Comscore Tracker

Pernah Tabrak Bumi, Ini 5 Asteroid Paling Aneh yang Ada di Tata Surya

Salah satunya diprediksi akan menabrak Bumi!

Apa yang ada dipikiran kamu jika mendengar tentang asteroid? Batu raksasa seukuran mobil yang tinggal di luar angkasa? Asteroid sebenarnya bukan benda langit yang asing, bahkan meski kamu belum melihat penampakannya dengan jelas. Satu-satunya cara melihatnya adalah ketika asteroid-asteroid ini masuk ke Bumi dalam wujud bintang jatuh.

Menurut space.com, terlepas dari ukurannya yang raksasa, asteroid sebenarnya hanya batu. Kebanyakan dari mereka tinggal di sabuk asteroid yang berada di antara Mars dan Jupiter.

Tapi tidak semua asteroid sama, beberapa dari mereka sangatlah aneh dan membuat para ahli penasaran. Dan berikut ini 5 asteroid paling aneh yang ada di Tata Surya!

1. Ceres

Pernah Tabrak Bumi, Ini 5 Asteroid Paling Aneh yang Ada di Tata Suryasolarsystem.nasa.gov

Ceres adalah asteroid terbesar yang ada di Tata Surya yang membuatnya jadi sangat mudah untuk ditemukan. Tidak seperti asteroid lainnya yang tidak memiliki bentuk, Ceres justru berbentuk bulat yang membuatnya menyandang predikat sebagai planet kerdil bersama Pluto.

Dan layaknya planet kerdil, Ceres juga memiliki daya gravitasi yang cukup kuat untuk menarik asteroid lain mendekat padanya. Julukan lain yang dimiliki Ceres adalah asteroid basah karena memiliki cadangan air dengan jumlah besar dan tersimpan dalam bentuk lapisan es.

2. Baptistina

Pernah Tabrak Bumi, Ini 5 Asteroid Paling Aneh yang Ada di Tata Suryapixabay.com/geralt

Kita memang tidak pernah melihat asteroid satu ini. Tapi siapa sangka jika Baptistina pernah mengunjungi Bumi sekitar 65 juta tahun yang lalu. Kunjungan ke Bumi inilah yang akhirnya menjadi salah satu penyebab musnahnya dinosaurus dari permukaan Bumi.

Baptistina sebenarnya bukan nama sebuah asteroid, melainkan sekumpulan asteroid yang sudah ada sekitar 160 juta tahun yang lalu. Baptistina pernah mengalami tabrakan dengan asteroid besar berdiameter 30 km.

Tabrakan itulah memicu munculnya bongkahan-bongkan asteroid yang lebih banyak. Sebagian asteroid tetap berada di sabuk asteroid sedangkan sebagian lain terpental dan menabrak planet, termasuk Bumi.

Baca Juga: 7 Fakta Ceres, Planet Katai Satu-satunya di Sabuk Asteroid Tata Surya

3. Hektor

Pernah Tabrak Bumi, Ini 5 Asteroid Paling Aneh yang Ada di Tata Suryacosmicdiary.org

Jika kebanyakan asteroid tinggal di sabuk asteroid yang berada di antara Mars dan Jupiter, Hektor yang memiliki 370 kilometer dan lebar 200 kilometer ini justru tidak tinggal di sana. Alih-alih berkumpul bersama asteroid lainnya, Hektor justru terperangkap di orbit Jupiter.

Keberadaan Hektor sebenarnya bisa dipahami, mengingat Jupiter merupakan planet dengan gravitasi terkuat. Saking kuatnya, Jupiter bisa menarik asteroid atau komet yang berada terlalu dekat dengannya.

4. Cleopatra

Pernah Tabrak Bumi, Ini 5 Asteroid Paling Aneh yang Ada di Tata Suryanasa.gov

Meski namanya Kleopatra, tapi asteroid ini tidak secantik ratu Mesir yang terkenal itu. Bukannya membentuk siluet wajah, Kleopatra justru memiliki bentuk memanjang seperti tulang anjing berukuran 217 x 94 x 81 kilometer.

Selain bentuk atau namanya, keanehan lain yang dimiliki oleh Kleopatra adalah asteroid ini memiliki satelit layaknya Bumi. Bukan hanya satu, Cleopatra bahkan memiliki dua satelit. Satu satelit memiliki diameter 3 kilometer bernama Alexhelios.

Satelit lainnya yang lebih besar bernama Cleoselene, berdiameter 5 km. Layaknya bulan, kedua satelit ini mengikuti Cleopatra ke mana-mana.

5. Toutatis

Pernah Tabrak Bumi, Ini 5 Asteroid Paling Aneh yang Ada di Tata Suryaplanetary.org

Sama seperti planet, asteroid juga sebenarnya berputar mengelilingi matahari mengikuti orbitnya. Namun hal itu tidak terjadi pada Toutatis. Asteroid satu ini memiliki orbit yang kacau dan tidak peraturan.

Yang membuatnya berbahaya adalah, Toutatis memiliki jarak yang cukup dekat dengan Bumi kita tercinta. Sehingga bukan tidak mungkin jika suatu hari nanti, Toutatis akan mendekat dan menabrak Bumi.

Baca Juga: Memiliki Bulan, 7 Fakta Langka Asteroid yang Perlu Kamu Pelajari

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya