8 Fakta Beluga, Paus Putih yang Cerdas dan Ramah pada Manusia

Uhhh, jadi pengen elus-elus beluga, ya?

Beberapa hari ini, viral sebuah video seekor paus beluga mengambilkan ponsel yang terjatuh ke air kepada pemiliknya. Beluga tersebut dipuji sebagai hewan yang cerdas, baik dan ramah pada manusia. Rupanya, ada banyak fakta menarik seputar beluga yang belum kamu ketahui. Apa sajakah? Check this out!

https://www.youtube.com/embed/kgOxzcQ8TFI

1. Dijuluki sebagai 'kepala melon'

8 Fakta Beluga, Paus Putih yang Cerdas dan Ramah pada Manusiablogs.discovermagazine.com

Tahu gak kenapa paus beluga dijuluki kepala melon? Ini disebabkan karena bulatan di dahinya! Bulatan ini merupakan organ berlemak yang membantu proses ekolokasi, yakni proses di mana hewan menggunakan gema sebagai panggilan untuk menemukan dan mengidentifikasi objek, terang laman Mental Floss.

Cara kerjanya adalah dengan memantulkan gelombang suara ke air. Gelombang ini nantinya akan memantul dan kembali ke beluga dalam bentuk gema, ungkap laman Sea World. Gelombang ini memiliki kecepatan fantastis, yakni sekitar 1,6 km per detik! Dengan sistem ekolokasi ini beluga dapat menentukan ukuran, bentuk, kecepatan dan jarak objek di dalam air. Inilah yang membantu mereka dalam bernavigasi dan berkomunikasi.

2. Julukan lain mereka adalah 'kenari laut'. Kenapa ya kira-kira?

8 Fakta Beluga, Paus Putih yang Cerdas dan Ramah pada Manusianews.wttw.com

Tak hanya dikenal sebagai melonheads, beluga juga dikenal sebagai sea canary, alias kenari laut. Ini karena beluga memiliki rentang vokal yang kaya dan beragam. Diketahui, setidaknya ada 11 suara beluga yang berbeda.

Suara-suara itu digunakan untuk ekolokasi ketika menavigasi perairan serta sebagai bentuk komunikasi antar beluga. 11 jenis suara ini dipakai pada kondisi yang berbeda-beda, karena sangat vokal itulah julukan sea canary melekat pada mereka.

3. Beluga juga berkomunikasi dengan gelembung?

8 Fakta Beluga, Paus Putih yang Cerdas dan Ramah pada Manusianewscientist.com

Apakah cara berkomunikasi beluga hanya berhenti pada ekolokasi dan bersuara dengan 11 jenis vokal? Tentu tidak. Beluga diketahui ahli dalam membuat gelembung di air. Perilaku ini tidak hanya diartikan sebagai cara untuk bermain-main, tetapi juga menandakan ikatan sosial antar beluga, jelas laman Mental Floss. 

Sebuah penelitian pun dilakukan pada 44 ekor paus beluga. Diketahui hasil bahwa cincin dan gelembung yang dilepaskan perlahan dipercaya sebagai pertanda untuk bermain-main, sementara ada jenis gelembung lainnya yang memiliki fungsi untuk berkomunikasi. Bahkan, jika gelembung itu dibuat secara mendadak merupakan tanda bahwa beluga sedang bersifat defensif dan melindungi diri.

4. Warna tubuh mereka berfungsi untuk menyamarkan diri dengan sekitar

8 Fakta Beluga, Paus Putih yang Cerdas dan Ramah pada Manusiavistapointe.net

Kata beluga berasal dari istilah Rusia 'bielo' yang berarti putih. Memang, beluga memiliki warna dominan putih dan menjadi ciri khasnya dibanding paus lain. Namun, warna ini memiliki fungsi yang penting, yaitu untuk membaur dengan lingkungan sekitar.

Saat beluga berenang di lapisan es kutub, warna tersebut bertindak sebagai bentuk kamuflase. Inilah yang membuat mereka terhindar dari pemangsa, seperti beruang kutub atau paus orca. FYI, saat lahir, bayi beluga tidak berwarna putih, melainkan abu-abu, lho!

Baca Juga: 5 Fakta Paus Orca, Lumba-lumba Raksasa Predator Puncak di Lautan

5. Beluga bisa berenang terbalik, lho!

8 Fakta Beluga, Paus Putih yang Cerdas dan Ramah pada Manusiaonegreenplanet.org

Satu lagi bukti bahwa beluga merupakan hewan yang playful: mereka bisa berenang terbalik! Meski begitu, beluga juga dikenal sebagai hewan yang lamban dalam berenang. Mereka biasanya berenang dengan kecepatan 3-9 km per jam. Beluga memiliki kecepatan renang maksimal hingga 22 km per jam, yang dapat bertahan hingga 15 menit saja.

6. Merupakan kerabat terdekat dari paus bertanduk

8 Fakta Beluga, Paus Putih yang Cerdas dan Ramah pada Manusiaarctickingdom.com

Beluga memiliki relasi dekat dengan narwhal, paus bertanduk penghuni lautan arktik. Diketahui bahwa mereka berada pada family yang sama, yakni Monodontidae. Selain tinggal di lautan yang sama, mereka juga diketahui sebagai hewan yang sangat sosial. Bahkan, beberapa kali, beluga dan narwhal tertangkap sedang berbaur dan berenang bersama, seperti yang dijelaskan dalam laman Smithsonian.

7. Beluga bisa makan hingga 27 Kg per hari

8 Fakta Beluga, Paus Putih yang Cerdas dan Ramah pada Manusiathestar.com

Lalu, apa sih yang dimakan oleh hewan menggemaskan ini? Beluga diketahui memangsa ikan, cumi-cumi, gurita, siput dan krill, sejenis udang berukuran kecil. Ikan favorit mereka adalah herring, cod, smelt, flounder dan lainnya. Mereka dikenal sebagai pemangsa yang rakus karena bisa memakan lebih dari 100 jenis hewan laut.

Jumlah makanan yang dikonsumsi beluga cukup banyak, lho. Yakni sekitar 2,5 hingga 3 persen dari berat tubuh atau 18,2 sampai 27,2 Kg per hari. Banyak juga, ya?

8. Beluga sangat pintar dan ramah kepada manusia

8 Fakta Beluga, Paus Putih yang Cerdas dan Ramah pada Manusiaflickr.com

Beluga dikenal sebagai hewan yang ceria dan ramah. Gak heran, beluga kerap dipertunjukkan dalam sea world. Mereka beratraksi dengan meniupkan gelembung, menari, menganggukan kepala, menangkap bola hingga melompat melewati lingkaran. Mereka sangat cerdas dan mudah dilatih.

Selain itu, beluga juga sangat ramah dan gak takut pada manusia. Beluga juga dikenal sebagai hewan sosial dan kerap ditemukan berenang bersama kelompoknya di alam liar.

Nah, itulah 8 fakta unik tentang paus beluga, hewan yang terkenal pintar dan ramah ini. Semoga habitat beluga tetap lestari ya!

Baca Juga: Pengalaman Langka, Ini 10 Tempat Terbaik Buat Menyaksikan Paus

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Ernia Karina

Just For You