Lonjong dan Bercincin, Ini 9 Fakta Menarik Planet Katai Haumea EL61

Penuh misteri

Selain Makemake, Pluto dan Eris, planet katai lainnya yang terletak di sabuk Kuiper adalah Haumea. Dengan ukuran dan bentuk planet Haumea yang kerdil, lonjong juga bercincin, berikut ini adalah beberapa fakta menarik dari dwarf planet Haumea.

1. Ditemukan pada tahun 2004

Lonjong dan Bercincin, Ini 9 Fakta Menarik Planet Katai Haumea EL61celestia.space

Haumea pertama kali ditemukan pada tahun 2004 oleh tim astronom Mike Brown di Observatorium Palomar, Amerika Serikat. Namun, pada 27 Juli 2005 tim astronom di Observatorium Sierra Nevada di Spanyol-lah yang baru pertama kali melaporkan penemuannya ke Minor Planet Center of Astronomical Union International. Oleh karenanya, siapa penemu planet lonjong ini masih jadi perdebatan hingga saat ini.

2. Haumea dulu bernama Santa

Lonjong dan Bercincin, Ini 9 Fakta Menarik Planet Katai Haumea EL61spaceart.photoshelter.com

Sebelum mendapatkan nama resmi, Haumea sempat diberi nama "Santa" oleh Mike Brown, karena ditemukan setelah hari Natal (28 Desember).

Kemudian diganti menjadi Haumea sesuai dengan aturan penamaan Astronomical Union International yang harus diambil dari mitologi. Karena Haumea ditemukan di Observatorium Keck, Mauna Kea, Hawaii maka para astronom Caltech menamai planet 2003 EL61 ini Haumea. Dalam mitologi Hawaii, Haumea adalah dewi kesuburan dan kelahiran anak.

3. Terletak di sabuk kuiper

Lonjong dan Bercincin, Ini 9 Fakta Menarik Planet Katai Haumea EL61universetoday.com

Planet katai Haumea terletak di sabuk Kuiper, yang letaknya lebih jauh dari orbit Neptunus atau 30 - 50 AU dari matahari.

Jaraknya yang sangat jauh ini membuat para astronom sangat sulit mempelajari Haumea karena objek angkasa yang terletak sabuk kuiper ukurannya kecil dan tingkat kecerahannya rendah sehingga perlu cahaya tambahan dan teleskop terbesar dengan teknik tertentu seperti okultisme bintang untuk dapat melihatnya.

4. Ukurannya sepertiga Pluto

Lonjong dan Bercincin, Ini 9 Fakta Menarik Planet Katai Haumea EL61youtube.com/CAUTEC UTFPR

Dari hasil pengamatan pada tahun 2005, Haumea memiliki ukuran sepertiga Pluto dengan diameter 1.960 km pada axis terpanjang dan 996 km di axis terpendek.  Namun, untuk tingkat massa dan kepadatan, para astronom masih kesulitan mengukur Haumea karena jaraknya yang jauh dari Bumi dan objeknya yang kecil.

5. Memiliki 2 satelit

Lonjong dan Bercincin, Ini 9 Fakta Menarik Planet Katai Haumea EL61solarsystem.nasa.gov

Haumea mempunyai dua satelit alam yang bernama Hi'iaka dan Namaka. Satelit terbesar Haumea, Hi'iaka, sekali mengorbit Haumea membutuhkan waktu 49 hari sedangkan Namaka membutuhkan waktu 18 hari.

Dengan jaraknya yang jauh dari matahari, kedua satelit Haumea ini memiliki struktur yang didominasi oleh es. Sedangkan Haumea sendiri didominasi oleh bebatuan yang ditutupi oleh lapisan tipis es dengan suhu planet mencapai -50 Kelvin.