Comscore Tracker

5 Kesalahan saat Memberi Makan Burung, Kicau Mania Wajib Tahu!

Kalau diteruskan bisa membahayakan kesehatan burung, lho

Beberapa burung liar, contohnya kenari, kardinal, dan robin menjadi hiburan tersendiri bagi para pecinta burung. Mereka sangat menyenangkan untuk diperhatikan, terutama bagi kamu pemilik halaman rumah yang asri. 

Salah satu cara untuk menarik perhatian mereka adalah dengan memberikan makanan. Namun, ada beberapa kesalahan umum ketika memberikan makanan kepada burung yang perlu kamu tahu, lho!.

Jangan abaikan hal ini, karena kesalahan tersebut bisa menyakiti, bahkan membunuh burung tersebut. Lantas apa saja kesalahan tersebut? Langsung simak ulasannya berikut ini, yuk!

1. Menggunakan makanan burung dengan kualitas rendah

5 Kesalahan saat Memberi Makan Burung, Kicau Mania Wajib Tahu!ilustrasi biji-bijian makanan burung (pixabay.com/GeorgeB2)

Membeli biji-bijian yang murah ternyata dapat menimbulkan masalah serius pada burung, lho. Tak jarang makanan berkualitas rendah itu mengandung filler yang tidak dimakan oleh burung.

Alhasil, filler akan jatuh ke tanah dan dapat menarik perhatian binatang darat yang bisa menganggu burung. Bukan hanya itu, makanan berkualitas rendah dinilai malah lebih boros karena burung kurang menyukainya dan justru kita akan lebih sering membuangnya. Malah jadi rugi, kan? 

2. Memberi roti pada burung

5 Kesalahan saat Memberi Makan Burung, Kicau Mania Wajib Tahu!ilustrasi burung makan roti (pixabay.com/GAIMARD)

Memang betul roti terbuat dari biji-bijian yang merupakan makanan burung. Akan tetapi, biskuit, sereal, donat, dan berbagai produk roti olahan tergolong sampah bagi burung liar.

Produk-produk tersebut tidak memberikan nutrisi yang cukup untuk semua jenis burung. Jadi, meski burung terlihat lahap memakan roti, sebaiknya kamu tidak pernah memberikannya lagi, ya. 

Baca Juga: Ada Burung Kucing, 5 Jenis Burung yang Dinamai Berdasarkan Hewan Lain

3. Memakai pestisida berbahaya untuk mengusir serangga

5 Kesalahan saat Memberi Makan Burung, Kicau Mania Wajib Tahu!ilustrasi burung makan serangga (pixabay.com/sandid)

Paparan pestisida berbahaya itu tidak hanya membunuh serangga, tapi juga burung, lho. Serangga berpestisida bisa saja termakan oleh burung. Hal ini bisa menyebabkan kemampuan dalam menghindari predator dan menjaga berat badan burung jadi terganggu. 

Tahukah kamu kalau burung adalah predator alami dari serangga? Dilansir laman Smithsonian's National Zoo and Conservation Biology Institute, burung mempunyai peranan penting dalam mengurangi dan mempertahankan rendahnya populasi serangga. Bahkan, beberapa spesies burung juga efektif mengurangi ulat dan hama penganggu lainnya, lho. 

Jadi, daripada membunuh serangga dengan pestisida berbahaya, lebih baik manfaatkan burung sebagai predator alami. Setuju, gak, nih? 

4. Hanya memakai satu tempat makan saja

5 Kesalahan saat Memberi Makan Burung, Kicau Mania Wajib Tahu!ilustrasi stellers jay (pexels.com/Frank Cone)

Burung mempunyai pola makan yang berbeda dan setiap spesies menyukai gaya diberi makan yang berbeda pula. Ada burung yang suka makanan yang ditaruh dalam nampan, ada juga yang harus di tempatkan dalam wadah untuk bertengger.

Untuk memaksimalkan makanan burung, sangat penting kamu selalu menggunakan tempat makan yang berbeda untuk berbagai jenis burung. Cobalah jaring kaus kaki untuk goldfinches, nectar feeder untuk burung kolibri, dan masih banyak lagi. 

5. Tidak rutin membersihkan tempat makan burung

5 Kesalahan saat Memberi Makan Burung, Kicau Mania Wajib Tahu!ilustrasi tempat makan burung (pixabay.com/GeorgeB2)

Kamu perlu membersihkan tempat makan burung paling tidak sekali dalam dua minggu. Saat lembap, jamur dan bakteri akan sangat mudah berkembang sehingga kamu perlu membersihkan tempat makan mereka setidaknya seminggu sekali.

Agar benar-benar bersih, sebaiknya cuci tempat makan dengan sabun dan air panas. Setelah itu, bilaslah dengan air bersih dan keringkan dengan lap bersih, ya. 

So, penting untuk menjaga makanan burung agar tetap bersih dan terlindungi, ya. Selain itu, selalu siapkan makanan yang bergizi agar burung jadi betah berlama-lama di kebunmu. Semoga bermanfaat! 

Baca Juga: 5 Manfaat Mendengarkan Musik bagi Hewan Peliharaan

IamLathiva Photo Verified Writer IamLathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya