Comscore Tracker

Tidak Disangka, Inilah 7 Manfaat Air Laut yang Jarang Orang Ketahui

Kita bisa memanfaatkan jumlahnya yang tak terbatas

Lautan adalah hamparan luas air asin yang menghubungkan seluruh penjuru dunia dan juga salah satu bentuk batasan antara daratan seperti benua dan pulau-pulau. Hal yang paling disukai orang-orang dari lautan adalah pemandangan sunset dan sunrise-nya.

Selain pemandangan yang ditampilkan dari lautan, kita juga bisa merasakan manfaat dari asinnya air laut, lho. Untuk tahu lebih lanjut simak ulasan di bawah ini. Berikut ini beberapa di antaranya!

1. Bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit

Tidak Disangka, Inilah 7 Manfaat Air Laut yang Jarang Orang Ketahuilabonicsskin.com

Berendam air laut memiliki segudang manfaat untuk mendukung kesehatan manusia. Berdasarkan fakta empiris, air laut mengandung banyak kandungan mineral alami yang sangat diperlukan tubuh dalam menjalankan hidup sehat.

Terutama masalah yang dirasakan pada pembuluh darah, saluran pernapasan dan paru-paru. Alasannya, komposisi air laut serupa dengan plasma darah meliputi vitamin, garam mineral dan asam amino. Air laut juga mengandung mikroorganisme yang menghasilkan antibiotik, antimikroba dan zat anti bakteri aktif.

2. Mampu untuk mempercantik wajah

Tidak Disangka, Inilah 7 Manfaat Air Laut yang Jarang Orang Ketahuistuff.co.nz

Garam laut yang dihasilkan dari proses penguapan air laut ternyata bisa membuat wajahmu lebih cantik. Tekstur garam laut dapat digunakan sebagai scrub untuk mengeksfoliasi kulit mati.

Manfaat lainnya adalah bisa mengontrol minyak pada kulit wajah. Kandungan potassium dan belerang mampu mengontrol produksi sebum berlebih, yang biasanya menyebabkan kulit berjerawat.

3. Dijadikan pupuk pada bidang pertanian

Tidak Disangka, Inilah 7 Manfaat Air Laut yang Jarang Orang Ketahuiunsplash.com

Petani di beberapa daerah di Indonesia memanfaatkan air laut sebagai pupuk anorganik cair untuk menyiram tanaman. Semua sampah baik organik maupun anorganik akan hanyut terbuang ke laut.

Selanjutnya, dekomposit fitoplankton membuat air laut kaya akan mineral esensial dengan konsetrasi yang tinggi. Maka tak heran, unsur hara yang dikandung air laut bisa diproses untuk dijadikan pupuk tanaman, guna membuat tanaman lebih subur.

Baca Juga: Ini 7 Cara Ilmiah Mengobati Fobia Menurut Para Ahli di Seluruh Dunia

4. Digunakan sebagai bahan bakar

Tidak Disangka, Inilah 7 Manfaat Air Laut yang Jarang Orang Ketahuihispotion.com

Kini air laut dijadikan sebagai energi alternatif yang ramah lingkungan. Prosesnya cukup dengan mengendapkan air laut dalam bak penampungan dan kemudian menyulingnya dengan alat penyulingan.

Hasilnya berupa minyak sel yang berasal dari biota-biota yang hidup di laut. Teknologi ini digunakan dalam skala industri di Amerika Serikat, sedangkan di Indonesia sendiri masih dalam skala kecil, terutama untuk bahan bakar kapal nelayan dan listrik di rumah masyarakat yang bermukim di pulau-pulau.

5. Sebagai pembangkit listrik

Tidak Disangka, Inilah 7 Manfaat Air Laut yang Jarang Orang Ketahuiunsplash.com

Pemanfaatan dari energi gelombang laut sebagai pembangkit listrik masih sedikit dilakukan di dunia. Memanfaatkan gelombang laut sebagai sumber energi listrik dilakukan secara hydroelectric.

Energi dari gelombang air laut menghasilkan energi kinetik yang dapat menggerakkan turbin. Bila turbin sudah berputar maka akan menghasilkan energi listrik yang terbentuk dari perputaran  generator.

6. Sumber mineral yang dibutuhkan oleh manusia

Tidak Disangka, Inilah 7 Manfaat Air Laut yang Jarang Orang Ketahuireddit.com

Sebagaimana kita ketahui bahwa air laut dapat menghasilkan garam. Salah satu pemanfaatannya yakni saat proses pembuatan makanan. Masakan apapun tidak akan enak jika tidak menambahkan sejumput dua jumput garam.

Namun bukan sekadar enak atau tidak enak, dalam garam ada satu jenis mineral, iodium/yodium, yang sangat dibutuhkan tubuh. Bila asupan mineral ini tidak terpenuhi akan menyebabkan penyakit gondok.

7. Cadangan air tawar yang tidak akan ada habisnya

Tidak Disangka, Inilah 7 Manfaat Air Laut yang Jarang Orang Ketahuibg-21.com

Manusia tidak bisa hidup tanpa air. Tetapi bukan berarti kita meminum air laut mentah – mentah. Rasa asin dari air laut dapat dihilangkan dan diubah menjadi air tawar melalui proses desalinasi. Dengan volume air laut yang luar biasa, suatu waktu sumber air tawar di daratan semakin tercemar dan sulit didapatkan serta jumlah manusia semakin banyak, inovasi air laut ini menjadi solusi yang tepat untuk tetap bisa memenuhi kebutuhan manusia di muka bumi.

Dari air laut saja kita sudah memiliki segudang manfaat bagi kehidupan sehari – hari. Oleh sebab itu, mari kita jaga selalu kelestarian laut agar kita tetap bisa mengambil manfaatnya. Sekian dan semoga ulasan di atas bermanfaat.

Baca Juga: 5 Cara Ilmiah Mengendalikan Hujan, Tanpa Pakai Pawang atau Ritual Gaib

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You