Comscore Tracker

6 Masjid Terindah di Qatar beserta Kisah Sejarahnya

Kamu pasti terpesona saat melihatnya!

Berdasarkan data dari Kementerian Awqaf dan Urusan Islam Qatar, terdapat lebih dari 2.000 masjid di negara tersebut pada tahun 2017. Bukan hal yang mengherankan, mengingat populasi umat muslim di Qatar adalah 65,5 persen.

Dari sekian banyak masjid di Qatar, mana yang paling indah? Dan seperti apa kisah sejarah di baliknya? Mari kita cari tahu!

1. Sheikh Abdulla Bin Zaid Al Mahmoud Islamic Cultural Center

6 Masjid Terindah di Qatar beserta Kisah Sejarahnyailustrasi Sheikh Abdulla Bin Zaid Al Mahmoud Islamic Cultural Center (wikimedia.org/Alex Sergeev)

Salah satu landmark ikonik Doha ini memiliki nama lain Masjid Spiral. Namanya diambil dari Sheikh Abdulla Bin Zaid Al Mahmoud, yang merupakan pendiri sistem peradilan Qatar, mengutip ILoveQatar.net.

Selain sebagai tempat ibadah, juga dipakai oleh nonmuslim untuk belajar tentang agama dan budaya Islam serta kursus bahasa Arab. Menariknya, khutbah sebelum salat Jum'at disajikan dalam bahasa Inggris, supaya turis mancanegara bisa memahaminya.

2. Masjid Imam Abdul Wahhab

6 Masjid Terindah di Qatar beserta Kisah Sejarahnyailustrasi Masjid Imam Abdul Wahhab (wikimedia.org/Alex Sergeev)

Dikenal dengan nama lain Masjid Agung Negara, masjid ini dibangun oleh pendiri Qatar, Sheikh Jassim bin Mohammed Al Thani. Namanya diambil dari Imam Muhammad Ibn Abd Al Wahhab, yang merupakan seorang pemimpin agama, teolog, pembaharu, dan pelopor muslim terkenal selama abad ke-18.

Fasadnya terbuat dari batu pasir dan lantainya dari marmer, membuat jemaah tetap merasa sejuk selama musim panas. Dilansir Visit Qatar, masjid ini memiliki 93 kubah dengan 20 pintu masuk. Dengan luas area 175.164 m², masjid ini bisa menampung sekitar 11.000 jemaah laki-laki dan 1.200 jemaah perempuan.

3. Masjid Katara

6 Masjid Terindah di Qatar beserta Kisah Sejarahnyailustrasi Masjid Katara (wikimedia.org/Jaseem Hamza)

Masjid ini terletak di dalam Desa Budaya Katara, Kota Doha. Yang membuatnya dikagumi adalah fasadnya yang dipenuhi ubin mozaik berwarna ungu dan biru kehijauan (turquoise).

Rupanya, masjid ini dirancang oleh Zainab Fadil Oglu, yang merupakan perancang masjid terkenal dari Turki. Menurut laman Alluring World, jika dilihat lebih dekat, mozaik tersebut menampilkan ayat-ayat Al-Qur'an serta motif tumbuhan (dedaunan dan bunga).

Baca Juga: Dari Inggris hingga Rusia, Ini 8 Masjid Termegah di Eropa!

4. Masjid Msheireb

6 Masjid Terindah di Qatar beserta Kisah Sejarahnyailustrasi Masjid Msheireb (wikimedia.org/Dasprincecrow)

Sedikit berbeda dengan beberapa masjid sebelumnya, Masjid Msheireb mengusung konsep minimalis modern. Pada tahun 2017, masjid ini menerima penghargaan 'Abdullatif Al Fozan Award for Mosque Architecture' dan akreditasi Gold LEED karena mampu menghemat energi dengan efektif.

Pembangunannya selesai pada tahun 2016 dan menelan biaya sebesar 64 milyar rial Qatar. Dengan luas area 2.578 m², John McAslan & Partners bertanggung jawab atas arsitektur bangunannya, sementara lansekapnya adalah buah karya dari Burton Studio.

5. Masjid Education City

6 Masjid Terindah di Qatar beserta Kisah Sejarahnyailustrasi Masjid Education City (wikimedia.org/Alex Sergeev)

Mengutip Qatar Foundation, masjid ini memiliki lima kolom besar yang merepresentasikan lima rukun Islam dengan ayat-ayat Al-Qur'an di permukaannya. Yang merancang adalah arsitek dan ahli kaligrafi Irak, Taha Al Hiti. Mampu menampung 1.800 jemaah di ruang salat utama dan 1.000 jemaah di halaman luar.

Seperti namanya, masjid Education City tidak hanya digunakan untuk beribadah, tetapi juga untuk menimba ilmu agama. Tidak mengherankan karena masjid ini merupakan bagian dari Fakultas Studi Islam Universitas Hamad Bin Khalifa.

6. Masjid Bandara Internasional Hamad

6 Masjid Terindah di Qatar beserta Kisah Sejarahnyailustrasi Masjid Bandara Internasional Hamad (pexels.com/Akbar Nemati)

Dan yang terakhir adalah Masjid Bandara Internasional Hamad, yang memiliki bentuk seperti tetesan air (droplet). Masjid ini terletak di luar terminal penumpang, yang bisa dicapai dengan berjalan kaki dari aula keberangkatan.

Kubahnya terbuat dari kaca dengan kaligrafi yang menghiasi interiornya. Di siang hari, sinar matahari masuk dari langit-langit kaca. Sementara, pada malam hari, lampu yang tergantung akan memancarkan cahaya yang hangat.

Nah, itulah beberapa masjid terindah di Qatar beserta secuplik sejarahnya. Menurutmu, mana yang paling memukau?

Baca Juga: 7 Tempat Historis di Qatar beserta Kisah Sejarahnya

Topic:

  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya