Ilmuwan Temukan Fosil Mamalia Dalam Perut Dinosaurus

Ditemukan dalam fosil Microraptor berusia 120 juta tahun

Kehidupan pada masa prasejarah menyimpan banyak misteri. Dengan segala temuan yang ada hingga saat ini, masih banyak hal yang belum diketahui oleh para ilmuwan tentang kehidupan pada masa prasejarah

Fosil menjadi salah satu objek utama yang bisa memberikan pengetahuan tentang kehidupan masa lalu. Baru-baru ini, para ilmuwan menemukan fosil binatang yang terawetkan di dalam perut Microraptor.

1. Fosil binatang seukuran kucing ditemukan di dalam fosil Microraptor berusia 120 juta tahun

Ilmuwan Temukan Fosil Mamalia Dalam Perut Dinosaurus ilustrasi fosil Microraptor (commons.wikimedia.org)

Temuan yang dipublikasikan dalam Journal of Vertebrate Paleontology menyebutkan bahwa binatang seukuran kucing telah ditemukan dalam fosil Microraptor berusia 120 juta tahun.

Meskipun fosil tersebut pertama kali dideskripsikan pada tahun 2000, ternyata ia menyembunyikan rahasia yang menarik dan bersejarah. analisis ulang terhadap fosil tersebut menemukan tulang kaki mamalia di dalam tulang rusuk raptor. Ini menjadi bukti pertama bahwa dinosaurus ini memakan mamalia.

Analasis ini didasarkan pada penelitian sebelumnya terhadap fosil Microraptor zhaoianus, yang ditemukan di Formasi Jiufotang di Cina Barat. Fosil tersebut kehilangan bagian tengah tubuhnya dengan tulang rusuk yang terlihat. Di dalamnya, tulang kaki kanan kecil, berukuran kurang dari setengah inci, terawetkan dengan sempurna.

2. Memberikan gambaran yang lebih jelas tentang pola makan Microraptor

Ilmuwan Temukan Fosil Mamalia Dalam Perut Dinosaurus ilustrasi Microraptor (commons.wikimedia.org)

Microraptor adalah dinosaurus karnivora berjari tiga yang menghuni pepohonan di Bumi purba. Mereka merupakan salah satu dinosaurus terkecil yang pernah ditemukan. Makanan yang dimakan oleh Microraptor biasanya tidak menghasilkan sisa-sisa fosil yang terawetkan dengan baik.

Makanan yang mereka konsumsi kebanyakan menyisakan sedikit sisa makanan karena proses pencernaan. Namun, dengan temuan ini, para ilmuwan memiliki gambaran yang lebih luas tentang pola makan Microraptor.

Fosil hewan lain, seperti burung, ikan, dan squamate telah ditemukan sebelumnya di dalam perut Microraptor.