Comscore Tracker

7 Ahli Fisika Paling Terkenal dan Berpengaruh di Dunia

Apa kontribusinya bagi dunia?

Siapa yang suka pelajaran fisika semasa sekolah dulu? Kamu pasti familiar dengan beberapa nama, seperti Galileo Galilei, Albert Einstein, Michael Faraday, Isaac Newton, dan masih banyak lagi.

Masing-masing dari mereka telah memberikan sumbangsih besar bagi dunia. Kenalan yuk dengan fisikawan paling terkenal dan berpengaruh ini! Here we go!

1. Galileo Galilei

7 Ahli Fisika Paling Terkenal dan Berpengaruh di DuniaGalileo Galilei percaya bahwa bumi berputar mengelilingi matahari. (galileo-camps.com)

Kamu pasti pernah mendengar nama Galileo Galilei. Pria kelahiran tahun 1564 ini memberikan kontribusi besar pada bidang fisika, astronomi, kosmologi, matematika, dan filsafat, melansir dari History.

Ia mencetuskan gagasan yang cukup kontroversial pada zaman itu, yakni teori heliosentris di mana bumi berputar mengelilingi matahari. Sementara, otoritas agama dan masyarakat umum pada masa itu mempercayai teori geosentris.

Imbasnya, ia dipaksa untuk mengakui kesalahan dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup pada tahun 1633. Mengutip dari StarChild, karena faktor usia dan kesehatan yang buruk, Galileo Galilei diizinkan menjalani hukuman penjara sebagai tahanan rumah. Ia wafat pada 8 Januari 1642.

2. Isaac Newton

7 Ahli Fisika Paling Terkenal dan Berpengaruh di DuniaKamu pasti tidak asing dengan penemu teori gravitasi ini. (who2.com/Godfrey Kneller)

Siapa yang tidak kenal dengan Isaac Newton? Ia adalah fisikawan yang konon menemukan teori gravitasi ketika sebuah apel jatuh dari pohon dan mengenai kepalanya. Benarkah demikian?

Melansir Sciencing, yang sebenarnya terjadi ialah Isaac Newton melihat sebuah apel jatuh dari pohon lalu berpikir mengenai kekuatan misterius yang menarik benda ke tanah. Dari sini, teori gravitasi tercetus.

Prinsip gravitasinya juga menjelaskan mengenai bagaimana planet-planet berputar mengelilingi matahari. Berkat kontribusinya, ia meraih banyak penghargaan, termasuk menjadi presiden Royal Society, mengutip The Guardian.

3. Michael Faraday

7 Ahli Fisika Paling Terkenal dan Berpengaruh di DuniaMichael Faraday adalah orang pertama yang menghasilkan arus listrik dari medan magnet. (londontopia.net)

Listrik yang kita nikmati sekarang adalah buah dari kerja keras dan pemikiran Michael Faraday. Ilmuwan kelahiran 22 September 1791 ini menemukan induksi elektromagnetik dan hukum elektrolisis.

Melansir The Guardian, perangkat elektromagnetiknya adalah dasar dari teknologi motor listrik. Ia juga menciptakan banyak istilah baru seperti 'ion', 'elektroda', dan 'katoda'.

Michael Faraday membuktikan bahwa gerakan bisa diubah menjadi listrik. Rotasi (energi kinetik) diubah menjadi listrik menggunakan induksi elektromagnetik, mengutip dari Famous Scientists.

4. James Clerk Maxwell

7 Ahli Fisika Paling Terkenal dan Berpengaruh di DuniaWalau tidak setenar fisikawan lain, jasa James Clerk Maxwell sangat besar. (thoughtco.com)

Mungkin, kita kurang familiar dengan James Clerk Maxwell. Namun, kontribusinya pada fisika sama pentingnya dengan yang lain. Ia terkenal karena studinya dalam radiasi elektromagnetik, yang menyatukan ilmu listrik, magnet, dan optik.

Melansir National Library of Scotland, elektromagnet menggabungkan listrik dan magnet dalam satu perangkat. Lalu, pergerakan elektron yang berfluktuasi menciptakan gelombang elektromagnetik.

Selain itu, James Clerk Maxwell menemukan bahwa foto berwarna bisa dibentuk dengan filter merah, hijau, dan biru. Dan di tahun 1861, ia mempersembahkan foto berwarna pertama di dunia. Jika ingin melihatnya, datanglah ke museum kecil di 14 India Street, Edinburgh, rumah tempat Maxwell dilahirkan.

Baca Juga: Super Woman! 7 Ilmuwan Perempuan dan Jasanya bagi Dunia

5. Marie Curie

7 Ahli Fisika Paling Terkenal dan Berpengaruh di DuniaMarie Curie adalah perempuan pertama yang memenangkan Nobel. (atomicarchive.com)

Marie Curie adalah perempuan pertama yang memenangkan Nobel. Mengutip dari The Guardian, ia memenangkan Nobel pertamanya di tahun 1903 bersama suaminya, Pierre, karena menemukan radioaktivitas. Kemudian, Marie memenangkan Nobel keduanya di tahun 1911 karena menemukan radium.

Melansir BBC, penelitian Marie sangat penting dalam pengembangan sinar-X dalam pembedahan. Selama Perang Dunia Pertama, ia membantu melengkapi ambulans dengan peralatan X-ray. Kemudian, ia diangkat sebagai kepala dinas radiologi oleh Palang Merah Internasional.

Sedihnya, walau sudah berkontribusi besar, ia masih menghadapi seksisme dan diskriminasi gender. Marie tidak pernah menerima keuntungan finansial yang signifikan dari pekerjaannya. Ia meninggal pada 4 Juli 1934 karena leukemia yang disebabkan paparan radiasi tinggi dari penelitiannya.

6. Albert Einstein

7 Ahli Fisika Paling Terkenal dan Berpengaruh di DuniaAlbert Einstein adalah penemu persamaan E=mc2. (theguardian.com)

Sepertinya, Albert Einstein adalah yang paling terkenal dalam daftar ini. Bisa dibilang, ia adalah fisikawan dengan reputasi terbesar untuk orisinalitas pemikiran. Mengapa demikian?

Salah satu persamaan paling terkenal yang ia ciptakan adalah E=mc2, yang menunjukkan kesetaraan massa dan energi. Artinya, energi dan massa bisa dipertukarkan, di mana energi bisa menjadi massa dan sebaliknya, mengutip dari Public Broadcasting Service (PBS).

Selain itu, Einstein mencetuskan teori tentang cahaya, di mana semua cahaya terdiri dari paket energi kecil yang disebut foton (photons). Melansir Interesting Engineering, foton adalah partikel tetapi juga memiliki sifat seperti gelombang.

7. Niels Bohr

7 Ahli Fisika Paling Terkenal dan Berpengaruh di DuniaNiels Bohr mengembangkan gagasan modern tentang atom. (mentalfloss.com)

Dan yang terakhir adalah Niels Bohr. Fisikawan kelahiran Kopenhagen ini mengembangkan gagasan modern tentang atom, yang memiliki nukleus di pusatnya dan elektron yang berputar di sekelilingnya.

Melansir Live Science, kontribusi terbesar Niels Bohr adalah model atom. Modelnya menunjukkan atom sebagai inti kecil bermuatan positif yang dikelilingi oleh elektron yang mengorbit.

Berkat penelitiannya tentang struktur atom, ia memenangkan Hadiah Nobel. Selain itu, ia memberikan sumbangsih besar terhadap teori kuantum. FYI, unsur kimia bohrium (Bh), nomor 107 pada tabel periodik dinamai berdasarkan namanya.

Nah, itulah beberapa ahli fisika yang paling terkenal dan berkontribusi besar pada dunia. Kamu mengidolakan yang mana?

Baca Juga: Kenali 7 Ahli Kimia Paling Berjasa Sepanjang Sejarah

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya