Comscore Tracker

5 Fakta Burung Pelatuk, Hewan dengan Lidah yang Sangat Panjang!

Mempunyai struktur tubuh yang menarik juga

Woodpecker atau lebih dikenal dengan sebutan burung pelatuk oleh masyarakat Indonesia merupakan jenis burung yang memiliki kebiasaan paling unik, dibandingkan dengan semua jenis burung yang ada di dunia. Burung pelatuk lebih suka hidup di hutan belantara dengan banyak pohon dan kayu yang menjadi tempat favoritnya.

Populasinya tersebar di seluruh dunia, kecuali Australia, Selandia Baru, dan Madagaskar. Dilansir dari laman Just Fun Facts dan Soft School, inilah fakta menarik dari burung pelatuk yang mesti kamu ketahui!

1. Mempunyai lidah yang panjang

5 Fakta Burung Pelatuk, Hewan dengan Lidah yang Sangat Panjang!earthtouchnews.com

Lidah burung pelatuk biasanya memiliki panjang 10 cm atau tiga kali lipat dari panjang paruh mereka. Dilansir dari laman Just Fun Facts, struktur lidah dari kebanyakan spesies burung pelatuk memiliki tekstur seperti duri dan lengket yang berguna untuk menangkap serangga di lubang pepohonan.

Ketika tidak digunakan, secara otomatis lidah tersebut akan tersimpan di antara tengkorak kepala belakang dari burung pelatuk.

2. Kecepatan patokan mereka sangat cepat

5 Fakta Burung Pelatuk, Hewan dengan Lidah yang Sangat Panjang!kbia.org

Hal yang paling populer dari burung pelatuk adalah kebiasaannya yang selalu mematuk benda-benda, seperti kayu dan pohon. Dilansir dari laman Soft School, kecepatan dari patokan burung pelatuk mencapai 20 patokan per detik. Setiap harinya, burung pelatuk bisa mematuk hingga 10-12 ribu kali.

Saat mematuk, biasanya burung pelatuk mengeluarkan bunyi-bunyi yang menarik, seperti sedang berceloteh atau membuat bunyi seperti alarm.

Baca Juga: Selain Beruang, 10 Hewan Ini Juga Melakukan Hibernasi Panjang!

3. Hewan yang setia pada pasangannya

5 Fakta Burung Pelatuk, Hewan dengan Lidah yang Sangat Panjang!nhpbs.org

Burung pelatuk termasuk jenis hewan monogami yang artinya hanya memiliki satu pasangan untuk berkembang biak. Sepasang burung pelatuk tinggal di satu sarang yang sama. Sang betina dapat bertelur 3-5 telur dan membutuhkan waktu hingga dua minggu untuk menetaskan semua telur tersebut. 

Setelah berumur 20-30 hari, biasanya anak dari burung pelatuk akan siap meninggalkan sarang untuk berburu makanan.

4. Memiliki tengkorak kepala yang kuat

5 Fakta Burung Pelatuk, Hewan dengan Lidah yang Sangat Panjang!fineartamerica.com

Dibandingkan dengan jenis burung pada umumnya, burung pelatuk memiliki tengkorak kepala yang paling kokoh dan kuat. Walaupun kepala mereka terguncang akibat getaran patokan sebanyak ribuan kali setiap harinya, burung pelatuk tidak pernah memiliki masalah pada bagian kepala mereka.

5. Keberadaan dari beberapa spesies burung pelatuk terancam punah

5 Fakta Burung Pelatuk, Hewan dengan Lidah yang Sangat Panjang!birdwatching.co.uk

Burung pelatuk memiliki ratusan spesies yang tersebar di beberapa benua. Di antara banyaknya spesies burung pelatuk, ada beberapa spesies yang paling terkenal, seperti pileated, downy dan red-headed. Namun, keberadaan mereka saat ini terancam punah karena terusiknya habitat dan polusi udara.

Nah, itulah lima fakta menarik tentang burung pelatuk yang memiliki kebiasaan unik. Yuk, mutakhirkan pengetahuanmu dengan membaca artikel-artikel sains di IDN Times!

Baca Juga: 7 Hewan yang Sering Dikira Sama dengan Hewan Lain

Muhammad Idris Photo Verified Writer Muhammad Idris

impossible is the word only found in a Fool's dictionary. ( Napoleon Bonaparte )

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya