Comscore Tracker

8 Fakta Unik Gerhana Bulan Ini Sering Gak Kamu Sadari Saat Kejadiannya

Jangan cuma tahu kejadiannya, kenali juga fakta-faktanya!

Fenomena gerhana bulan sudah beberapa kali dapat dilihat di tanah air. Fenomena yang jarang terjadi ini menjadikannya sebagai salah satu momen spesial. Gerhana bulan adalah suatu posisi di mana saat matahari, bumi dan bulan berada di satu garis lurus dan orbit bulan berada tepat di bayang-bayang bumi.

Gerhana bulan yang sudah terjadi ternyata memiliki beberapa fakta menarik yang banyak tidak disadari. Mau tahu apa saja? Berikut adalah fakta-fakta uniknya yang dimaksud!

1. Saat gerhana bulan terjadi, kita bisa melihat Planet Mars

8 Fakta Unik Gerhana Bulan Ini Sering Gak Kamu Sadari Saat Kejadiannyaunsplash.com

Jika kamu adalah salah satu orang yang  penasaran sekali dengan wujud Planet Mars, gerhana bulan adalah waktu yang tepat untuk melihatnya secara langsung. Munculnya Mars disebabkan karena cahaya purnama meredup dan menimbulkan efek kemerahan yang berpendar di langit. Satu titik terang kemerahan di samping kiri purnama itu adalah planet mars.

2. Jumlah nyamuk yang lebih banyak

8 Fakta Unik Gerhana Bulan Ini Sering Gak Kamu Sadari Saat Kejadiannyapowesnowboards.com

Gerhana bulan akan memengaruhi populasi nyamuk. Saat kondisi ini, nyamuk akan lebih banyak. Peneliti mengungkapkan jenis nyamuk yang akan bertambah adalah jenis Aedes, Anopheles, Culex dan Psorophora.

3. Tidak akan merusak pengelihatan

8 Fakta Unik Gerhana Bulan Ini Sering Gak Kamu Sadari Saat Kejadiannyaunsplash.com

Tidak seperti gerhana matahari, yang mana kita harus menggunakan pelindung agar mata tidak rusak. Saat gerhana bulan, kamu bisa menikmati kejadian tersebut secara langsung dengan mata telanjang.

4. Suhu udara mengalami penurunan

8 Fakta Unik Gerhana Bulan Ini Sering Gak Kamu Sadari Saat Kejadiannyafuturism.com

Beberapa kejadian gerhana bulan menyebabkan penurunan suhu udara, namun tidak sesignifikan saat gerhana matahari. Di kawasan tertentu, gerhana bulan membuat kondisi berbeda untuk hewan liar selama fenomena berlangsung.

Baca Juga: Adanya Gerhana Bulan adalah Tanda Bahwa Bumi Tidak Datar

5. Gerhana bulan abad ke-21 merupakan gerhana bulan dengan durasi terlama

8 Fakta Unik Gerhana Bulan Ini Sering Gak Kamu Sadari Saat Kejadiannyahubgets.com

Masih ingat dengan gerhana bulan yang terjadi pada tanggal 28 Juli 2018 lalu? Gerhana bulan tersebut termasuk gerhana bulan terlama yang pernah terjadi sepanjang masa.

Total durasinya selama 103 menit. Hal ini terjadi sebab waktu itu bulan berada pada titik terjauh dari bumi.

6. Hujan meteor menghiasi peristiwa gerhana bulan

8 Fakta Unik Gerhana Bulan Ini Sering Gak Kamu Sadari Saat Kejadiannyaunsplash.com

Informasi ini dibeberkan oleh Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin. Beliau berujar bahwa hujan meteor terjadi bersamaan dengan waktu gerhana bulan berlangsung. Dengan demikian, fenomena hujan meteor tidak bisa dinikmati orang secara utuh.

7. Memengaruhi cuaca

8 Fakta Unik Gerhana Bulan Ini Sering Gak Kamu Sadari Saat Kejadiannyawaldothedeveloper.com

Saat gerhana bulan, akan terjadi perubahan pada gelombang laut. Perubahan tersebut dapat dilihat dari tingginya gelombang yang ada. Oleh sebab itu, pihak LAPAN biasanya menganjurkan masyarakat untuk menjauhi pantai saat ada gerhana bulan.

8. Bisa memengaruhi mood seseorang

8 Fakta Unik Gerhana Bulan Ini Sering Gak Kamu Sadari Saat Kejadiannyaunsplash.com

Pernah dengar bahwa gerhana bulan bisa memengaruhi mood? Ternyata ini benar adanya. Hal ini terjadi karena tekanan darah dan ritme jantung yang cenderung naik, yang berhubungan dengan naiknya gelombang air laut yang lebih tinggi dari biasanya.  

Semoga info menarik tersebut bermanfaat bagi pengetahuan kalian seputar peristiwa gerhana bulan. Yuk, persiapkan diri menyambut gerhana bulan selanjutnya!

Baca Juga: Dari Hujan Meteor Hingga Gerhana, Ini 9 Peristiwa Langit Terbaik 2019!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya