Comscore Tracker

5 Kompetisi Sepeda 'Tergila' yang Pernah Diselenggarakan di Dunia 

Bersepeda melintasi 5 gunung dalam 3 hari!

Bersepeda merupakan olahraga yang menyenangkan untuk dimainkan ketika waktu senggang. Tak hanya menyenangkan, bersepeda juga bisa bermanfaat untuk kesehatan. Olahraga ini pernah menjadi favorit dikalangan masyarakat Indonesia, khususnya pada saat masa Transisi PSBB Covid-19. Bahkan, penjualan sepeda pada saat itu meroket tajam dibandingkan sebelumnya.

Terlepas dari itu, sebagian orang berpikir bahwa bersepeda itu adalah olahraga yang mudah. Namun, tak banyak yang mengetahui ternyata olahraga menggayuh ini memiliki kompetisi "gila" yang pernah diselenggarakan. Kompetisi ini memiliki tingkatan dan track yang sangat jauh di luar akal sehat orang awam. Nah bagi kalian yang memiliki mental baja dan semangat juang untuk bersepeda, mungkin kompetisi ini akan membuat kamu tertarik bahkan 'gila' untuk mengikutinya.

Berikut 5 kompetisi sepeda 'tergila' yang pernah diselenggarakan di dunia. Dijamin gigit jari!

1. Race Across America (Amerika Serikat) 

5 Kompetisi Sepeda 'Tergila' yang Pernah Diselenggarakan di Dunia Pesepeda Christoph Strasser sedang mengikuti Christoph Strasser (instagram.com/Race Across America)

Race Across America atau RAAM merupakan kompetisi sepeda ultra-jarak jauh yang diselenggarakan di Amerika Serikat. Dikutip dari laman resmi Race Across America, Kompetisi ini sudah digelar selama 35 tahun dan diikuti oleh pengedara sepeda di seluruh dunia.

Start kompetisi RAAM dimulai di daerah Oceanside, California dan berakhir di Annapolis, Maryland. Para peserta harus menempu jarak 3000 mil atau setara dengan berpergian dari Aceh ke Papua. Tak hanya itu, peserta juga perlu mendaki setinggi 175.000 kaki dan melintasi 12 negara bagian di Amerika Serikat.

Beruntungnya, kompetisi ini digelar secara estafet yang terdiri dari 4 hingga 8 orang. Namun, setiap tim hanya melakukan balapan secara perorangan disetiap bagiannya.

2. Tour de France (Prancis)  

5 Kompetisi Sepeda 'Tergila' yang Pernah Diselenggarakan di Dunia Pesepeda Tadej Pogacar saat berlomba di Tour de France (instagram.com/letourdefrance)

Sebagian orang mungkin sudah mengetahui dengan kompetisi sepeda Tour de France. Kompetisi ini sudah ada sejak tahun 1903 dan merupakan salah satu kompetisi tertua yang ada di dunia.

Dikutip dari Play Today, kompetisi Tour de France biasanya terdiri dari 21 tahapan. Sedangkan untuk jaraknya, rata-rata peserta harus menempuh sekitar 3.600 km dengan track yang terdiri dari dataran, tanah, hingga pegunungan.

Walaupun demikian, tempat dan jarak dari kompetisi ini selalu berganti-ganti setiap tahunnya. Bahkan, Tour de France pernah mencetakan rekor dunia dengan jarak komperisi sekitar 5.745 km.

Baca Juga: Kenapa Atlet Sepeda Mencukur Habis Bulu Kaki Mereka?

3. La Ruta de los Conquistadores (Kosta Rika) 

5 Kompetisi Sepeda 'Tergila' yang Pernah Diselenggarakan di Dunia ilustrasi bersepeda (pixabay.com/Simon)

Dikutip dari Stage Races, La Ruta merupakan salah satu kompetisi balap sepeda yang paling ditakuti di dunia. Rute yang digunakan La Ruta, tidaklah terlalu panjang seperti kompetisi sebelumnya.

La Ruta hanya menempuh rute sekitar 161 mil saja setiap balapanya, namun memaksa peserta melintasi 5 pegunungan berbeda. Tak hanya itu, peserta harus melewati jalanan yang tidak masuk akal ketika bersepeda, seperti melewati sungai tanpa jembatan, melintasi hutan, hingga memaksa peserta menajak sekitar 29.000 meter.

Dan parahnya lagi, kompetisi ini harus selesai dengan waktu 3 hari jika ingin memenangkan balapan La Ruta.

4. Trans Pyr Ultramarathon (Spanyol) 

5 Kompetisi Sepeda 'Tergila' yang Pernah Diselenggarakan di Dunia ilustasi bersepeda (pixabay/Pexels)

Kompetisi Trans Pyr merupakan salah satu balapan sepeda ultra yang diselenggarakan di Spanyol. Dikutip dari Black Jack, Start Trans Pyr dimulai dari pantai Laut Mediteriania, Spanyol dan berakhir di San Sebastian, Spanyol.

Rute yang digunakan dalam kompetisi ini ialah pegunungan Pirenia yang merupakan perbatasan antara Spanyol dan Prancis. Pada kompetisi ini, peserta perlu menempuh jarak sekitar 820 km dengan rute menanjak 20.000 meter ketika di total. Untungnya, Trans Pyr diselenggarakan delapan hari dengan tujuh tahapan berbeda.

5. The Iditarod Invitational (Alaska) 

5 Kompetisi Sepeda 'Tergila' yang Pernah Diselenggarakan di Dunia ilustrasi bersepeda (pixabay.com/suju-foto)

Dikutip dari Smart Wool, Iditarod Invitational merupakan kompetisi sepeda yang diselengaarakan di puncak musim dingin. Perlombaan ini terbilang berat karena peserta harus melewati rute dengan suhu 30 derajat celcius ketika bertanding.

Uniknya dalam kompetisi ini, panitia tidak membuat rute perjalanan untuk pesertanya. Namun, peserta dapat menentukan finis sesuai jarak yang telah ditentukan, seperti balapan 150 mil peserta akan berhenti di Rainy Pass dan untuk balapan 350 mil peserta bisa berhenti di McGrath. Tak hanya itu, para pembalap tidak diberikan waktu khusus untuk berapa lama mereka bertanding, namun siapa cepat dialah yang memenangkan kompetisi.

Walaupun terkesan "gila", bagi kebanyakan orang kompetisi seperti itu yang menjadi daya tarik untuk mengikutinya. Namun sebelum mengikutinya, persiapan fisik serta mental pun perlu diasah terlebih dahulu untuk menghindari kesalahan fatal ketika bertanding.

Baca Juga: Bak Atlet Profesional, 10 Potret Bugar Gunawan Sudrajat saat Bersepeda

Adi Ramadhan Pratama Photo Writer Adi Ramadhan Pratama

Belajar dari pengalaman

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya