5 Sampel yang Diambil di Luar Angkasa untuk Diteliti di Bumi

Beberapa robot misi luar angkasa diutus balik membawa sampel

Pada perjalanannya, saintis sudah berhadapan dengan banyak misteri alam semesta. Beberapa di antaranya berada di Tata Surya kita ini. Bahkan ada yang cukup dekat dengan sehingga ilmuwan bisa mengirim robot untuk menelitinya lebih lanjut.

Semua robot atau wahana misi tersebut ada yang singgah dan ada juga yang menetap di planet yang mereka teliti. Namun beberapa dari yang sudah dikirim, ada yang memiliki tugas kembali ke Bumi dengan membawa pulang oleh-oleh material, mulai dari aerogel sampai kerikil.

1. Ratusan kilogram batuan Bulan dibawa pulang selama program Apollo

5 Sampel yang Diambil di Luar Angkasa untuk Diteliti di Bumifoto salah satu astronaut Apollo, Buzz Aldrin melakukan eksperimen di Bulan (dok. NASA)

Misi pendaratan Apollo jelas adalah proyek sains terbesar manusia. Untuk Apollo 11 saja--yang mendaratkan manusia ke Bulan pertama kali--dibutuhkan 400 ribu tenaga manusia, dan uang senilai Rp2,1 ribu triliun.

Kesampingkan tujuan ego politis perang dinginnya, Apollo membawa kemajuan teknologi dan sains yang masif. Peneliti dapat meneliti bulan, langsung dari batuan yang dibawa astronaut Apollo. Sepanjang misi Apollo, dari Apollo 11 hingga 17, total ada sekitar 382 kilogram batuan Bulan yang dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk diteliti lebih lanjut.

2. Masa lalu Tata Surya diungkap dengan sampel komet yang dibawa Stardust

5 Sampel yang Diambil di Luar Angkasa untuk Diteliti di Bumifoto sampel aerogel komet Wild-2 yang diambil oleh wahana Stardust (nasa.gov)

Sudah dari lama peneliti berspekulasi bahwa komet membawa material organik yang krusial untuk terbentuknya kehidupan purba di Bumi miliaran tahun lalu. Komet sudah ada sejak awal-awal Tata Surya terbentuk. Oleh karena itu, peneliti yakin bahwa komet adalah artefak yang dapat memberi petunjuk tata surya purba.

NASA meluncurkan wahana Stardust pada tahun 1999 yang misinya adalah mengambil sampel dari debu aerogel komet Wild-2 pada tahun 2004. Sampel diambil dengan kolektor pada jarak 236 kilometer dari komet dan berhasil dibawa kembali ke Bumi tahun 2006.

Salah satu penemuan menarik dari misi ini adalah ditemukannya asam amino glisin. Asam amino adalah molekul organik yang dibutuhkan makhluk hidup untuk membentuk protein dalam tubuh. Penemuan ini menguatkan hipotesis peneliti bahwa komet ikut andil dalam pembentukan kehidupan di Bumi purba miliaran tahun yang lalu.

3. Hayabusa milik Jepang adalah wahana pertama membawa pulang sampel asteroid

5 Sampel yang Diambil di Luar Angkasa untuk Diteliti di Bumiilustrasi wahana Hayabisa mengambil sampel di asteroid 25143 Itokawa pada tahun 2005 (dok. NASA

Pernah mendengar istilah penambangan asteroid atau asteroid mining? Ada yang mengatakan bahwa asteroid di luar angkasa kaya akan logam langka mulai dari emas sampai platinum.

Walau pada praktiknya, belum ada rencana penambangan asteroid secara masif, beberapa lembaga luar angkasa sudah melakukan astreroid mining skala kecil. Tujuannya adalah meneliti batuan tersebut langsung dari kimiawi material penyusunnya. JAXA, lembaga luar angkasa dari Jepang, sudah pernah meluncurkan robot untuk mengambil sampel sejak dekade lalu.

JAXA meluncurkan wahana Hayabusa pada tahun 2003 untuk mengambil sampel batuan dari Asteroid 25143 Itokawa. Wahana tersebut sampai di asteroid pada tahun 2005 dan sukses mengantarkan sampel ke Bumi tahun 2010. Progam Hayabusa memiliki sekuel, yaitu Hayabusa2. Ia ditugaskan untuk mengambil sampel Asteroid 162173 Ryugu dan sampelnya berhasil mendarat di Bumi pada Desember 2020.