentavis memiliki setidaknya 100 pasang gigi tajam di dalam mulutnya. Benar, ini berarti mereka merupakan predator pemakan hewan. Lebih tepatnya, dengan ukuran tubuh tersebut, mereka hanya bisa mengonsumsi serangga kecil. 

Walaupun secara teknis Oculudentavis merupakan dinosaurus, mereka lebih terlihat seperti burung. Tubuhnya dilengkapi dengan paruh, sayap, dan kaki kecil di bagian belakang. 

Berlawanan dengan kawanannya yang lain, ternyata ada juga dinosaurus yang berukuran mini, ya. Ukurannya bahkan bisa disejajarkan dengan hewan-hewan modern yang seharusnya jauh lebih kecil daripada mereka. Spesies mana yang menurutmu paling unik?

Baca Juga: 7 Jenis Hiu Purba Paling Mengerikan, Lebih Seram daripada Dinosaurus

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya