Comscore Tracker

5 Fakta Unik Kucing Odd Eye, Si Manis yang Warna Kedua Matanya Berbeda

Ternyata kucing bisa punya warna mata yang berbeda lho!

Jika berbicara mengenai kucing, mungkin selama ini kamu familiar dengan berbagai macam ras kucing seperti persia atau anggora. Tapi tahu gak sih bahwa sebenarnya ada beberapa kucing unik yang terlahir langka karena kondisinya?

Salah satunya adalah kucing odd eye. Jika umumnya seekor kucing akan terlahir dengan warna mata yang sama, maka berbeda dengan kucing odd eye. Kucing ini memiliki dua warna berbeda pada sepasang matanya, lho! Meskipun terlihat misterius, tapi kucing odd eye juga menyimpan beberapa fakta terkait keunikannya ini. Mau tahu apa saja? Yuk, kita simak bersama!

1. Terlahir karena kelainan genetik

5 Fakta Unik Kucing Odd Eye, Si Manis yang Warna Kedua Matanya Berbedacommons.wikimedia.org

Perbedaan warna mata kucing odd eye disebabkan oleh adanya kelainan genetik pada mata. Keadaan ini terjadi karena adanya perbedaan lapisan melanin pada mata kucing. Pada seekor kucing, proses pigmentasi mata biasanya berjalan bersamaan seiring berjalannya waktu karena kucing terlahir dalam kondisi buta.

Tapi pada kasus kucing odd eye, salah satu mata berhenti mengalami pigmentasi sehingga memunculkan warna mata yang berbeda. Biasanya warna mata yang dimiliki oleh kucing odd eye adalah biru, emas atau warna tembaga.

2. Dianggap sebagai kucing keturunan setan

5 Fakta Unik Kucing Odd Eye, Si Manis yang Warna Kedua Matanya Berbedasteemkr.com

Karena keunikannya, dahulu kucing odd eye kerap dikaitkan dengan hal-hal mistis layaknya kucing hitam. Kucing odd eye bahkan dianggap sebagai kucing keturunan setan karena warna matanya yang tidak umum.

Baca Juga: 7 Fakta Kucing Paling Mematikan di Dunia, Tapi Kok Menggemaskan? 

3. Mitos seputar gangguan pendengaran

5 Fakta Unik Kucing Odd Eye, Si Manis yang Warna Kedua Matanya Berbedasteemkr.com

Banyak orang yang beranggapan kalau semua kucing odd eye terlahir tuli atau tidak bisa mendengar. Mitos ini muncul karena adanya cacat genetik pada kucing putih.

Beberapa kucing putih memang memiliki cacat genetik berupa tuli bawaan yang disebabkan oleh degenerasi pada telinga bagian dalam. Namun anggapan tersebut ternyata salah karena sekitar 60-70 persen kucing odd eye dapat mendengar dengan baik.

4. Kondisi odd eye bisa muncul pada kucing dengan warna selain putih

5 Fakta Unik Kucing Odd Eye, Si Manis yang Warna Kedua Matanya Berbedapxhere.com

Kebanyakan orang mengira bahwa hanya kucing putih lah yang bisa terlahir dengan kondisi warna mata berbeda. Tetapi anggapan ini juga salah karena kelainan ini ternyata bisa ditemukan pada kucing dengan warna lain.

5. Dilestarikan di Turki

5 Fakta Unik Kucing Odd Eye, Si Manis yang Warna Kedua Matanya Berbedacoleandmarmalade.com

Di Turki, kucing odd eye dianggap sebagai kucing yang istimewa dan dilestarikan oleh pemerintah disana. Bahkan kucing odd eye putih pernah dijadikan sebagai simbol saat pelaksanaan kejuaraan basket internasional.

Nah itu dia 5 fakta kucing odd eye yang akan menambah pengetahuanmu. Adakah kucing jenis ini di sekitarmu?

Baca Juga: 8 Potret Kucing Langka dan Indah di Dunia, Mana yang Jadi Favoritmu? 

Dwi Kurniawati Lestari Photo Community Writer Dwi Kurniawati Lestari

Just a little girl who loves drawing, writing and reading a bit too much. Sometimes spends all day long to think and wondering about 'what should I write today'.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 17:15:04

Progress: 768.526 dari 813.350 TPS (94.48897%)

Just For You