Comscore Tracker

5 Tanaman yang Dicintai Kucing Ini Bisa Jadi Obat Herbal, lho 

Pencinta kucing wajib tau nih

Tak sedikit pencinta tanaman yang menjauhkan tanaman dari hewan peliharaan, seperti kucing atau anjing, karena takut termakan oleh mereka. Ya, memang beberapa tanaman hias yang disukai oleh manusia justru menjadi racun untuk kucing.

Namun, tenang, sebenarnya ada kok beberapa tanaman yang aman bagi kucing, bahkan bisa jadi obat herbal bagi mereka. Berikut lima tanaman tersebut yang dilansir I Heart Cats dan Cat Health.

1. Catnip

5 Tanaman yang Dicintai Kucing Ini Bisa Jadi Obat Herbal, lho smithsonianmag.com

Bagi pencinta kucing, mungkin sudah tahu jika tanaman yang satu ini memang sangat disukai oleh kucing. Tanaman ini banyak di Eropa, Asia, dan Afrika, kemudian dibawa ke Amerika Serikat oleh penjajah Eropa. Catnip sendiri sudah digunakan oleh manusia untuk mengatasi rasa mual dan memberikan rasa tenang selama berabad-abad

Hal yang sama pun dirasakan oleh kucing terhadap tanaman ini. Dijelaskan oleh Pet Web MD, aroma dari catnip membuat kucing kecanduan. Setidaknya, satu dari dua kucing sangat peka terhadap aromanya. Hanya saja, kepekaan itu hanya terjadi pada kucing di atas 6 bulan.

Kandungan kimia nepetalakton daun, batang, biji, dan akar catnip inilah yang membuat kucing amat menyukai aromanya. Tak jarang, kucing akan menjilati, menggulung, hingga mengunyah catnip jika sudah merasakan euforianya. Walaupun intens, kecanduan ini hanya berlangsung 10 menit saja. Reaksi catnip pada kucing akan kembali terjadi setelah jeda 2 jam.

2. Rumput gandum 

5 Tanaman yang Dicintai Kucing Ini Bisa Jadi Obat Herbal, lho greenearthpetfood.com

Rupanya, bukan hanya bagus untuk bahan makanan diet manusia, nyatanya rumput gandum ini juga menyediakan sumber serat yang baik untuk pencernaan kucing. Mengonsumsi rumput gandum ini terbukti bisa menghilangkan zat yang sulit dicerna oleh tubuh setelah mengonsumsinya, contohnya bola-bola bulu kucing.

Baca Juga: 5 Tanaman yang Tidak Disukai Kucing, Bikin Kucing Enggan Mendekat

3. Sereh

5 Tanaman yang Dicintai Kucing Ini Bisa Jadi Obat Herbal, lho authenticapets.com

Aromanya yang segar membuat sereh sering digunakan sebagai penyedap dalam berbagai hidangan. Ternyata, aroma ini juga disukai oleh kucing, lho. Namun, ingat, sereh hanyalah camilan bagi kucing. Jadi, berikan sereh hanya dalam jumlah yang cukup saja ya. Oh, ya, kita juga bisa memanfaatkan sereh untuk mengusir serangga. Karena itu, tak ada salahnya kamu menanam sereh di rumah.

4. Peterseli

5 Tanaman yang Dicintai Kucing Ini Bisa Jadi Obat Herbal, lho youtube.com/callisimusadolphsimplicius

Kandungan nutrisi dalam peterseli, seperti beta-karotena, kalium, vitamin A, B, C, dan K, sangat baik untuk manusia maupun kucing. Sesuai laman Red Barn, vitamin C diketahui dapat meningkatkan sistem imunitas pada kucing; vitamin A sangat penting juga untuk menjaga kekebalan dan penglihatannya; sedangkan vitamin K sendiri juga dapat menjaga kesehatan sistem pembekuan darah dan meningkatkan kesehatan hati si meong.

Peterseli juga mempunyai kandungan asam folat dan antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan ginjal, lho. Jadi, bisa dibilang, peterseli ini superfood bagi kucing!

5. Rosemary

5 Tanaman yang Dicintai Kucing Ini Bisa Jadi Obat Herbal, lho cattime.com

Jika manusia memanfaatkan rosemary sebagai penyedap masakan, kucing memanfaatkannya sebagai pengusir kutu alami. Ya, kucing suka sekali menggosok-gosokkan kulitnya pada batang rosemary supaya kutu-kutu dalam bulu tubuhnya keluar.

Tuh, kan, ternyata ada beberapa tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal bagi kucing. Gak usah ragu untuk merawat tanaman ini di tamanmu, ya. Tanaman ini pun sangat mudah dipelihara, lho. Oh, ya, dari daftar di atas, adakah tanaman yang jadi favoritmu?

Baca Juga: 5 Manfaat Sterilisasi pada Kucing, Bikin Kucing Hidup Sejahtera!

Iam_Lathiva Photo Verified Writer Iam_Lathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share. IG: iam_lathiva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya