Comscore Tracker

8 Kucing Besar yang Hidup di Era Prasejarah, Besar dan Ganas!

Mereka adalah kerabat dari kucing besar zaman modern 

Kucing besar adalah jenis hewan yang selalu menarik untuk diamati. Jika kucing domestik bisa membuat kita jatuh cinta pada tampangnya yang imut, kucing besar bisa membuat kita takjub dengan kekuatan dan kehebatannya dalam berburu. Harimau, singa, dan jaguar adalah contoh kucing besar yang bisa membuat kita kagum.

Namun, jenis kucing besar yang pernah dikenal dunia sebenarnya jauh lebih banyak lagi. Di zaman prasejarah, berbagai macam kucing besar pernah hidup sebagai predator alfa di habitatnya. Yuk, berkenalan dengan delapan kucing besar di antaranya melalui ulasan berikut ini.

1. Smilodon

8 Kucing Besar yang Hidup di Era Prasejarah, Besar dan Ganas!eartharchives.org

Smilodon adalah salah satu jenis kucing prasejarah yang paling terkenal. Mereka umumnya dikenal sebagai kucing gigi pedang karena ciri khasnya berupa gigi taring yang panjang. Smilodon terdiri dari tiga spesies. Laman Britannica menyebut bahwa panjang gigi taring mereka yang mengerikan itu bisa mencapai panjang 20 cm!

Dengan giginya itu, Smilodon mampu mengunci tubuh mangsanya supaya tidak bisa kabur setelah ditangkap. Ukuran tubuh Smilodon sendiri kira-kira sama dengan ukuran singa afrika modern, namun mereka mempunyai kaki yang lebih pendek.

2. Homotherium

8 Kucing Besar yang Hidup di Era Prasejarah, Besar dan Ganas!thoughtco.com

Mirip dengan Smilodon, Homotherium juga kerap disebut kucing gigi pedang. Namun, mereka juga punya sebutan lain yang lebih spesifik, yaitu scimitar cat alias kucing gigi pedang lengkung karena bentuk giginya yang melengkung.

Laman Thought Co menyebut bahwa Homotherium punya fitur unik lain yang membedakan mereka dengan Smilodon, yaitu kaki depan yang lebih panjang dari kaki belakang. Itu membuat postur mereka lebih mirip hiena daripada singa. Kucing besar yang hidup hingga sekitar sepuluh ribu tahun lalu ini berukuran panjang sekitar 2,1 meter dan berat 226 kg.

3. Miracinonyx

8 Kucing Besar yang Hidup di Era Prasejarah, Besar dan Ganas!reddit.com

Berikutnya, ada Miracinonyx atau yang lebih umum dikenal sebagai citah amerika. Sesuai namanya, hewan ini hidup di kawasan Amerika Utara. Meski disebut citah, laman Prehistoric Wildlife menyebut bahwa bisa jadi mereka lebih dekat kekerabatannya dengan puma.

Makanya, ciri fisik yang dimiliki Miracinonyx tampak seperti gabungan antara citah dengan puma. Mereka mampu berlari sangat cepat, tapi bertubuh kuat seperti puma. Ukuran Miracinonyx sendiri diperkirakan tidak jauh berbeda dengan citah zaman modern.

4. Acinonyx pardinensis

8 Kucing Besar yang Hidup di Era Prasejarah, Besar dan Ganas!animal.memozee.com

Sementara, Acinonyx pardinensis juga sangat mirip dengan citah. Mereka bahkan tergabung dalam genus yang sama dengan citah modern (Acinonyx jubatus). Bedanya, Acinonyx pardinensis punya ukuran sekitar dua kali lebih besar. Makanya, mereka umumnya disebut citah raksasa.

Laman Prehistoric Wildlife menyebut bahwa panjang tubuh citah raksasa mencapai lebih dari 3 meter dari moncong hingga ke ekornya. Meski berukuran jauh lebih besar, secara penampilan dan ekologi, citah raksasa tidak jauh berbeda dengan citah modern.

Baca Juga: 8 Perilaku Ilmiah dari Hewan-hewan Ini Ternyata Dapat Menginspirasi

5. Panthera spelaea

8 Kucing Besar yang Hidup di Era Prasejarah, Besar dan Ganas!dinoanimals.com

Panthera spelaea lebih dikenal sebagai singa gua karena mereka hidup di gua. Mereka juga sangat mirip dengan singa modern, namun berukuran sedikit lebih besar. Panjang tubuhnya mencapai 2,1 meter, belum termasuk ekor, sedangkan berat maksimalnya 300 kg. Mereka hidup di kawasan Eropa hingga sekitar 12 ribu tahun lalu.

6. Panthera atrox

8 Kucing Besar yang Hidup di Era Prasejarah, Besar dan Ganas!dinoanimals.com

Meski lebih besar dari singa modern, ukuran Panthera spelaea masih kalah dari Panthera atrox alias singa amerika. Hewan ini disebut-sebut sebagai singa terbesar yang pernah hidup dengan panjang mencapai 3,5 meter hingga ke ekor, tinggi 1,2 meter, dan bobot hingga 350 kg.

Ukurannya yang luar biasa membuat singa amerika sanggup memangsa bahkan hewan sebesar bison dan mammoth muda di kawasan Amerika Utara hingga ke Selatan. Mereka hidup pada periode yang sama dengan Smilodon, namun singa amerika diperkirakan lebih unggul dalam hal kecerdasan.

7. Panthera zdanskyi

8 Kucing Besar yang Hidup di Era Prasejarah, Besar dan Ganas!dailymail.co.uk

Sementara, Panthera zdanskyi memiliki karakteristik yang lebih mirip dengan harimau. Makanya, mereka disebut sebagai harimau longdan. Live Science menyebut bahwa mereka adalah spesies harimau tertua, hidup sekitar 2 juta tahun lalu di kawasan yang sekarang dikenal sebagai Desa Longdan, di Gansu, Tiongkok.

Ukuran harimau longdan sendiri serupa dengan jaguar, yang artinya mereka sedikit lebih kecil dari harimau modern. Namun, tampilan mereka diperkirakan sangat mirip dengan harimau. Mangsa mereka pun serupa, yaitu hewan ungulata seperti rusa dan babi.

8. Dinictis nimravidae

8 Kucing Besar yang Hidup di Era Prasejarah, Besar dan Ganas!alchetron.com

Terakhir, ada Dinictis nimravidae, yang mendapat sebutan unik yaitu kucing gigi pedang palsu. Hewan ini memiliki ciri yang mirip dengan kucing gigi pedang lain yaitu gigi taring atas yang panjang. Namun, ukuran taringnya itu lebih kecil dibanding yang lain.

Ukuran tubuh hewan ini juga lebih kecil dibanding kucing gigi pedang lain. Panjangnya hanya sekitar 1,2 meter dan bobot hanya 50 kg. Laman Prehistoric Fauna menyebut bahwa penampilan dan cara hidup Dinictis nimravidae sangat mirip dengan leopard modern.

Itulah delapan contoh kucing besar yang hidup pada zaman prasejarah. Kalau menurutmu, yang mana yang paling menakjubkan?

Baca Juga: Pencinta Hewan? 7 Film Animasi Hewan Ini Wajib Kamu Tonton

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya