Comscore Tracker

Cantik, 7 Hewan Ini Memiliki Warna-warni Pelangi pada Tubuhnya 

Dari burung hingga kadal, semuanya tampak menakjubkan

Pelangi adalah fenomena alam yang disukai banyak orang karena keindahannya. Paduan warna-warni dari merah hingga biru memang bisa memanjakan mata kita. Makanya, kemunculan pelangi di langit setelah hujan biasanya jadi pemandangan yang menarik dan menghibur.

Namun, tahukah kamu bahwa keindahan pelangi gak hanya bisa muncul di langit? Beberapa hewan pun memiliki warna-warni serupa di tubuhnya, lho! Tujuh hewan berikut ini merupakan contohnya. Siap untuk takjub?

1. Rosella Timur

Cantik, 7 Hewan Ini Memiliki Warna-warni Pelangi pada Tubuhnya petguide.com

Cantik banget, ya, warna-warni burung ini! Rosella timur (Platycercus eximius) adalah burung keluarga parkit endemik Australia bagian tenggara dan Pulau Tasmania. Burung rosella sendiri terdiri dari beberapa spesies dan rosella timur adalah salah satu yang paling kaya warna.

Pada beberapa unggas, hanya si jantan yang memiliki warna bulu cantik. Namun, pada rosella timur, baik jantan maupun betinanya sama-sama berbulu warna-warni bak pelangi. Namun, laman Birds in Backyards menyebut bahwa warna si jantan biasanya lebih mencolok, sementara si betina kadang lebih pucat.

2. Junai Emas

Cantik, 7 Hewan Ini Memiliki Warna-warni Pelangi pada Tubuhnya mymodernmet.com

Burung lain yang memiliki warna pelangi di bulunya adalah junai emas (Caloenas nicobarica). Mereka termasuk jenis merpati, tapi memiliki penampilan yang lebih cantik dari merpati biasa. Bulunya memiliki warna dasar biru kehijauan, namun dihiasi pula dengan warna-warni lain, yaitu merah dan kuning.

Menurut laman My Modern Met, warna-warni tersebut terjadi karena burung ini gak memiliki predator alami di habitatnya yaitu Kepulauan Nikobar. Karena itu, mereka tidak perlu berkamuflase untuk menyembunyikan diri sehingga warna-warni pun muncul pada bulunya.

3. Cenderawasih Botak

Cantik, 7 Hewan Ini Memiliki Warna-warni Pelangi pada Tubuhnya hbw.com

Burung lain yang memiliki bulu berwarna pelangi adalah cenderawasih botak (Cicinnurus respublica). Warna merah, kuning, hijau, dan biru terdapat di tubuhnya. Uniknya, warna-warni itu tidak bercampur, tapi terpisah di masing-masing bagian tubuh, misalnya warna merah di punggung, hijau di dada, kuning di tengkuk, dan biru di kaki serta kepala.

Seperti pada spesies burung cenderawasih lainnya, penampilan yang cantik itu hanya dimiliki oleh burung jantan. Fungsinya tentu untuk menarik perhatian betina. Burung cantik ini pun adalah endemik Indonesia, lho, tepatnya di Pulau Batanta dan Waigeo di Kepulauan Raja Ampat, Papua.

Baca Juga: 5 Fakta tentang Oposum, Hewan Mamalia yang Dapat Berpura-pura Mati

4. Belalang Pelangi

Cantik, 7 Hewan Ini Memiliki Warna-warni Pelangi pada Tubuhnya ourbreathingplanet.com

Gak hanya burung, serangga pun ada yang tubuhnya berwarna-warni bak pelangi, salah satunya adalah belalang pelangi (Dactylotum bicolor). Karena warna-warninya yang unik, belalang ini sampai punya sebutan lain dalam bahasa inggris yaitu painted grasshopper alias belalang yang dicat!

Belalang pelangi memiliki paduan warna yang beragam. Umumnya, warna yang menonjol adalah merah dan kuning, tapi ada pula yang dihiasi warna biru, hijau, atau putih. Belalang unik ini terdapat di kawasan Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko bagian utara.

5. Ngengat Matahari Terbenam Madagascar

Cantik, 7 Hewan Ini Memiliki Warna-warni Pelangi pada Tubuhnya justfunfacts.com

Ngengat matahari terbenam madagascar (Chrysiridia rhipheus) disebut-sebut sebagai spesies ngengat tercantik di dunia dan alasannya mudah dipahami. Ngengat endemik Pulau Madagaskar ini punya warna-warni pelangi yang cantik pada sayapnya.

Warna-warni cantik dari ngengat ini juga cukup mudah diamati. Tidak seperti kebanyakan ngengat, mereka termasuk diurnal alias hewan yang aktif pada siang hari. Namun, warna-warni tersebut sebenarnya juga jadi peringatan bagi hewan lain untuk tidak coba-coba memangsa mereka karena ngengat ini termasuk hewan yang beracun.

6. Ikan Pelangi

Cantik, 7 Hewan Ini Memiliki Warna-warni Pelangi pada Tubuhnya ourmarinespecies.com

Ikan juga adalah jenis hewan yang kerap memiliki warna-warna cantik. Beberapa ikan bahkan dihiasi warna pelangi di tubuhnya, salah satunya ikan pelangi. Ikan pelangi adalah sebutan untuk ikan dari famili Melanotaeniidae. Mereka adalah ikan air tawar yang hidup di kawasan Australia, Papua Nugini, Indonesia, dan Madagaskar.

Meski bernama ikan pelangi, tidak semua spesies ikan ini memiliki warna-warni pelangi. Salah satu yang berwarna paling cantik adalah ikan pelangi boeseman (Melanotaenia boesemani) yang terdapat pada foto di atas. Karena warna cantiknya, ikan ini kerap dijadikan hewan peliharaan.

7. Iguana Laut

Cantik, 7 Hewan Ini Memiliki Warna-warni Pelangi pada Tubuhnya animalia.bio

Last but not least, ada iguana laut (Amblyrhynchus cristatus). Mereka adalah spesies iguana yang unik karena merupakan satu-satunya jenis kadal yang bisa berenang dan menyelam ke dalam laut. Mereka endemik Kepulauan Galapagos. Meski penampilannya cukup sangar, mereka sebenarnya adalah herbivor.

Warna asli iguana ini sebenarnya adalah hitam. Namun, pada saat musim kawin, warna mereka akan berubah menjadi warna-warni. Tujuannya tentu saja untuk menarik perhatian betina. Menurut laman Galapagos Conservation, iguana ini terdiri dari enam subspesies dan tiap subspesies memiliki warna-warni yang berbeda-beda saat musim kawin tiba.

Itulah tujuh spesies hewan yang memiliki warna-warni pelangi pada tubuhnya. Kalau menurut kamu, yang mana yang paling cantik?

Baca Juga: Mengenali Lingkungan dalam Gelap, 5 Hewan dengan Kemampuan Ekolokasi

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya