Comscore Tracker

8 Pelukis Paling Legendaris di Dunia, Karyanya Abadi

Salah satunya adalah Leonardo da Vinci

Beberapa orang ditakdirkan menjadi legenda dan terus dikenang, bahkan hingga berabad-abad setelah kematiannya. Contohnya adalah pelukis. Mungkin, kamu pernah mendengar namanya atau melihat karyanya, walau hanya dari gambar di buku atau internet.

Berikut ini beberapa pelukis paling legendaris di dunia dengan masterpiece yang membuat namanya melejit. Check this out!

1. Michelangelo

8 Pelukis Paling Legendaris di Dunia, Karyanya AbadiMichelangelo di Lodovico Buonarroti Simoni. (britannica.com)

Yang pertama adalah Michelangelo di Lodovico Buonarroti Simoni, pelukis kelahiran 6 Maret 1475 di Caprese, Republik Florence (kini bernama Italia) dan meninggal pada 18 Februari 1564 di Roma, Negara Kepausan (Papal States). Selain dikenal sebagai pelukis adiluhung, ia juga seorang pemahat, arsitek, dan penyair Renaisans Italia, dilansir Britannica.

8 Pelukis Paling Legendaris di Dunia, Karyanya AbadiLukisan The Creation of Adam. (michelangelo.net)

The Creation of Adam adalah lukisan Michelangelo yang paling terkenal. Lukisan yang terletak di langit-langit Kapel Sistina ini menggambarkan kejadian di mana Tuhan memberikan kehidupan kepada Adam, manusia pertama.

Melansir Michelangelo.org, lukisan ini dibuat sedemikian rupa sehingga sosok Adam memantulkan sosok Tuhan, seolah yang satu adalah perpanjangan dari yang lain. Tuhan digambarkan sebagai sosok lelaki tua dengan rambut dan jenggot abu-abu panjang yang ditopang oleh malaikat-malaikat tanpa sayap.

2. Salvador Dalí

8 Pelukis Paling Legendaris di Dunia, Karyanya AbadiSalvador Dalí. (radionacional.gov.py)

Selanjutnya adalah Salvador Dalí, pelukis, desainer perhiasan, dan seniman multi-faceted asal Spanyol. Yang membuatnya menonjol adalah style lukisan beraliran surealis, yang konon dipengaruhi oleh gagasan Sigmund Freud, dikutip Online Gallery.

8 Pelukis Paling Legendaris di Dunia, Karyanya AbadiThe Persistence of Memory. (moma.org)

Para surealis seperti Salvador Dalí percaya bahwa logika saja tidak cukup, sehingga mereka beralih ke alam bawah sadar untuk melewati batas akal. Salvador Dalí mengeksplorasi ketakutan dan fantasinya sendiri lalu melukisnya di atas kanvas. Brilliant!

Salah satu karyanya yang paling populer ialah The Persistence of Memory yang dilukis di tahun 1931. Lukisan ini punya beberapa nama lain, seperti "Melting Clocks", "The Soft Watches", dan "The Melting Watches". Awalnya ditampilkan di Galeri Julien Levy di tahun 1932, namun dipindahkan ke Museum of Modern Art (MoMA) di New York City sejak tahun 1934.

3. Raphael

8 Pelukis Paling Legendaris di Dunia, Karyanya AbadiRaphael. (biography.com)

Berikutnya ialah Raphael, pelukis dan arsitek Renaisans Italia. Dilahirkan dengan nama Raffaello Sanzio, ia adalah pelukis potret yang cemerlang. Salah satu karyanya yang paling dikenang adalah potret Paus Leo X. Lukisannya sangat realistis untuk ukuran masa itu!

8 Pelukis Paling Legendaris di Dunia, Karyanya AbadiPortrait of Pope Leo X. (wikioo.org)

Kemungkinan, Paus Leo X dilukis pada tahun 1518-1520. Paus digambarkan sebagai pria di akhir usia paruh baya dengan tatapan mata tegang. Konon, makna tatapan ini adalah keresahan akibat periode kepausan yang penuh kekacauan.

Siapakah kardinal di kanan dan kirinya? Yang sebelah kiri diidentifikasi sebagai Giulio di Giuliano de' Medici. Sedangkan, yang sebelah kanan diidentifikasi sebagai Luigi de' Rossi. Sekarang, lukisan ini terpajang rapi di Galeri Uffizi di Florence.

4. Oscar-Claude Monet

8 Pelukis Paling Legendaris di Dunia, Karyanya AbadiOscar-Claude Monet. (thecollector.com)

Siapakah pelukis yang dijuluki sebagai Bapak Impresionisme? Tak lain dan tak bukan adalah Oscar-Claude Monet. Melansir The Collector, ia adalah pelukis Prancis yang produktif pada pertengahan 1800-an sampai awal 1900-an. Seratus tahun setelah kematiannya, karya-karyanya masih dihargai mahal!

8 Pelukis Paling Legendaris di Dunia, Karyanya AbadiLukisan Impression, Sunrise (artsheaven.com)

Contoh lukisannya yang mencuri perhatian ialah "Impression, Sunrise" atau "Impression, Soleil Levant" dalam bahasa Prancis. Lukisan ini pertama kali ditayangkan di Paris pada April 1874 dan kini ditempatkan di Musée Marmottan Monet, Paris.

Yang membuat Claude Monet istimewa adalah penguasaannya terhadap warna dan cahaya yang memukau. Mengutip Online Gallery, ia juga sering melukis pemandangan dari daerah tempatnya tinggal.

Baca Juga: 7 Lukisan Paling Terkenal Sepanjang Sejarah, Coba Tengok!

5. Pablo Picasso

8 Pelukis Paling Legendaris di Dunia, Karyanya AbadiPablo Picasso. (raillynews.com)

Beranjak ke Pablo Picasso, pria kelahiran 25 Oktober 1881 dan meninggal pada 8 April 1973 adalah pelukis, penyair, dan pematung Spanyol yang tinggal di Prancis. Melansir RayHaber, ia dan Georges Braque membangun dasar gerakan kubisme.

8 Pelukis Paling Legendaris di Dunia, Karyanya AbadiLukisan Les Demoiselles d’Avignon. (itravelwithart.com)

Salah satu lukisannya yang menuai kontroversi ialah Les Demoiselles d'Avignon yang dilukis pada tahun 1907. Awalnya, ia ingin melukis adegan di rumah bordil lengkap dengan pelacur dan pelanggan prianya. Akan tetapi, hasil akhirnya sungguh berbeda.

Output-nya, justru lukisan dengan lima wanita dengan gaya kubisme, abstrak, dan hampir seperti kolase. Dianggap sebagai titik awal gerakan seni kubisme revolusioner, lukisan ini menuai kontroversi dan perdebatan saat pertama dipamerkan, dikutip I Travel with Art.

6. Rembrandt

8 Pelukis Paling Legendaris di Dunia, Karyanya AbadiRembrandt Harmenszoon van Rijn. (news.artnet.com)

Nama lengkapnya adalah Rembrandt Harmenszoon van Rijn. Ia adalah pelukis Belanda kelahiran 15 Juli 1606 dan meninggal pada 4 Oktober 1669. Melansir Online Gallery, Rembrandt menghasilkan sekitar 300 lukisan, 300 etching, serta 2.000 gambar. Produktif banget!

8 Pelukis Paling Legendaris di Dunia, Karyanya AbadiLukisan The Night Watch. (bbc.com)

"The Night Watch" adalah lukisan Rembrandt yang terpopuler. Dibuat pada tahun 1642, ini adalah salah satu lukisan Zaman Keemasan Belanda (Dutch Golden Age) yang paling terkenal dan bisa dijumpai di Rijksmuseum, Amsterdam.

Apa yang membuat lukisan ini terkenal? Salah satunya adalah ukurannya yang kolosal, yaitu 363 cm x 437 cm. Selain itu, penggunaan cahaya dan bayangannya dramatis, dilukis dengan gaya tenebrisme.

7. Vincent van Gogh

8 Pelukis Paling Legendaris di Dunia, Karyanya AbadiVincent van Gogh. (elcultural.com)

Lahir pada 30 Maret 1853 dan meninggal pada 29 Juli 1890, Vincent Willem van Gogh merupakan salah satu pelukis paling berpengaruh dalam sejarah seni Barat. Tercatat, ia menghasilkan sekitar 2.100 karya seni, termasuk 860 lukisan cat minyak. Objeknya bermacam-macam, seperti potret, benda mati, hingga lanskap dengan warna-warna berani serta sapuan kuas yang dramatis dan ekspresif.

8 Pelukis Paling Legendaris di Dunia, Karyanya AbadiLukisan The Red Vineyards. (vangoghstudio.com)

Selain The Starry Night yang sangat terkenal, lukisan lain yang tak kalah populer adalah The Red Vineyards near Arles, yang dibuat pada awal November 1888. Lukisan ini menggambarkan pekerja di kebun anggur dan konon menjadi satu-satunya lukisan yang berhasil dijual van Gogh sepanjang hidupnya.

The bitter truth is, van Gogh tidak sukses secara komersial dan mengakhiri nyawanya sendiri di usia 37 tahun setelah bertahun-tahun mengalami depresi dan hidup dalam kemiskinan. Dengan seluruh bakat yang van Gogh miliki, he deserves much better!

8. Leonardo da Vinci

8 Pelukis Paling Legendaris di Dunia, Karyanya AbadiLeonardo da Vinci. (theguardian.com)

Leonardo da Vinci mengakhiri daftar ini. Pria kelahiran 15 April 1452 yang meninggal pada 2 Mei 1519 ini berprofesi sebagai pelukis, juru gambar, insinyur, pematung, arsitek, hingga ilmuwan. Coba tebak, apa lukisan da Vinci yang paling terkenal?

8 Pelukis Paling Legendaris di Dunia, Karyanya AbadiLukisan Mona Lisa. (researchgate.net)

Yup, the one and only Mona Lisa! Tak tanggung-tanggung, lukisan ini dianggap sebagai mahakarya Renaisans Italia. Kemungkinan, Mona Lisa dibuat pada tahun 1503-1506. Kamu bisa menjumpainya di Museum Louvre, Paris, Prancis.

Dikatakan, Mona Lisa punya kemiripan kuat dengan Perawan Maria (Virgin Mary), yang saat itu dipandang sebagai sosok wanita ideal. Mona Lisa dilukis dengan lembut dan menciptakan makna ambigu pada sudut mulut dan sudut matanya. Setiap orang bebas menginterpretasikan makna tatapan mata dan senyumnya!

Nah, itulah beberapa pelukis paling terkenal dan paling legendaris beserta contoh mahakaryanya. Yang mana favoritmu?

Baca Juga: 7 Lukisan Gua Tertua di Dunia, Menakjubkan!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya