Comscore Tracker

9 Hewan dengan Predikat Ayah Terbaik di Seluruh Dunia, Bikin Terenyuh!

Mana jagoanmu?

Tak hanya ibu, ayah pun punya andil jasa yang besar pada anak-anaknya. Hewan pun punya sosok ayah-ayah tangguh yang membuat anak-anaknya bisa bertahan dari kerasnya hidup dan kepunahan. Dilansir dari Natural Habitat Adventures dan World Wildlife Fund, berikut beberapa yang paling bikin terenyuh di antaranya!

1. Singa tangguh dalam melindungi 30 lebih singa betina dan anak-anaknya

9 Hewan dengan Predikat Ayah Terbaik di Seluruh Dunia, Bikin Terenyuh!dailywildlifephoto.nathab.com

Singa jantan punya reputasi agak buruk karena terlihat bersantai saat para betinanya mencari makan. Tak hanya itu, ia pun selalu dapat potongan daging terbaik sebelum pasangan dan anak-anaknya makan.

Namun, jika bicara tentang teritorial dan ancaman bahaya, singa jantan bisa jadi ganas. Dia bisa melindungi lebih dari 30 singa betina dan anak-anaknya saat merasa terancam.

2. Gorila bertanggung jawab menemukan makanan untuk kelompoknya yang berjumlah lebih dari 30 gorila

9 Hewan dengan Predikat Ayah Terbaik di Seluruh Dunia, Bikin Terenyuh!pixels.com

Gorila jantan perlu memberi makan setiap gorila 22 kg per harinya. Dia pun akan mempersilakan betinanya untuk makan dulu sebelum anak-anaknya.

Ayah gorila pun akan menemani anak-anaknya hingga beranjak remaja. Ayah gorila pun penuh kasih sayang dan sering melerai jika ada yang bertengkar.

3. Rubah merah bermain dan berburu untuk anak-anaknya

9 Hewan dengan Predikat Ayah Terbaik di Seluruh Dunia, Bikin Terenyuh!nanpa.org

Ayah rubah merah senang bermain bersama anak-anaknya. Selain itu, ia pun rajin berburu dan mengirimkan makanan ke sarang untuk anak-anak dan pasangannya. Bahkan, saat anak-anaknya tumbuh dewasa, ayah rubah merah mengubur makanan di dekat sarang untuk mengajari mereka mengendus dan mencari makanan.

4. Anjing liar afrika mengunyahkan makanan untuk anak-anaknya

9 Hewan dengan Predikat Ayah Terbaik di Seluruh Dunia, Bikin Terenyuh!burrard-lucas.com

Anak anjing liar afrika sangat aktif sehingga mengeluarkan banyak kalori. Namun, mereka tak bisa makan makanan padat hingga sepuluh minggu.

Itu sebabnya, ayah anjing liar afrika akan mengunyah dan melumatkan makanan untuk anak-anaknya. Ia pun tak akan membiarkan anak-anaknya berkeliaran terlalu jauh agar mereka tak jadi mangsa musuh.

Baca Juga: 10 Hewan Paling Banyak Digunakan untuk Percobaan Penelitian di Dunia 

5. Tamarin singa emas rela menggendong anaknya saat berusia dua minggu

9 Hewan dengan Predikat Ayah Terbaik di Seluruh Dunia, Bikin Terenyuh!mnn.com

Ia menggendong anaknya setiap saat atau 24 jam dalam seminggu. Sang ayah akan menyerahkan ke ibu mereka setiap dua atau tiga jam. Lalu, diserahkan kembali setelah 15 menit.

Sang anak akan menaiki punggung ayahnya hingga berusia enam hingga tujuh minggu. Saat sang anak sudah bisa makan makanan lembut, sang ayah akan menumbuk pisang dan menyuapi anaknya dengan tangannya langsung.

6. Flamingo bekerja sama dengan pasangannya untuk membangun sarang dan mengerami telur

9 Hewan dengan Predikat Ayah Terbaik di Seluruh Dunia, Bikin Terenyuh!wikimedia.org

Setelah menetas, ayah flamingo akan bergiliran mengasuh anak mereka. Ayah flamingo benar-benar berbagi tugas secara rata dengan pasangannya.

7. Katak menjaga anaknya di dalam mulutnya sampai anaknya siap

9 Hewan dengan Predikat Ayah Terbaik di Seluruh Dunia, Bikin Terenyuh!wikimedia.org

Beberapa spesies tertentu pun mengimplan keturunan mereka di bawah kulit mereka, seperti di punggung kaki mereka. Tak hanya itu , ada juga spesies katak yang memiliki kantong di perut seperti kanguru.

8. Kuda laut jantan bisa hamil dan mengerami telurnya hingga 45 hari

9 Hewan dengan Predikat Ayah Terbaik di Seluruh Dunia, Bikin Terenyuh!youtube.com/Reproduction LIVE

Kuda laut jadi satu-satunya hewan yang bisa melakukan kehamilan jantan. Sang ibu akan menyimpan telur mereka di dalam kantong kuda laut jantan. Sang ayah harus mengerami telur-telurnya hingga 45 hari.

9. Penguin kaisar jantan mengerami telur saat betinanya mencari makan selama dua bulan

9 Hewan dengan Predikat Ayah Terbaik di Seluruh Dunia, Bikin Terenyuh!earthsky.org

Ia mengambil peran menjadi ayah tunggal dan menjaga telurnya di antara jari-jari dan perutnya. Dia benar-benar tak makan dan bergerak selama dua bulan! Jika ia lalai, anaknya bisa terkena dinginnya Antartika dan tak bisa bertahan hidup. Benar-benar berdedikasi!

Itu tadi ayah-ayah tangguh dari dunia hewan. Mereka benar-benar bertanggung jawab dengan perannya, ya! Dari sekian banyak hewan, mana yang jadi favoritmu?

Baca Juga: 7 Hewan dengan Predikat Ibu Terbaik di Dunia, Bikin Terharu Banget nih

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You