Comscore Tracker

Mau Pelihara Hamster? Ini 4 Spesies Paling Umum yang Perlu Kamu Tahu

Jenis-jenis yang paling banyak di Indonesia

Buat yang hobi memelihara hewan pasti tidak asing lagi dengan yang namanya hamster. Hewan yang sangat disukai anak-anak ini memang terlihat lucu dan menggemaskan, apalagi hamster mempunyai corak warna yang beragam

Hamster sering sekali disebut seperti tikus, padahal hamster bukan termasuk jenis tikus, walaupun sama-sama hewan pengerat. Ada 4 jenis hamster yang paling sering dijumpai di indonesia. Di antara ke-4 itu, ada juga lho jenis hamster yang kurang aman untuk dipelihara anak-anak. Berikut adalah beberapa jenis hamster yang paling sering ada di indonesia.

1. Hamster syrian

Mau Pelihara Hamster? Ini 4 Spesies Paling Umum yang Perlu Kamu Tahukids.nationalgeographic.com

Hamster Syrian adalah hamster yang ditemukan di gurun di timur tengah daerah syria/suriah. Hamster ini adalah jenis hamster yang paling besar ukurannya, hampir menyamai tikus. Selain besar, hamster ini juga mempunyai gerakkan yang lambat dan cenderung lebih jinak.

Hamster syrian mempunyai corak warna yang beragam, seperti panda (Black Mottled), golden, cinnamon, dan lain sebagainya. Uniknya lagi, jenis ini satu-satunya yang mempunyai varian bulu longhair, seperti pada kucing anggora. Hamster ini sangat dianjurkan untuk dipelihara anak-anak, karena sifatnya yang jinak dan gerakannya yang lambat.

2. Hamster campbell

Mau Pelihara Hamster? Ini 4 Spesies Paling Umum yang Perlu Kamu Tahujohn-gates.com

Hamster campbell termasuk jenis hamster dwarf atau jenis hamster yang berukuran kecil. Ukuran hamster campbell lebih kecil dari hamster syrian, dan mempunyai bentuk yang berbeda dan sama sekali tidak menyerupai tikus.

Walaupun terlihat lucu, jenis hamster ini adalah yang paling agresif di antara jenis hamster lainnya. Karena sifatnya yang sedikit galak, hamster ini akan menggigit anda jika kamu tidak tahu cara menghandle hamster ini. Makanya hamster ini sangat tidak disarankan untuk dipelihara anak-anak dan pemula yang baru memelihara hamster.

3. Hamster winter white

Mau Pelihara Hamster? Ini 4 Spesies Paling Umum yang Perlu Kamu Tahucommons.m.wikimedia.org

Hamster winter white atau biasa disebut hamster WW adalah jenis hamster yang sangat mirip dengan hamster campbell. Sangat sulit untuk membedakannya, bagi yang belum berpengalaman tentang hamster. Namun perbedaan antara hamster WW dan hamster campbell adalah tingkat agresifnya. Hamster WW lebih jinak dari hamster campbell.

Jadi, buat kamu yang ingin memelihara hamster seperti campbell, hamster WW bisa jadi alternatif buat kamu karena hamster WW lebih jinak. Namun varian warna hamster WW lebih sedikit dari hamster campbell. Jadi, hamster ini termasuk aman untuk dipelihara anak-anak dan pemula.

4. Hamster roborovski

Mau Pelihara Hamster? Ini 4 Spesies Paling Umum yang Perlu Kamu Tahuimagenesmi.com

Nah, yang terakhir adalah jenis hamster yang paling kecil, paling gesit dan lincah di antara hamster lainnya yaitu: Hamster Roborovski. Jenis hamster ini terkenal dengan larinya yang sangat cepat dan gesit, dan biasanya hamster roborovski sering dijadikan ajang balap hamster. 

Hamster roborovski atau biasa disebut robo hanya mempunyai 2 warian warna, yaitu: brown face dan juga white face. Walaupun paling kecil dan hanya mempunyai dua warna, hamster robo mempunyai daya tarik tersendiri untuk dipelihara. Namun kurang disarankan untuk anak-anak. Bukan karena agresif, tapi karena hamster ini terlalu lincah, ditakutkan anak-anak tidak bisa menghandle hamster robo, yang bisa membuat hamster akan kabur melarikan diri.

Itu adalah empat jenis hamster yang biasa dijumpai di indonesia. Pelu diingatkan kembali, hamster bukanlah jenis tikus. Jadi buat kamu yang mempunyai anak kecil, tidak ada salahnya kamu memberikan hamster sebagai hewan peliharaan. Selain murah dan tidak memakan banyak tempat di rumah, kamu juga bisa mengajarkan kepada anakmu cara bertanggung jawab sejak dini.

Hamster adalah hewan yang bersih, tidak seperti tikus. Jadi tidak perlu khawatir selama kamu rajin menjaga kebersihan kandang. Pilihlah jenis hamster yang aman buat anak kecil di tempatmu, kamu bisa bisa membeli hamster di petshop atau di grup jual beli hamster di Facebook. Selamat bermain dengan para hamster lucu!

Baca Juga: Dari Menari Hingga Minum Air Seni, Ini 10 Ritual Unik Saat Hewan Kawin

Manarul hidayah Photo Community Writer Manarul hidayah

Saya hanya seorang fotografer hewan amatir dan juga penulis recehan yang sedang berusaha berkarya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You