Comscore Tracker

Gak Lulus SMA, Ini 5 Fakta Walt Disney yang Jarang Diketahui Orang

Tanpanya, tak akan ada Mickey Mouse!

Siapa yang tidak tahu Walt Disney? Produser dan sutradara film asal Amerika Serikat ini sangat legendaris. Namanya terus dikenang sepanjang masa karena jasanya yang luar biasa di bidang perfilman dunia, terutama film animasi. Saat ini, banyak orang masih menjadi penikmat film produksi The Walt Disney Studios, studio film yang ia dirikan.

Namun, kisah hidupnya yang luar biasa ternyata diwarnai beberapa fakta yang mungkin gak kamu sangka, lo. Ini dia lima fakta di antaranya, yang dilansir dari laman Mental Floss dan Biography.

1. Tidak menyelesaikan sekolah

Gak Lulus SMA, Ini 5 Fakta Walt Disney yang Jarang Diketahui Orangbusinessinsider.com

Sebagaimana kisah hidup banyak tokoh terkenal lain, Walt Disney pun rupanya tidak sempat menyelesaikan sekolahnya. Namun, alasannya bukan karena ia malas atau bodoh, melainkan karena keinginannya untuk ikut serta dalam perang.

Walter Elias Disney lahir pada 1901. Pada 1917, saat usianya baru menginjak 16 tahun, ia keluar dari sekolah untuk bergabung dalam pasukan Palang Merah yang bertugas di Perang Dunia I. Namun, karena usianya masih kurang dari batas minimum, yaitu 17 tahun, Disney muda memalsukan akta kelahirannya dengan tahun lahir yang berbeda.

Perang itu sendiri berakhir tidak lama setelah itu, tepatnya pada November 1918, sehingga Walt Disney pun tidak sempat beraksi terlalu banyak. Namun, ia tetap bertugas bersama timnya di Prancis hingga 1919 sebelum akhirnya dibebastugaskan. Beruntung, perang itu tidak merenggut nyawanya atau dunia mungkin tidak akan bisa menikmati hasil karyanya.

2. Hampir menjadi penjual vacuum cleaner 'pembersih debu'

Gak Lulus SMA, Ini 5 Fakta Walt Disney yang Jarang Diketahui Orangd23.com

Setelah itu, Disney yang pada masa kecilnya sempat menjadi penjual koran dan makanan di stasiun, mulai mengejar karier di dunia hiburan dengan menjadi artis kartun di koran. Ia sebenarnya sempat mendirikan studio animasi sendiri yang dinamai dengan namanya, namun pada 1923, studio tersebut harus tutup karena bangkrut.

Walt lalu hijrah ke Hollywood, Los Angeles mengikuti jejak kakaknya, Roy. Masih mengejar cita-citanya di dunia animasi, Walt sempat hampir meniru kakaknya menjadi penjual penyedot debu untuk memenuhi kebutuhan hidup. Namun, sebelum terjadi, ia mendapat panggilan dari distributor di New York yang ingin mendistribusikan kartun ciptaannya.

Baca Juga: 10 Kuliner Unik di Walt Disney World yang Harus Kamu Coba

3. Mickey Mouse bukanlah karakter besar pertama yang ia ciptakan

Gak Lulus SMA, Ini 5 Fakta Walt Disney yang Jarang Diketahui Oranggeekytyrant.com

Mickey Mouse bisa dibilang adalah salah satu karakter terbesar dan paling terkenal yang pernah diciptakan oleh Walt Disney. Bahkan, karakter tikus lucu tersebut juga adalah maskot dari Walt Disney Studios. Namun, sebenarnya, Mickey Mouse bukanlah karakter besar pertama yang diciptakan oleh Walt Disney.

Oswald the Lucky Rabbit merupakan ciptaan Disney pertama bersama animatornya Ub Iwerks dan sempat menjadi karakter andalannya. Saat itu, karakter Oswald begitu terkenal dan sukses, namun hak cipta Oswald sempat "dicuri" oleh Universal Pictures dan menjadi pukulan telak bagi Walt Disney.

Namun, untunglah Disney dan Iwerks berhasil menciptakan karakter lain yang pada akhirnya mengungguli popularitas Oswald, yaitu Mickey Mouse. Hak cipta Oswald sendiri akhirnya kembali ke tangan Walt Disney Company pada 2006, hampir 80 tahun setelah kehilangan karakter tersebut.

4. Ia mengisi suara Mickey Mouse selama hampir 20 tahun

Gak Lulus SMA, Ini 5 Fakta Walt Disney yang Jarang Diketahui Orangwoodsboroworld.com

Mickey Mouse adalah karakter ciptaan Walt Disney dan Ub Iwerks. Sebagai animator dari Disney, Iwerks lebih banyak bertanggung jawab untuk menggambar Mickey Mouse, sedangkan Disney lebih banyak menangani pembuatan cerita dan menjadi sutradara.

Selain itu, Disney juga menjadi pengisi suara Mickey Mouse dari 1928 hingga 1947. Seniman James MacDonald menggantikan peran Disney setelah itu, namun Disney masih beberapa kali mengisi suara Mickey untuk program TV The Mickey Mouse Club.

5. Memproduseri lebih dari 100 film

Gak Lulus SMA, Ini 5 Fakta Walt Disney yang Jarang Diketahui Orangpbs.org

Selama hidupnya, Disney membuat sangat banyak karya, termasuk di antaranya lebih dari 100 film. Sebagian besar di antaranya adalah film animasi, namun ada juga yang merupakan film live action.

Sejumlah film animasi ciptaannya yang terkenal adalah Pinocchio (1940), Dumbo (1941), Cinderella (1950), Alice in Wonderland (1951), Peter Pan (1953), dan Sleeping Beauty (1959). Disney adalah pemegang rekor peraih Academy Award terbanyak dengan memenangkan 22 Oscar dari 59 nominasi. Benar-benar legenda di dunia perfilman!

Itulah lima fakta tentang Walt Disney, si pelopor dan penggerak film animasi Amerika Serikat, bahkan dunia. Tanpanya, kita mungkin tidak akan bisa menikmati film-film terbaik produksi Walt Disney Studios. Jadi, bisa dibilang kita sangat berutang pada beliau. Setuju?

Baca Juga: Walt Disney Memilih Liu Yifei Jadi Pemeran Mulan. Apa ya Alasannya? 

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya