Comscore Tracker

12 Misteri Lautan Dunia yang Sulit Dipecahkan, Ada Atlantis Juga!

Apakah Atlantis itu nyata? Ada apa di Segitiga Bermuda?

Disadari atau tidak, lautan adalah tempat yang paling banyak menyimpan misteri. Permukaannya yang sangat luas dan kedalamannya yang tidak dapat diraih membuat penjelajahan manusia dapat dibilang terbatas.

Buktinya, masih banyak fenomena di lautan yang sulit untuk dijelaskan. Apa sajakah itu? Mulai dari keanehan Laut Baltik hingga Segitiga Bermuda, berikut ini 12 misteri laut yang sulit untuk dipecahkan! 

1. Benda misterius di Laut Baltik

12 Misteri Lautan Dunia yang Sulit Dipecahkan, Ada Atlantis Juga!science-rumors.com

Pada tahun 2011, penjelajah laut menemukan objek berbentuk lonjong yang aneh di dasar Laut Baltik. Objek yang ada di kedalaman 91,4 meter itu dipindai menggunakan cahaya sonar. Hasilnya pun cukup mengejutkan. 

Penjelajah tersebut mendapatkan bentuk aneh yang sama sekali tidak terlihat natural. Teori-teori konspirasi pun mulai bermunculan. Ada yang berpendapat bahwa itu merupakan jejak alien yang mendarat di Bumi. Ada pula yang mengatakan bahwa objek tersebut bisa jadi merupakan teknologi perang rahasia. 

2. Empat kapal selam yang hilang bersamaan di tahun 1968

12 Misteri Lautan Dunia yang Sulit Dipecahkan, Ada Atlantis Juga!sputniknews.com

Empat kapal selam menghilang secara misterius dalam tahun yang sama, yaitu 1968. Pertama, INS Dakar menghilang pada 25 Januari, kemudian disusul dengan kapal Minerve pada 27 Januari. Dua kapal berikutnya adalah K-129 dari Soviet dan USS Scorpion dari Amerika Serikat. Misteri penyebab tenggelamnya kapal selam tersebut masih belum bisa dipecahkan.

3. Suara aneh dari Samudera Pasifik

https://www.youtube.com/embed/ZA2wY5-yiGY

Suara aneh memang selalu menakutkan, terlebih lagi jika berasal dari dasar laut di mana tidak ada makhluk yang bisa berbicara. Namun hal misterius ini pernah terjadi pada tahun 1997 di Samudra Pasifik bagian selatan. 

Para ahli yang sedang meneliti lautan dikejutkan dengan suara “blop” dan “julia” yang terekam melalui frekuensi radio. Dilansir dari Wired, pada tahun 2005, peneliti mengumumkan bahwa kemungkinan suara tersebut berasal dari gunung es yang runtuh. Apakah kamu percaya?

4. Monumen Yonaguni di Jepang

12 Misteri Lautan Dunia yang Sulit Dipecahkan, Ada Atlantis Juga!jpninfo.com

Saat penjelajah sedang mencari hiu martil di Samudra Pasifik, mereka justru menemukan hal lain yang lebih besar. Ia adalah Monumen Yonaguni yang terletak di dekat negara Jepang. Monumen tersebut terlihat seperti bangunan kuno besar yang terbuat dari batu. Panjangnya 50 meter, sedangkan lebarnya 20 meter. 

Masyarakat meyakini bahwa itu merupakan hasil buatan tangan manusia. Menurut perkiraan para ahli, Monumen Yonaguni berusia lebih dari 9.000 tahun. Namun tidak ada yang tahu dari mana asalnya dan kenapa bangunan tersebut bisa tenggelam di dasar laut.

5. Devil’s Sea, pusaran laut yang mematikan

12 Misteri Lautan Dunia yang Sulit Dipecahkan, Ada Atlantis Juga!marineinsight.com

Devil’s Sea atau Dragon Triangle merupakan Ma no Umi, sebuah area lautan di Samudra Pasifik yang berdekatan dengan bagian selatan Jepang. Area ini termasuk ke dalam 12 pusaran laut terbesar di dunia bersama dengan Segitiga Bermuda.

Pusarannya sangat besar dan mematikan. Dilansir dari New Zealand Geogprapic, selama berabad-abad, sudah tak terhitung berapa banyak nelayan yang menjadi korbannya. Siapa pun yang masuk ke dalam Devil’s Sea akan menghilang tanpa jejak. 

Tak hanya itu, area tersebut juga sering menarik pesawat ke dalamnya. Dari sumber yang sama, tercatat bahwa 20 kapal selam dan kapal besar lain hilang di sana selama perang dunia kedua. 

6. Kemungkinan keberadaan Atlantis

12 Misteri Lautan Dunia yang Sulit Dipecahkan, Ada Atlantis Juga!monkeyandelf.com

Pernahkah kamu mendengar nama Atlantis sebelumnya? Banyak yang meyakini bahwa Atlantis adalah benua yang hilang karena tenggelam ke dasar laut. Tempat tersebut pertama kali disebut oleh Plato dalam bukunya. 

Namun di mana tempat Atlantis hilang jika ia benar-benar ada? Terdapat banyak spekulasi dan teori mengenai hal ini. Ada yang menyebut bahwa ia terletak di bawah Santorini di Yunani, Kepulauan Bahama, Spanyol, Irlandia, dan lain-lain.

Banyak pula penemuan berbagai alat dan peninggalan yang disebut berasal dari Atlantis. Contohnya, Antikythera yang ada di dalam karam pada tahun 1.000 SM, logam mulia bernama Orichalcum, dan lain-lain.

Baca Juga: Sebenarnya Ini 7 Benda yang Paling Mencemari Laut, Ayo Mulai Kita Stop

7. Palung Mariana

12 Misteri Lautan Dunia yang Sulit Dipecahkan, Ada Atlantis Juga!sciteen.com

Jika kamu mencari area paling dalam yang ada di Bumi, maka Palung Mariana di Samudra Pasifik jawabannya. Dilansir dari National Geographic, kedalaman palung tersebut bisa mencapai 11.034 meter. Benar, Mariana bisa menenggelamkan Gunung Everest yang tingginya mencapai 8,8 ribu meter. 

Namun apa yang ada di dalam sana? Hingga saat ini, belum ada ekspedisi yang bisa menjelajahi kedalaman Mariana. Penjelajahan paling jauh hanya bisa mengeksplornya hingga kedalaman 2,13 ribu meter saja. Sebab belum ada teknologi yang bisa menghalau tekanan air yang sangat besar.

8. Misteri kraken

12 Misteri Lautan Dunia yang Sulit Dipecahkan, Ada Atlantis Juga!thecoinrepublic.com

Kraken adalah monster laut kuno yang beredar di legenda dunia, khususnya Yunani dan Norwegia. Bentuk makhluk ini seperti gurita tetapi dengan ukuran yang sangat besar. Saking menakutkannya, kraken sering muncul di dalam film, contohnya Pirates of the Carribean dan Clash of the Titans

Namun apakah makhluk ini nyata? Dilansir dari List 25, seorang pelaut Jepang mencoba mencari keberadaan kraken di Samudra Pasifik. Ia memang berhasil menemukan seekor cumi-cumi besar, tetapi itu bukanlah kraken. Kira-kira mereka benar-benar ada tidak, ya?

9. Sungai misterius di dasar laut

12 Misteri Lautan Dunia yang Sulit Dipecahkan, Ada Atlantis Juga!boredpanda.com

Pada tahun 2017 lalu, masyarakat sempat dihebohkan dengan penemuan sungai di dasar Laut Meksiko. Masyarakat menamakannya Cenote Angelita yang memiliki arti bidadari kecil. Dilansir dari Marine in Sight, sungai ini berada di kedalaman 35 meter di bawah permukaan laut.

12 Misteri Lautan Dunia yang Sulit Dipecahkan, Ada Atlantis Juga!boredpanda.com

Layaknya sungai yang kita tahu, Cenote Angelita memiliki berbagai pohon dan tumbuhan di pinggirannya. Arusnya pun mengalir dengan normal.

Namun terdapat air tawar dan air asin di area yang berbeda. Anomali ini sangat sulit dijelaskan. Peneliti belum memiliki jawaban kenapa bisa ada sungai di dalam laut.

10. Hilangnya Pulau Bermeja

12 Misteri Lautan Dunia yang Sulit Dipecahkan, Ada Atlantis Juga!wikimedia.org

Pada abad ke-16, terdapat sebuah pulau bernama Bermeja di peta. Lebih tepatnya, ia terletak berdekatan dengan Teluk Meksiko. Namun pada tahun 2009, ketika penjelajah ingin mengeksplornya, pulau tersebut tidak ditemukan. 

Pemerintah Meksiko pun menelusuri ulang keberadaan pulau ini. Hasilnya nihil, Pulau Bermeja seakan tidak pernah ada di dalam sejarah. Tidak ada jawaban yang pasti mengenai hilangnya pulau tersebut. Apakah ia hilang karena tenggelam atau memang tidak ada sejak dulu. 

11. Kota bawah air di Kuba

12 Misteri Lautan Dunia yang Sulit Dipecahkan, Ada Atlantis Juga!newsinstact.com

Ingin tahu rasanya tinggal di dalam lautan? Cobalah ke kota bawah air di Kuba. Para arkeolog menemukannya di tahun 2001. Berbekal cahaya sonar, mereka pun mendapati adanya struktur bangunan kuno di kedalaman 700 meter di bawah permukaan. 

Setelah ditelusuri, memang banyak puing-puing bangunan, berbagai patung, dan tanda-tanda kehidupan lain di sana. Dilansir dari National Geographic, peradaban tersebut kemungkinan milik Suku Maya atau masyarakat Yucateous.

12. Segitiga Bermuda

12 Misteri Lautan Dunia yang Sulit Dipecahkan, Ada Atlantis Juga!independent.co.uk

Segitiga Bermuda adalah misteri lautan yang paling banyak menuai kontroversi dari dulu hingga sekarang. Pasalnya, area yang berada di antara Miami, Bermuda, dan Puerto Rico tersebut kabarnya sangat berbahaya. Semua kapal dan pesawat yang melewatinya akan tersedot masuk dan hilang selamanya. 

Itulah yang membuat Segitiga Bermuda sulit untuk dipelajari. Tidak ada orang yang berani mendekat ke sana. Akhirnya, berbagai teori pun bermunculan. Ada yang menyebutkan bahwa di sana terdapat monster laut, lubang alien, dan lain-lain. 

Dilansir dari National Ocean Service, teori yang banyak diyakini para ahli menjelaskan bahwa terdapat pusaran air yang sangat besar di sana. Energi yang dihasilkannya begitu kuat hingga bisa menyedot siapa pun yang mendekat. 

Itulah sejumlah misteri lautan yang paling sulit untuk dipecahkan. Mana yang menurutmu paling menarik? 

Baca Juga: Atlantis, Ide Peradaban Hilang yang Melahirkan Berbagai Teori Menarik

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya