5 Hal Unik dan Ngeri dari Planet Mars yang Tak Akan Ditemui di Bumi

Planet Mars memang menyimpan kisahnya tersendiri

Berbicara mengenai tata surya beserta isinya memang seakan tak pernah ada habisnya. Hal ini karena memang tata surya berisikan banyak sekali benda langit, mulai dari planet, bintang, asteroid, hingga lainnya. Sama halnya seperti bumi yang menjadi rumah bagi manusia, nyatanya ada beberapa planet lain yang juga masih termasuk 'tetangga'.

Salah satunya yang populer adalah Mars. Mars adalah planet terdekat keempat dari Matahari setelah Bumi. Ciri khas dari planet ini adalah warna oranye yang kemudian diidentikan dengan kesan gersang. Meski demikian, ternyata planet ini menyimpan banyak hal menarik untuk diketahui. Bahkan beberapa hal unik dan ngeri dari planet Mars yang tak akan ditemukan di Bumi.

1. Gunung paling tinggi di tata surya

5 Hal Unik dan Ngeri dari Planet Mars yang Tak Akan Ditemui di BumiGunung Olympus Mons (scienceabc.com)

Keberadaan gunung ternyata bukan hanya terbatas di Bumi saja, lho. Hal ini karena planet-planet lain seperti Mars juga memiliki gunung yang bahkan masih aktif hingga kini. Uniknya lagi, gunung yang ada di Mars ini justru dinobatkan sebagai gunung volkano tertinggi yang ada di tata surya.

Melansir Space.com, gunung yang bernama Olympus Mons ini memiliki tinggi sekitar 16 mil atau jika dikonversikan sekitar lebih dari 25 kilometer. Jika dianalogikan untuk mempermudah dalam membayangkannya, maka dibutuhkan 2.5 Gunung Everest untuk bisa mencapai ketinggian dari Gunung Olympus Mons. Tentu inilah yang kemudian membuat gunung asal Mars tersebut dijuluki sebagai gunung berapi tertinggi di tata surya.

2. Orbit waktu yang terasa sangat lama

5 Hal Unik dan Ngeri dari Planet Mars yang Tak Akan Ditemui di Bumiilustrasi Mars (unsplash.com/@planetvolumes)

Ada perbedaan yang sangat mencolok dalam urusan waktu jika manusia menempati Mars. Hal ini tentunya tidak akan ditemukan di Bumi, sebab kedua planet ini memiliki jangka waktu orbit yang berbeda-beda. Tentu ini berkaitan dengan durasi rotasi dan revolusi yang dimiliki oleh kedua planet tersebut.

Mengutip NASA, sebagai planet keempat yang memiliki jarak sekitar 225 juta kilometer dari Matahari, Mars baru akan menyelesaikan rotasinya selama 24.6 jam atau lebih detailnya selama 24 jam, 39 menit, dan 35,244 detik. Rotasi tersebut juga ternyata sejalan dengan durasi revolusinya yang bahkan dapat dikatakan hampir dua kalinya Bumi, sebab mencapai 687 hari. Dengan durasi tersebut maka satu tahun di Mars rasanya seperti dua tahun di Bumi.