5 Bintang Terbesar di Jagat Raya, Bukan Matahari!

Ukurannya berkali lipat dari matahari

Bintang merupakan benda langit yang memancarkan cahaya. Bintang terbentuk dari gumpalan gas dan debu. Bintang juga merupakan objek astronomis yang terdiri dari gumpalan zat bercahaya yang menyatu karena gravitasinya sendiri.

Di saat langit malam sedang cerah, bintang akan terlihat bertaburan. Pada pandangan mata, mungkin jumlah bintang hanya ribuan namun sebenarnya ada miliaran bintang di alam semesta.

Bintang yang paling dekat dengan bumi adalah matahari. Jaraknya sekitar 150 juta kilometer dari bumi dan diameternya 12.000 kali lebih besar dari bumi. Matahari memang sangatlah besar.

Namun matahari bukan bintang terbesar yang ada di jagat raya. Ada bintang lain yang lebih besar yang ukurannya bisa puluhan, ratusan bahkan ribuan kali dari matahari.

Manusia telah menemukan banyak benda di angkasa raya, namun ada lima bintang terbesar yang pernah ditemukan sejauh ini.

1. UY Scuti

5 Bintang Terbesar di Jagat Raya, Bukan Matahari!busy.org

UY Scuti merupakan bintang merah yang masuk golongan bintang supergiant atau hypergiant. UY Scuti terletak di konstelasi scutum dan merupakan bintang paling besar yang pernah diketahui.

Sulit untuk menentukan ukuran pasti UY Scuti namun diperkirakan diameternya mencapai 2,365 miliar km. Sementara itu diameter matahari 1,392 juta km. Itu artinya diameter UY Scuti 1700 kali lebih besar dari matahari. Bisa dibayangkan berapa besarnya.

Jika matahari diibaratkan dengan sebuah kelereng, maka UY Scuti besarnya seperti sebuah gedung museum yang besar. Apabila UY Scuti menggantikan matahari sebagai pusat tata surya maka bumi akan tenggelam ke dalamnya.

2. VY Canis Majoris

5 Bintang Terbesar di Jagat Raya, Bukan Matahari!seriousfacts.com

VY Canis Majoris juga merupakan bintang merah golongan supergiant. Bintang ini berada pada rasi Canis Major. VY Canis Majoris memiliki diameter 1,976 miliar km. Itu artinya diameter bintang ini lebih besar 1500 kali dari diameter matahari.

Jarak bintang ini sekitar 4000 tahun cahaya dari bumi. Jika VY Canis Majoris diumpamakan dengan bola futsal maka UY Scuti lebih besar sedikit dari bola basket.

Baca Juga: 7 Bintang Paling Terang di Luar Angkasa, Bukan Matahari Lho!

3. VV Cephei

5 Bintang Terbesar di Jagat Raya, Bukan Matahari!outer-and-interstellar-space.fandom.com

VV Cephei adalah bintang merah besar golongan supergiant. Bintang super besar ini terletak di rasi bintang Cepheus. Sekali lagi, ukuran bintang ini tidak dapat dipastikan ukurannya karena letaknya yang jauh dan bentuknya yang tak bulat sempurna.

Namun VV Cephei diperkirakan memiliki diameter 1,38 miliar kilometer. Bintang ini lebih kecil dari VY Cavis Majoris. Bintang raksasa yang satu itu ini bisa dilihat dengan mata telanjang jika keadaan langit malam tak berawan dan tak ada sinar bulan. Bintang ini pernah menjadi bintang terbesar namun pada tahun 2010 VY Cavis Majoris menggeser posisinya.

4. Mu Cephei

5 Bintang Terbesar di Jagat Raya, Bukan Matahari!thoughtco.com

Sir William Herschel melakukan observasi terhadap Mu Cephei pada tahun 1783. Ia mengatakan warna Mu Cephei seperti warna batu garnet, salah satu batu mulia berwarna merah tua. Bintang ini juga disebut sebagai bintang Herschel's Garnet sebagai tanda penghormatan pada Sir William Herschel.

Bintang ini memiliki diameter yang tidak jauh berbeda dengan VV Cephei yakni 1,15 miliar kilometer. Bintang ini terletak di bagian utara rasi bintang Chepeus.

5. Betelgeuse

5 Bintang Terbesar di Jagat Raya, Bukan Matahari!independent.ie

Urutan selanjutnya jajaran bintang raksasa adalah Betelgeuse. Bintang ini juga merupakan bintang merah golongan supergiant. Selain masuk deretan bintang raksasa terbesar, bintang ini juga masuk urutan bintang paling terang, beberapa tingkat di bawah Sirius.

Diameter Betelgeuse sekitar 820 juta kilometer. Betelgeuse berada pada konstelasi Orion. Suhu di permukaan bintang ini diperkirakan mencapai 3600 Kelvin.

Sejauh ini itulah lima urutan bintang terbesar di jagat raya. Sangat besar bukan? Matahari saja jauh lebih kecil dibanding bintang-bintang itu apalagi bumi.