Comscore Tracker

Suhu Ruangan Berpengaruh Pada Produktivitas Kerja Lho, Ini Faktanya!

Ternyata wanita bekerja lebih baik pad suhu ruangan hangat

Berbicara mengenai atmosfer dalam kantor, selain pencahayaan, tata letak, suhu ruangan juga menjadi faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja. Banyak di antara kamu mungkin merasa suhu ruangan sangat dingin, sedangkan teman kerja kamu merasa suhu ruangan normal-normal saja.

Sebenarnya hal tersebut sangat wajar terjadi, setiap individu khususnya antara wanita dan pria memiliki preferensi yang berbeda dalam merespon suhu ruangan. Namun agar semua karyawan bisa produktif secara optimal, berapa sih kira-kira suhu ruangan yang sesuai?

1. Suhu tubuh pria lebih tinggi dari wanita

Suhu Ruangan Berpengaruh Pada Produktivitas Kerja Lho, Ini Faktanya!pexels.com/Helena Lopes

Ini menjelaskan kepada kamu khususnya wanita, mengapa kamu cenderung merasa kalau suhu ruangan di kantor dingin, sedangkan teman kerja pria mengatakan sebaliknya.

Dilansir dari insider.com, diketahui bahwa suhu tubuh pria sedikit lebih tinggi dari wanita. Itulah kenapa sebagian besar gedung perkantoran yang memiliki pendingin ruangan sentral, mengatur suhu ruangan berdasarkan studi tersebut.

2. Wanita bekerja optimal pada suhu ruangan hangat

Suhu Ruangan Berpengaruh Pada Produktivitas Kerja Lho, Ini Faktanya!pexels.com/Bruce Mars

Dilansir dari studi yang dilakukan oleh Chang dan Agne Kajackaite dari Pusat Ilmu Sosial WZB Berlin di Jerman, ditemukan jika wanita dapat mengerjakan persoalan matematika dan verbal lebih baik ketika suhu ruangan hangat.

Sedangkan efek penurunan kerja pada pria di suhu hangat terlihat meski tidak terlalu signifikan. Ini bisa jadi penjelas kenapa terkadang wanita cenderung memakai jaket, syal atau pakaian rangkap saat bekerja di kantor.

Baca Juga: 8 Ide Desain Ruang Kerja di Rumah Agar Kamu Lebih Produktif

3. Perubahan suhu gak harus ekstrem, kok!

Suhu Ruangan Berpengaruh Pada Produktivitas Kerja Lho, Ini Faktanya!unsplash.com/@brookecagle

Meski hasil studi Chang ditemukan jika wanita bekerja lebih baik pada suhu hangat, namun Chang juga menambahkan jika mungkin saja para wanita mengeluarkan upaya lebih untuk menjawab tes yang diberikan. Jadi tidak diperlukan peningkatan atau penurunan suhu yang ekstrim untuk membuat karyawan bekerja secara optimal.

Pada kisaran suhu normal antara 60 sampai 75 Fahrenheit cukup membantu untuk memberikan efek nyata. Suhu ruangan yang dipercaya paling baik adalah di kisaran 24 derajat Celsius.

Buat kamu para pekerja atau khususnya kamu yang memiliki bisnis, sekarang kamu tahu suhu ruangan yang ideal untuk ruangan mu agar seluruh orang merasa nyaman saat bekerja.

"...jika kamu hanya peduli tentang uang, atau kinerja pekerja kamu, kamu mungkin akan mengatur ulang suhu di gedung kantor," begitu kata Chang.

Baca Juga: 8 Tips Menata Ruang Belajar Ala Tutor di KDrama SKY Castle

Terra Esa Photo Community Writer Terra Esa

Penikmat sego babat meski akhirnya berujung sakit tenggorokan. Karena hidup adalah tantangan!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You