Comscore Tracker

10 Gunung Tertinggi di Tata Surya, Mars yang Paling Banyak!

Jadi, masih beranggapan Everest yang tertinggi?

Melihat pemandangan gunung yang menjulang tinggi di Bumi sudah bukan lagi hal yang asing. Hampir seluruh penjuru dunia memiliki jajaran pegunungan yang menawan. Gunung Everest salah satunya, gunung tertinggi kedua di Bumi yang berselimut salju. Namun, tahukah kamu jika ada yang jauh lebih tinggi dari Gunung Everest? Tentu saja bukan di Bumi, melainkan di luar angkasa sana.
 
Ya, gunung dapat kita temui di luar angkasa, contohnya di tata surya kita. Bahkan jumlahnya lebih banyak dari gunung yang ada di Bumi. Gunung tertinggi di tata surya yang pernah ditemukan astronom adalah Rheasilvia Mons di Asteroid Vesta.

Rheasilvia ditemukan sebagai fitur permukaan yang paling menonjol di Asteroid Vesta. Siapa sangka, tinggi dari Rheasilvia masuk kategori gunung tertinggi di tata surya. Lalu, bagaimana dengan gunung-gunung luar angkasa yang lain? Yuk, simak di bawah ini!

1. Rheasilvia Moms, Asteroid Vesta

10 Gunung Tertinggi di Tata Surya, Mars yang Paling Banyak!en.m.wikipedia.org/Rheasilvia Mons
Rhesilvia Mons adalah gunung yang terbentuk dari sebuah tabrakan. Memiliki tinggi 22 km dengan diameter 505 km yang mana merupakan 90 persen dari diameter Vesta sendiri. Gunung ini menutupi hampir seluruh belahan selatan Vesta.
 
Fitur permukaan Rheasilvia pertama kali ditemukan oleh teleskop luar angkasa terbesar, Hubble, pada tahun 1997. Namun, pada saat itu fitur permukaan tersebut belum diberi nama.
 
Nama Rheasilvia baru diberikan setelah kedatangan pesawat ruang angkasa Dawn pada Tahun 2011. Rheasilvia sendiri merupakan gabungan dua kata dari Rhea Silvia yang sebenarnya adalah nama dari seorang ibu mitologi pendiri Roma, yaitu Romulus dan Remus. 

2. Olympus Mons, Mars

10 Gunung Tertinggi di Tata Surya, Mars yang Paling Banyak!apod.nasa.gov/apod
Olympus Mons menempati urutan kedua, yang mana tingginya hanya berbeda sedikit dengan Rheasilvia, yaitu 21,9 km. Olympus Mons merupakan gunung berapi terbesar di Mars. Gunung ini terbentuk dari aktivitas vulkanik selama periode Amazonia Mars berlangsung.
 
Tinggi puncak Olympus Mons sama dengan tiga kali tinggi Gunung Everest yang ada di Bumi. Selain tinggi dan besar, gunung ini juga merupakan gununh termuda dari beberapa gunung berapi di Mars.

3. Equatorial Ridge, Lapetus

10 Gunung Tertinggi di Tata Surya, Mars yang Paling Banyak!m.wikipedia.org/Cassini
Kita beralih sedikit jauh ke salah satu satelit alami Saturnus, Lapetus. Gunung Equatorial Ridge berbentuk seperti punggungan permukaan menonjol yang membentang sepanjang garis ekuator Lapetus. Panjang punggungan ini mencapai 1.300 km dengan lebar 20 km dan tinggi 13 km. Ada beberapa puncak gunung yang terisolasi dengan tingginya yang mencapai 20 km.Akibatnya, gunung ini menghabiskan tiga bagian permukaan Lapetus.
 
Equatorial Ridge ditemukan oleh Cassini pada 2007. Namun, sayangnya asal muasal terbentuknya punggungan gunung yang sempurna mengikuti garis ekuator Lapetus ini masih belum diketahui oleh peneliti. 

Baca Juga: 7 Teori Konspirasi Luar Angkasa yang Tak Kunjung Hilang

4. Boosaule Montes, Io

10 Gunung Tertinggi di Tata Surya, Mars yang Paling Banyak!en.m.wikipedia.org/Voyager 1

Boosaule Montes adalah gunung yang berada di salah satu satelit Jupiter, lo. Gunung ini memiliki tinggi 17,5-18,2 km. Terbentuk karena aktivitas tektonik di lo. Setidaknya sudah ada 135 gunung yang ditemukan di daratan lo. Meskipun aktivitas vulkanisme marak dijumpai di daratan lo, akan tetapi kebanyakan gunung disana terbentuk karena aktivitas tektonik. lo sendiri memiliki sepuluh gunung berapi aktif.

5. Ascraeus Mons, Mars

10 Gunung Tertinggi di Tata Surya, Mars yang Paling Banyak!en.m.wikipedia.org/Lava Global Surveyor
Kita kembali lagi ke Mars. Ascraeus Mons adalah gunung berapi yang memiliki tinggi 14,9 km. Terbentuk dari aktitvitas vulkanik Mars. Gunung berapi ini menempati area Thartus di Mars. Ascraeus Mons ditemukan oleh pesawat ruang angkasa Mariner 9 pada tahun 1971.
 
Pada awalnya, gunung ini disebut North Spot karena letaknya yang persis di bagian paling utara Mars. Pada saat itu Mars sedang diselimuti badai debu, setidaknya hanya ada empat spot yang terlihat dan North Spot ini salah satunya. Setelah badai debu berakhir, North Spot itu mulai terlihat sebagai gunung api yang tinggi, pada akhirnya gunung tersebut dinamai Ascraeus Mons pada 1973.

6. Ionian Mons Easr Ridge, Io

10 Gunung Tertinggi di Tata Surya, Mars yang Paling Banyak!m.wikimedia.org/NASA-JPL

Satelit Jupiter ini ternyata memiliki beberapa gunung di permukaannya. Ionians Mons adalah gunung di permukaan lo yang terbentuk karena aktivitas tektonik. Tingginya mencapai 12,7 km. Sama seperti Equational Ridge, Ionians Mons memiliki bentuk seperti punggungan yang melengkung tapi ganda.

7. Elysium Mons, Mars

10 Gunung Tertinggi di Tata Surya, Mars yang Paling Banyak!m.wikimedia.org/nasa

Elysium Mons merupakan gunung berapi yang ke sekian kali dijumpai di Mars. Memiliki tinggi 12,6 km di atas permukaan Mars. Terletak di daerah gunung api Elysium yang berada di Martian bagian timur. Gunung ini berada di sekeliling dataran aliran lava di Mars. Ditemukan pada tahun 1972 dan gambarnya diambil oleh Mariner 9 Orbiter.

8. Arsia Mons, Mars

10 Gunung Tertinggi di Tata Surya, Mars yang Paling Banyak!photojournal.jpl.nasa.gov/NASA/MOLA Science Teamar

Arsia Mons adalah gunung berapi di Mars yang memiliki ketinggian 11,7 km dari permukaan Mars. Gunung ini terletak di bagian paling selatan area gunung api Tharsis Mars. Arsia Mons merupaka gunung api perisai dengan lereng yang landai dan kaldera yang sangat besar di puncaknya.

9. Pavonis Mons, Mars

10 Gunung Tertinggi di Tata Surya, Mars yang Paling Banyak!en.m.wikipedia.org/Mars Global Surveyor

Pavonis Mons terletak di area bawah Tharsis Mars. Merupakan gunung api perisai terbesar disana. Memiliki tinggi 11 km dari permukaan Mars. Pada puncaknya terdapat kaldera denga diameter 47 km dan dalamnya mencapai 5 km.

10. Mauna Kea, Bumi

10 Gunung Tertinggi di Tata Surya, Mars yang Paling Banyak!m.wikimedia.org/Vadim Kurland

Jika kalian beranggapan Gunung Everest adalah gunung tertinggi di Bumi, maka kalian salah. Gunung tertinggi di Bumi saat ini adalah Mauna Kea yang terletak di Hawai.
 
Memang jika diukur dari atas permukaan laut, tinggi Mauna Keia hanya mencapai 4 km. Namun, karena gunung ini berdiri di bawah laut maka tingginya menjadi 10 km di bawah permukaan laut. Angka yang cukup berdekatan dengan Everest yang hanya memiliki tinggi 8,8 km.

Mengetahui fakta-fakta tentang gunung tertinggi di ruang angkasa membuat kita jadi sadar, ya bahwa Bumi sebenarnya gak seagung itu. Kita sebagai manusia pun tetap aja jauh kalah besar dari gunung di luar Planet Bumi. Maka dari itu, emang gak selayaknya kita menyombongkan diri, betul?

Baca Juga: 5 Bukti Bumi Mirip dengan Planet-planet di Tata Surya, Semirip Apa?

Mutiara Ananda Photo Verified Writer Mutiara Ananda

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya