Comscore Tracker

Bahan Alami, 7 Material Ini Punya Keunikan yang Paling Ajaib di Dunia

Ada yang bisa dipakai buat sulap!

Dalam pelajaran kimia, kita pernah tau yang namanya tabel periodik dengan 118 unsur kimia di dalamnya. Namun ternyata alam semesta ini punya rahasia jauh lebih luas daripada yang terangkum di tabel periodik tersebut. Selain itu, ternyata ada beberapa zat kimia atau material alam yang punya keunikan ajaib. Apa sajakah itu? Yuk simak!

1. Zat Hidrofobik

https://www.youtube.com/embed/IPM8OR6W6WE

Hidrofobik mempunyai sifat yang cukup unik. Air bakal bergerak menjauhi permukaan zat ini sehingga bisa dibilang zat ini antiair. Material ini dapat berguna untuk menciptakan pakaian antikotor yang tidak bisa disentuh oleh cairan dan lumpur.

2. Sulfur Heksafluorida

https://www.youtube.com/embed/z4_DMzzpJ8k

Sulfur heksafluorida adalah sebuah gas anorganik yang tidak terlihat. Uniknya, zat ini bisa mengangkat benda dengan massa jenis yang rendah dan membuatnya seolah-olah "mengapung" di udara.

Jika kalian menghirup zat ini, suara kalian akan menjadi lebih berat. Kebalikan dari gas helium yang membuat suara jadi cempreng.

3. Logam Galium

https://www.youtube.com/embed/4u6A40QTWVI

Setiap logam pasti bisa meleleh pada titik lebur tertentu. Kebanyakan titik lebur logam sangatlah tinggi, namun berbeda dengan logam galium.

Material ini punya titik lebur yang sangat rendah, yaitu 29,76°C. Galium bahkan bisa meleleh di tangan jika didiamkan beberapa saat. Bisa nih dibuat sulap kayak sendok yang meleleh di tangan. 

4. Aerogel

https://www.youtube.com/embed/AeJ9q45PfD0

Aerogel biasa dikenal dengan frozen smoke atau asap yang membeku. Aerogel merupakan material paling ringan di dunia karena 99,8 persennya adalah udara.

Dalam volume 1.000 liter, material ini hanya memiliki berat 160 gr. Aerogel juga memiliki sifat yang tahan panas. Ia mampu bertahan setelah dibakar menggunakan las.

5. Nitinol

https://www.youtube.com/embed/wI-qAxKJoSU

Nitinol adalah material logam yang terbuat dari campuran nikel dan titanium. Material ini dapat kembali ke bentuk seperti semula jika dipanaskan meskipun sudah ditekuk-tekuk sedemikian rupa. Para produsen kacamata mencoba memanfaatkan Nitinol agar kacamata tetap utuh meski tertindih, terinjak, dan tertekan.

6. Nitrogen Cair

https://www.youtube.com/embed/NrHaeE5-eUs

Nitrogen cair adalah zat kriogenik dengan suhu yang benar-benar rendah. Titik didihnya berada pada 195,79 °C.

Nitrogen cair dapat melakukan pembekuan sangat cepat jika kontak dengan jaringan tubuh makhluk hidup. Jika dipanaskan, 1 liter nitrogen cair bisa berubah menjadi 700 liter gas nitrogen. Biasanya nitrogen digunakan untuk mengawetkan sel jaringan dan organ.

7. Azidoazide Azide

https://www.youtube.com/embed/-Sz4d7RQB6Y

Azidoazide Azide merupakan salah satu zat yang cukup berbahaya karena mudah meledak dalam kondisi apa pun. Zat ini dapat meledak jika tak sengaja digerakkan, tersentuh, terlarut, terpapar sinar-X, dan terpapar cahaya.

Itulah 7 zat dan material yang memiliki keunikan. Jika ingin bereksperimen dengan zat-zat tersebut, usahakan didampingi dengan orang yang ahli di bidang tersebut. Namun, untuk nomor 7 jangan dilakukan ya karena sangat berisiko!

Baca Juga: "Kristal Waktu": Senyawa Baru Tak Berdimensi Ruang yang Dibahas Dunia

Topic:

  • Reza Mahendra
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You