Comscore Tracker

7 Pelukis Perempuan Paling Dikenang di Dunia, Girls Power

Apakah kamu mengenal mereka?

Berbicara tentang sejarah seni, kebanyakan didominasi oleh pria seperti Leonardo da Vinci, Pablo Picasso, atau Vincent Van Gogh. Sedangkan, pelukis perempuan kurang diekspos atau tidak terlalu disorot. Padahal, karya mereka tak kalah mengagumkan dari pelukis laki-laki.

Berikut ini beberapa pelukis perempuan yang paling ikonik dan dikenang sepanjang masa. Kenali mereka lebih dalam, yuk!

1. Sofonisba Anguissola

7 Pelukis Perempuan Paling Dikenang di Dunia, Girls PowerSofonisba Anguissola. (wikimedia.org)

Yang pertama adalah Sofonisba Anguissola, yang lahir dari keluarga bangsawan namun relatif miskin. Cukup beruntung karena bakatnya menarik perhatian Michelangelo. Melansir My Modern Met, Anguissola mendapat bimbingan informal melalui pertukaran gambar.

7 Pelukis Perempuan Paling Dikenang di Dunia, Girls PowerLukisan "Three Children with a Dog" karya Sofonisba Anguissola. (mymodernmet.com)

Pada kala itu, ia dan seniman perempuan lainnya tidak diizinkan belajar anatomi atau menggambar model karena dianggap vulgar. Meski begitu, Anguissola tetap sukses karena menjadi pelukis di istana Raja Philip II dari Spanyol.

Ia mengembangkan keterampilan untuk melukis potret istana resmi dan potret bangsawan selama 14 tahun. Salah satu karyanya berjudul "Three Children with a Dog" yang dibuat pada era Renaisans Akhir, tepatnya di tahun 1590.

2. Artemisia Gentileschi

7 Pelukis Perempuan Paling Dikenang di Dunia, Girls PowerArtemisia Gentileschi. (wikidata.org)

Dunia seni bukan hal yang asing bagi Artemisia Gentileschi, sebab ia adalah putri seorang pelukis ulung. Sebagai pelukis dari era Baroque Italia, ia menciptakan lukisan Alkitab dan mitologis dalam skala besar.

7 Pelukis Perempuan Paling Dikenang di Dunia, Girls PowerLukisan "Judith and Her Maidservant" karya Artemisia Gentileschi. (wikimedia.org)

Yang membanggakan, Gentileschi adalah perempuan pertama yang diterima di Fine Art Academy, Florence. Mengutip My Modern Met, yang membuatnya terkenal ialah penggambaran realistis tentang bentuk perempuan, kedalaman warna, serta caranya melukis cahaya dan bayangan yang khas.

"Judith and Her Maidservant" merupakan salah satu lukisannya yang paling terkenal. Diperkirakan dilukis antara tahun 1623-1625, lukisan ini menggambarkan kisah tentang Judith dan Holofernes. Kamu bisa menjumpainya di Detroit Institute of Arts.

3. Élisabeth Vigée Le Brun

7 Pelukis Perempuan Paling Dikenang di Dunia, Girls PowerÉlisabeth Vigée Le Brun. (batguano.com)

Élisabeth Vigée Le Brun punya privilege yang sama dengan Artemisia Gentileschi, yaitu merupakan putri seorang pelukis. Sepanjang hidupnya, Le Brun telah menghasilkan hampir 1.000 lukisan lanskap dan potret! Sungguh produktif, ya?

7 Pelukis Perempuan Paling Dikenang di Dunia, Girls PowerLukisan "Marie Antoinette and Her Children" karya Élisabeth Vigée Le Brun. (wikimedia.org)

Karirnya melejit setelah melukis Marie Antoinette, ratu terakhir Prancis sebelum Revolusi Prancis. Le Brun telah melukis lebih dari 30 potret ratu dan keluarganya. Tidak hanya karena dibayar, ia melukis untuk meningkatkan citra sang ratu agar lebih bisa diterima oleh publik.

Salah satu karyanya yang terpopuler ialah "Marie Antoinette and Her Children" yang diciptakan pada tahun 1787. Lukisan cat minyak berukuran 275 cm x 216,5 cm ini bisa ditemui di Palace of Versailles, Prancis.

4. Rosa Bonheur

7 Pelukis Perempuan Paling Dikenang di Dunia, Girls PowerRosa Bonheur. (elespanol.com)

Agak berbeda dengan beberapa pelukis yang telah disebutkan, Rosa Bonheur mengambil spesialisasi di lukisan binatang berformat besar. Lukisan hewannya terlihat hidup dan seolah sedang bergerak. Tingkat kemiripannya luar biasa!

7 Pelukis Perempuan Paling Dikenang di Dunia, Girls PowerLukisan "The Horse Fair" karya Rosa Bonheur. (mymodernmet.com)

Contoh lukisan di atas berjudul "The Horse Fair" yang mulai digarap pada tahun 1852 lalu dipamerkan di Paris Salon pada tahun 1853. Di tahun 1855, Bonheur menambahkan beberapa sentuhan terakhir.

Ukurannya sangat besar, dengan dimensi 244,5 cm x 506,7 cm. Kamu bisa melihatnya langsung di Metropolitan Museum of Art, New York, dilansir The National Gallery.

Dari sisi personal, Bonheur berani mendobrak stereotip gender pada zaman itu. Sebab, ia selalu memakai "pakaian pria" seperti blus longgar dan celana panjang. Alasannya, pakaian tersebut lebih praktis untuk pekerjaannya sehari-hari.

Baca Juga: Super Woman! 7 Ilmuwan Perempuan dan Jasanya bagi Dunia

5. Berthe Morisot

7 Pelukis Perempuan Paling Dikenang di Dunia, Girls PowerBerthe Morisot. (wikimedia.org)

Berthe Morisot memiliki darah seni yang mengalir di nadinya. Berasal dari keluarga bangsawan Prancis, ia adalah keponakan dari Jean-Honoré Fragonard, pelukis terkenal. Morisot sendiri merupakan pelukis beraliran impresionis.

7 Pelukis Perempuan Paling Dikenang di Dunia, Girls PowerLukisan "Lady at Her Toilette" karya Berthe Morisot. (dailyartmagazine.com)

Mengutip My Modern Met, ciri khas lukisannya adalah mengangkat tema domestik. Dibandingkan memakai cat minyak, Morisot lebih suka menggunakan cat air, pastel, dan arang. No wonder, it looks really soft!

Salah satu karyanya adalah "Woman at Her Toilette" yang dilukis sekitar tahun 1875-1880. Penikmat seni sejati akan langsung mengenali ciptaan Morisot berkat sentuhan feminitas yang lembut dengan gaya impresionis yang menawan. Sekarang, lukisan ini dimiliki oleh Art Institute of Chicago.

6. Georgia O'Keeffe

7 Pelukis Perempuan Paling Dikenang di Dunia, Girls PowerGeorgia O'Keeffe. (okeeffemuseum.org)

Selanjutnya adalah Georgia O'Keeffe, pelukis beraliran modernisme kelahiran Sun Prairie, Wisconsin, Amerika Serikat (AS). Kebanyakan objek lukisannya ialah bunga yang diperbesar, gedung pencakar langit (skyscraper) New York, serta lanskap New Mexico.

7 Pelukis Perempuan Paling Dikenang di Dunia, Girls PowerLukisan "Black Iris" karya Georgia O'Keeffe. (wikipedia.org)

Ternyata, lukisan bunganya bukan sembarang bunga, melainkan ekspresi seksualitas dan metafora untuk alat kelamin perempuan! Melansir Widewalls, karyanya mendorong seniman perempuan lain untuk memberdayakan diri dan meraih independensi.

Contohnya ialah lukisan berjudul "Black Iris" yang dibuat pada tahun 1926. Menurut Linda Nochlin, seorang sejarawan seni, "Black Iris" ditafsirkan sebagai metafora morfologis untuk alat kelamin perempuan. Lukisan berukuran 91,4 cm x 75,9 cm ini tersimpan di Metropolitan Museum of Art, New York City (NYC).

7. Frida Kahlo

7 Pelukis Perempuan Paling Dikenang di Dunia, Girls PowerFrida Kahlo. (artportal.hu/Nickolas Muray Fotó Archivum)

Siapa sih yang tidak kenal Frida Kahlo, pelukis perempuan asal Meksiko? Ia dikenal berkat lukisan berjenis self-portrait alias menuangkan dirinya sendiri dalam kanvas. Dalam situs resminya, Harper's Bazaar menyebut lukisan Frida Kahlo sebagai "menggoda" dan "konfrontatif".

7 Pelukis Perempuan Paling Dikenang di Dunia, Girls PowerLukisan "The Two Fridas" karya Frida Kahlo. (fridakahlo.org)

Mau tahu mahakaryanya? Tentu saja "The Two Fridas" yang dibuat pada tahun 1939. Mengutip FridaKahlo.org, lukisan ini selesai tak lama setelah perceraiannya dengan Diego Rivera. Yep, lukisan ini menyiratkan keputusasaan dan kesepiannya akibat perpisahan tersebut.

Lukisan ini menunjukkan dua kepribadian Frida yang berbeda. Satu Frida mengenakan kostum tradisional Tehuana dengan hati yang hancur, yang duduk di sebelah Frida dengan pakaian modern. Keduanya berpegangan tangan dengan jantung yang saling bertaut di bawah langit yang muram, menggambarkan gejolak batin Frida.

Nah, itulah beberapa pelukis perempuan yang paling dikenang sepanjang masa beserta karya-karyanya. Mana yang paling kamu kagumi?

Baca Juga: 8 Pelukis Paling Legendaris di Dunia, Karyanya Abadi

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya