Comscore Tracker

5 Tanaman yang Ampuh untuk Mengusir Lalat, Bikin Lingkungan Jadi Sehat

Bisa untuk dekorasi juga
Lalat merupakan serangga yang terkenal sebagai pembawa penyakit. Bukan tanpa alasan, lalat suka hinggap di tempat yang kotor, seperti tempat sampah, kotoran hewan, dan makanan busuk; kemudian berpindah ke tempat lainnya, seperti dapur, meja makan, hingga makanan. Ia kemudian dapat menyebabkan penyakit diare, sakit perut, mual, dan masih banyak lagi.
 
Oleh sebab itu, keberadaan lalat di dalam rumah tidak boleh diabaikan demi menjaga kesehatan. Lalat sendiri termasuk serangga yang sangat sulit untuk ditangkap sehingga cara paling efektif untuk menghindari efek buruk dari lalat dengan mencegahnya hinggap di lingkunganmu, salah satunya dengan menaruh tanaman yang tidak disukai lalat di sekitar rumah maupun di dalam rumah.
 
Dikutip dari laman Tree Hugger dan Flies Only, inilah tanaman yang bisa mengusir lalat dari rumahmu. 

1. Kemangi

5 Tanaman yang Ampuh untuk Mengusir Lalat, Bikin Lingkungan Jadi Sehatunsplash.com/Markus Spiske
Kemangi merupakan tanaman yang biasa dinikmati sebagai lalapan atau untuk menambah cita rasa masakan. Selain itu, tanaman kemangi juga ampuh untuk mengusir lalat.
 
Selain dalam bentuk tumbuhan segar, kemangi juga bisa dimanfaatkan untuk membuat semprotan pengusir lalat. Caranya, rendam daun kemangi segar dalam air mendidih dengan perbandingan satu banding satu dan biarkan selama beberapa jam. Setelah itu, peras semua sari daunnya dan gunakan air bekas rendaman tersebut untuk mengusir lalat dan serangga lainnya.

2. Marigold

5 Tanaman yang Ampuh untuk Mengusir Lalat, Bikin Lingkungan Jadi Sehatunsplash.com/Terriell Scrimager
Marigold merupakan tanaman berwarna kuning cerah yang bisa digunakan untuk memprediksi cuaca. Jika bunganya tidak mekar di pagi hari, artinya akan turun hujan pada siang hari. Marigold juga memiliki aroma unik yang tidak disukai lalat, nyamuk, dan kutu daun. 
 
Ditambah, ekstrak dari tanaman ini memiliki manfaat mengobati eksim dan infeksi kulit. Selain itu, teh dari marigold bisa digunakan untuk meredakan sakit perut.

Baca Juga: 7 Kuliner dari Berbagai Negara Ini Berkhasiat Mengusir Rasa Lelah 

3. Lavendel

5 Tanaman yang Ampuh untuk Mengusir Lalat, Bikin Lingkungan Jadi Sehatunsplash.com/Janine Joles

Lavendel telah digunakan selama berabad-abad untuk meningkatkan kesegaran ruangan, pakaian, maupun aroma terapi. Meskipun orang-orang menyukai bau lavendel, lalat dan beberapa serangga lain membencinya.

Tempatkan bunga lavendel di meja makan, dapur, atau tempat lain yang kerap dihinggapi lalat. Selain itu, menaruh tanaman lavendel di dekat kasur tidak hanya membuat lalat menjauh tapi juga membuat tidurmu lebih nyenyak.

4. Mint

5 Tanaman yang Ampuh untuk Mengusir Lalat, Bikin Lingkungan Jadi Sehatunsplash.com/Eleanor Chen
Mint, baik spearmint, peppermint, atau varietas lainnya, merupakan pengusir lalat, nyamuk, dan laba-laba alami. Baik bagian batang, daun, dan bunganya mengandung minyak aromatik yang mengusir segala jenis serangga. Namun, karena daun mint dapat tumbuh dengan sangat cepat, sebaiknya ditanam di dalam pot atau digantung daripada langsung ditanam di tanah. 
 
Keuntungan lainnya adalah mint merupakan tanaman yang tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Asalkan tanah dijaga agar tetap lembap dan terkena sinar matahari, tanaman mint tidak akan mati. Selain itu, daun mint juga dapat dimanfaatkan sebagai penambah rasa pada minuman, makanan, maupun salad.
 

5. Salam

5 Tanaman yang Ampuh untuk Mengusir Lalat, Bikin Lingkungan Jadi Sehatunsplash.com/David Greenwood-Haigh
Aroma daun salam memiliki kemampuan untuk mengusir lalat, semut, kutu, dan kecoak. Tanaman salam sebenarnya adalah pohon, tetapi karena tumbuh secara perlahan-lahan, kamu bisa menanamnya di dalam pot dan menaruhnya di halaman rumah atau dekat jendela. 
 
Tumbuhan ini juga membutuhkan banyak cahaya dan tempat yang hangat. Selain dimanfaatkan sebagai pengusir lalat, daun dari pohon salam ini juga biasa digunakan untuk menambah cita rasa masakan.
 
Itulah tanaman yang bermanfaat untuk mengusir lalat dari rumah dan lebih aman daripada menggunakan disinfektan pengusir serangga. Menaruh tanaman di sekitar rumah pastinya juga akan membuat rumah tampak lebih indah dan sejuk.

Baca Juga: 5 Tips Mengusir Aroma Tak Sedap pada Kotak Bekal, Efektif!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya