Comscore Tracker

8 Fakta Menarik Gurun Antartika, Terbesar di Dunia, Lho!

Ternyata Antartika adalah sebuah gurun

Antartika mungkin menjadi tempat terakhir yang ingin kamu kunjungi. Dalam bayangan kita, Kutub Selatan Bumi ini pastilah sangat jauh, sangat sepi, dan tentu saja suhunya yang super dingin bisa dengan mudah membuat siapa pun kena hipotermia.

Well, yang kamu bayangkan tentang Antartika memang hampir seluruhnya benar. Antartika jelas sangat jauh dari Indonesia, begitu juga dengan suhunya. Tapi terlepas dari dua kenyataan itu, Antartika sebenarnya gak terlalu parah, kok.

Dilansir dari wonderlust.co.uk, tempat ini juga menyimpan banyak fakta unik yang membuat kamu tertarik untuk berkunjung. Apa saja?

1. Secara teknis, Antartika adalah sebuah gurun 

8 Fakta Menarik Gurun Antartika, Terbesar di Dunia, Lho!unsplash.com/NOAA

Dalam bayangan kita, yang namanya gurun itu harus panas dan berpasir. Tapi secara teknis, sebuah tempat bisa didefinisikan sebagai gurun jika tempat itu hanya menerima curah hujan yang sangat sedikit atau kurang dari  254 mm per tahunnya. Di Antartika, hujan hanya turun sekitar 50 mm per tahunnya, itu pun dalam bentuk salju.

Beberapa tempat di Antartika bahkan sudah tidak pernah lagi menerima hujan dalam bentuk air maupun salju selama lebih dari dua juta tahun. Nah, karena curah hujan yang sangat rendah, Antartika bisa disebut sebagai gurun. Bukan gurun biasa, melainkan gurun terbesar di dunia dengan luas mencapai 14,2 juta kilometer persegi.

2. Suhu Antartika jauh lebih dingin dari Kutub Utara 

8 Fakta Menarik Gurun Antartika, Terbesar di Dunia, Lho!unsplash.com/NOAA

Antartika adalah daratan yang ditutupi es, sedangkan Arktik atau Kutub Utara adalah lautan yang ditutupi es. Dengan lautan super dingin dan es yang menutupi permukaannya, Arktik seharusnya menjadi tempat terdingin di dunia. Tapi kenyataannya, suhu di Antartika jauh lebih dingin dari Kutub Utara.

Di Kutub Utara, suhu rata-ratanya adalah -34 derajat celsius. Sedangkan di Antartika, suhu rata-ratanya adalah -10 derajat celsius untuk wilayah pesisir. Semakin dalam kamu menjelajahi Antartika, suhunya jadi semakin dingin yakni sekitar -55 derajat celsius setiap harinya.

Selain itu, Antartika juga pernah mencetak rekor suhu terdingin sepanjang sejarah manusia yaitu -89,2 derajat celsius pada 21 Juli 1983, di Statsiun Vostok, Antartika.

3. Percaya atau tidak, Antartika dulunya adalah hutan hijau yang hangat 

8 Fakta Menarik Gurun Antartika, Terbesar di Dunia, Lho!unsplash.com/Tobias Tullius

Melihat kondisi Antartika sekarang, agak sulit membayangkan bahwa dulunya tempat ini adalah hutan hijau dengan suhu hangat bersahabat. Tapi sekitar empat puluh hingga lima puluh juta tahun yang lalu, kadar emisi karbon dioksida pada atmosfer cukup tinggi, hal ini membuat suhu Antartika jadi lebih hangat, yakni sekitar 17 derajat celsius.

Dengan suhu hangat ini, lapisan es Antartika mencair. Daratan dipenuhi rumput, pepohonan hijau tumbuh, dan Antartika menjadi rumah yang nyaman bagi para hewan, termasuk dinosaurus.

4. Angin di Antartika sangat kencang 

8 Fakta Menarik Gurun Antartika, Terbesar di Dunia, Lho!unsplash.com/Paul Carroll

Selain suhunya yang super dingin, angin di Antartika juga jauh lebih kencang dari tempat mana pun di Bumi kita. Normalnya, angin hanya akan bergerak sekitar 18 kilometer per jam. Sesekali angin berhembus lebih kencang dan mengakibatkan badai. Tapi di Antartika, angin bisa bergerak lebih cepat dari sebuah pesawat jet yakni sekitar 320 kilometer per jam.

Dengan angin sekencang ini, jangankan kamu, rumah pun bakal ikutan terbang atau hancur dalam hitungan menit.

Baca Juga: 5 Perbedaan Antara Antartika dan Arktika, Jangan Salah Lagi Ya

5. Anehnya, Antartika memiliki beberapa gunung berapi aktif 

8 Fakta Menarik Gurun Antartika, Terbesar di Dunia, Lho!summitsearch.org

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Antartika adalah tanah yang dilapisi es tebal. Jadi jangan kaget kalau di tempat ini ada gunung. Bukan gunung es, melainkan gunung berapi aktif yang bisa meletus kapan saja. Ada dua gunung berapi aktif di Antartika, yaitu gunung Erasmus yang berada di pulau Ross dan kaldera vulkanik di Kepulauan Shetland Selatan.

Selain itu, Antartika juga menyembunyikan rangkaian pegunungan Gamburtsev setinggi tiga ribu meter yang terkubur lapisan es sedalam 4.800 meter.

6. Antartika menyembunyikan tiga ratus danau yang tidak pernah beku

8 Fakta Menarik Gurun Antartika, Terbesar di Dunia, Lho!greenarea.me

Dengan suhu rata-rata -49 derajat celsius, seluruh danau di Antartika seharusnya membeku. Tapi kenyataannya, gurun terluas dan terdingin dunia ini justru memiliki tiga ratus danau air tawar yang tetap cair sepanjang waktu. Kok, bisa?

Hal ini dikarenakan danau-danau tersebut berbeda dengan kebanyakan danau yang biasa kita lihat. Biasanya danau berada di atas permukaan, tapi danau di Antartika terkubur oleh lapisan es tebal. Lapisan es ini melindungi danau dari suhu dingin di luar dan aktivitas di inti Bumi yang panas membuatnya tetap cair.

7. Sekitar sembilan puluh persen air tawar di Bumi berada di Antartika

8 Fakta Menarik Gurun Antartika, Terbesar di Dunia, Lho!unsplash.com/Rod Long

Seperti yang kamu tahu, 2/3 wilayah Bumi tertutupi air. Walaupun jumlahnya lebih banyak, air-air itu tidak akan menenggelamkan manusia. Ini karena sebagian air terkunci dalam bentuk es yang ada di Antartika.

Dengan luas 14,2 juta kilometer, hampir seluruh wilayah Antartika dilapisi dengan es setebal 4,5 kilometer. Tapi, ketika es-es itu mencair, mereka akan berubah jadi pasokan air terbanyak di dunia. Perlu kamu tahu, Antartika menyimpan tujuh puluh hingga sembilan puluh persen air tawar dunia.

Sayangnya, perubahan iklim membuat Antartika kehilangan sekitar 241 miliar ton es dalam 25 tahun terakhir dan membuat permukaan air laut semakin tinggi.

8. Tidak ada zona waktu di Antartika 

8 Fakta Menarik Gurun Antartika, Terbesar di Dunia, Lho!antarctica.gov.au

Selain tidak bertuan, Antartika juga tidak memiliki zona waktu khusus seperti wilayah-wilayah lain di dunia. Di Antartika, semua garis bujur yang memisahkan berbagai wilayah dunia jadi beberapa zona waktu berkumpul jadi satu.

Selain itu, Antartika berada di wilayah yang berbeda dengam bagian Bumi lain. Di sini, matahari terbit dan terbenam setiap enam bulan sekali. Jika Kutub Utara mengalami siang, maka Antartika akan mengalami malam panjang selama enam bulan lamanya.

Antartika mungkin bukan tempat yang cukup baik untuk dijadikan tempat tinggal. Faktanya, hanya ada empat ribu jiwa yang tinggal di sini. Itu pun adalah peneliti dari berbagai negara. Tapi dengan berbagai fakta di atas, Antartika jelas bisa jadi tempat menarik untuk dikunjungi selama beberapa hari.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Antartika, Benua yang Bebas Corona

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya