5 Fakta Menarik Zorbing, Olahraga Ekstrem di Dalam Bola Besar

Kamu tertarik untuk mencobanya gak?

Zorbing adalah sebuah olahraga menuruni bukit yang mengharuskan pemainnya masuk ke dalam bola plastik besar transparan bernama Zorb. Bola besar ini biasanya juga menjadi alat untuk rekreasi air yang bisa mudah kita temui di tempat wisata.

Sempat menjadi sorotan karena seorang peserta lomba Zorbing tewas di Rusia, berikut 5 fakta menarik Zorbing.

1. Pertama kali muncul di Selandia Baru

5 Fakta Menarik Zorbing, Olahraga Ekstrem di Dalam Bola Besarfoody.vn

Pada tahun 1994 olahraga ini dikenalkan oleh sang penemu bola Dwane van der sluis dan Andrew Akers di Selandia Baru. Sejak awal kemunculannya Zorbing dianggap menjadi olahraga ekstrem.

2. Rekor tercepat olahraga Zorbing

5 Fakta Menarik Zorbing, Olahraga Ekstrem di Dalam Bola Besarzorbingtime.com

Mantan pemain kriket Inggris Andrew "Freddie" Flintoff memegang rekor 100 m tercepat dengan waktu 26,59 detik. Sedangkan untuk jarak terjauh yang berhasil dicatat adalah 570 m yang berhasil terjadi pada 7 November 2006 di Selandia Baru.

3. Memiliki olahraga serupa yang lebih ekstrem

5 Fakta Menarik Zorbing, Olahraga Ekstrem di Dalam Bola Besartacdn.com

Zorbing yang sekarang menggunakan bola plastik transparan sebagai medianya, namun tidak pada tahun 90-an. Di saat itu bola yang digunakan terbuat dari besi atau baja kokoh yang lebih berisiko meningkatkan kecelakaan. Olahraga ekstrem tersebut direkam dalam acara tv populer di Inggris yang bernama Gladiator.

Baca Juga: Penyuka Tantangan, 5 Olahraga Ekstrem Ini Bisa Memacu Adrenalinmu

4. Bisa dimainkan di berbagai tempat

5 Fakta Menarik Zorbing, Olahraga Ekstrem di Dalam Bola Besarpumpitupevents.com

Permainan olahraga bola besar ini bisa dimainkan di berbagai tempat guys. Mulai dari salju, air, hingga darat, bola Zorb bisa bergulir dengan lancar tanpa ada masalah. Keseruan setiap permainan di tempat yang berbeda juga memberi kesan yang menarik dan pengalaman yang unik.

5. Bola Zorb dapat dijadikan permainan olahraga lain

5 Fakta Menarik Zorbing, Olahraga Ekstrem di Dalam Bola Besarsportsandleisure.abingdon.org.uk

Kini bola Zorb muncul dengan versi ukuran yang lebih kecil, bola ini muat untuk dipakai seseorang hingga menutup bagian perut. Beberapa olahraga lain yang bisa dimainkan dengan bola Zorb mini diantara lain, Sepak bola dan Gulat Zorb.

Nah, itu tadi beberapa fakta menarik tentang olahraga Zorbing. Seru juga ya kalau di Indonesia diadakan cabang olahraga seperti ini?

Baca Juga: 5 Olahraga Ekstrim untuk Kamu yang Suka Memacu Adrenalin

alys Photo Verified Writer alys

find your passion&love to life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya