Comscore Tracker

5 Fakta Unik Fenomena Jamais Vu, Kebalikannya Deja Vu

Pernahkah kalian mengalami jamais vu? #INDTimesHype

Apakah kamu merasa pernah pergi ke suatu tempat yang jelas-jelas sudah pernah kalian datangi, tapi kemudian kamu merasa itu adalah pertama kalinya kamu datang ke tempat tersebut dan merasa asing dengan lingkungannya? Jika pernah, itu berarti kalian pernah mengalami jamais vu.

Untuk kalian yang menebak bahwa jamais vu berasal dari bahasa Perancis, maka selamat, kalian benar! Jamais vu sendiri berarti "tidak pernah melihat" dan sering dianggap sebagai kebalikan dari deja vu yang berarti "sudah pernah melihat".

Berikut adalah 5 fakta menarik fenomena ini. Yuk, kita bahas!

1. Jamais vu vs. vuja de, mana yang benar?

5 Fakta Unik Fenomena Jamais Vu, Kebalikannya Deja Vuilustrasi seseorang merasa kebingungan ketika mengalami jamais vu (pixabay/Robin Higgins)

Jamais vu merujuk pada istilah teknis psikologis yang mendeskripsikan fenomena dimana seseorang merasa sesuatu yang sebenarnya familiar sebagai sesuatu yang asing atau baru (Spector, 2011). 

Fenomena jamais vu ini juga sebenarnya tenar dengan nama "vuja de". Vuja de sendiri merupakan permainan kata dari deja vu yang pertama kali dicetuskan oleh komedian asal USA, George Carlin. Kemudian, Robert Sutton (Sutton, 2002), mengadopsi istilah ini dalam penelitiannya, dan kemudian kata Vuja de ini kembali digunakan dan didiskusikan lagi oleh Adam Grant dalam bukunya yang berjudul Originals (Grant, 2016).

Karena kedua istilah pada dasarnya memiliki makna yang sama, kalian bisa menggunakan keduanya dalam percakapan atau dalam penulisan. Jadi, kalian pilih yang mana?

2. Dijadikan judul lagu

https://www.youtube.com/embed/vBu179-5WHc

Mendengar kata jamais vu, mungkin akan membuatmu, terutama bila kamu termasuk bagian dari ARMY, teringat judul lagu grup BTS yang memiliki judul yang sama, bukan?

Lagu yang dikeluarkan dalam album Map of The Soul: Persona ini membuat fenomena jamais vu makin dikenal banyak orang sehingga makin banyak orang yang teredukasi mengenai fenomena neurologis ini.

Baca Juga: Billboard Anggap Peringkat Tangga Lagu BTS Dimanipulasi, ARMY Geram

3. Jamais vu cukup sering dialami

5 Fakta Unik Fenomena Jamais Vu, Kebalikannya Deja Vuilustrasi seseorang mengalami jamais vu (pixabay.com/RobinHiggins)

Meskipun tidak sebanyak fenomena deja vu, ada cukup banyak orang yang mengalami fenomena jamais vu ini. Menurut hasil penelitian Alan S. Brown dan Elizabeth J. Marsh dalam Psychology of Learning and Motivation (2010),  ada fenomena yang lebih umum dialami masyarakat terkait jamais vu, yaitu fenomena kebutaan kata. Survey pada Southern Methodist University menunjukkan bahwa 60% mahasiswa mengalami keadaan dimana kata yang familiar mendadak terlihat asing.

4. Penyebab jamais vu

5 Fakta Unik Fenomena Jamais Vu, Kebalikannya Deja Vuilustrasi anggota tubuh kepala (IDN Times/Mardya Shakti)

Pada umumnya, jamais vu dapat disebabkan oleh kelelahan otak. Namun, menurut dr. Eunike Kiki M. Sitompul ketika menjawab pertanyaan di situs alodokter.com, ada kalanya juga fenomena ini disebabkan oleh amnesia atau hilang ingatan, kejang epilepsi (gangguan sistem saraf karna pola aktivitas listrik otak yang abnormal), atau afasia (gangguan komunikasi karna kerusakan pada otak).

Eits, tapi wajib diingat, ya, jangan sembarangan mendiagnosa dirimu sendiri! Bila merasa khawatir, kunjungilah dokter dan sampaikan keluhanmu!

5. Eksperimen jamais vu

5 Fakta Unik Fenomena Jamais Vu, Kebalikannya Deja Vuilustrasi eksperimen (pixabay.com/geralt)

Dr. Chris Moulin yang berasal dari Universitas Leeds menguji fenomena jamais vu dengan meminta relawan menuliskan kata "door" 30 kali dalam 60 detik. Kemudian, pada bulan Juli 2006 di Konferensi Internasional ke-4 di Sydney, beliau mengungumkan hasil eksperimennya, yaitu 68% relawan menunjukkan tanda-tanda jamais vu seperti menganggap "door" adalah kata yang tidak benar- benar ada.

Jadi bagaimana, apakah kalian pernah mengalami jamais vu ini?

Baca Juga: Gejala Gegar Otak Tak Kunjung Pulih? Waspadai Sindrom Pasca Gegar Otak

Priscilla Miki Photo Writer Priscilla Miki

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya