6 Mantan Kiper Liga Inggris dengan Clean Sheet Terbanyak di UCL

Kiprah gemilang kiper-kiper terbaik di Liga Inggris

Tidak hanya lini depan, pertahanan belakang juga sangat penting dalam sebuah tim sepak bola. Penjaga gawang menjadi "tembok" yang paling diandalkan. Maka dari itu, keberadaan mereka diistimewakan.

Di Liga Champions, meskipun kompetisi tersebut mencakup seluruh Eropa, tapi para bintang Liga Inggris sangat mendominasi, lho! Berikut enam mantan kiper Liga Inggris dengan clean sheet terbanyak dalam sejarah Liga Champions.

1. Edwin van der Sar (51 Clean Sheet) 

6 Mantan Kiper Liga Inggris dengan Clean Sheet Terbanyak di UCLPotret Edwin van der Sar saat masih membela Manchester United (shoot.co.uk)

Legenda Manchester United berada di urutan pertama. Dia adalah Edwin van der Sar yan sukses menorehkan 51 clean sheet di Liga Champions. la melakukannya dalam 98 pertandingan bersama tiga klub, yakni untuk Ajax, Juventus, dan untuk Manchester United tentunya.

Kiper asal Belanda ini lebih dikenal sebagai legenda Setan Merah, sebab namanya paling bersinar saat merumput di Old Trafford. Van der Sar bergabung pada musim panas 2005 dari Fulham United, kemudian memutuskan gantung sepatu pada 2011.

2. Petr Cech (49 Clean Sheet)  

6 Mantan Kiper Liga Inggris dengan Clean Sheet Terbanyak di UCLPotret Petr Cech saat masih jadi kiper Chelsea (twitter.com/deadlinedaylive)

Petr Cech telah pensiun pada 2019 dengan Arsenal sebagai klub terakhirnya. Ia kemudian menjabat sebagai direktur teknik dan perfoma untuk Chelsea. Namun menariknya, pada bulan Desember 2020 lalu ia memutuskan kembali ke lapangan hijau. Kiper asal Republik Ceko ini sempat tampil membela Chelsea U-23.

Pemain dengan ciri khas pelindung kepala tersebut punya catatan menarik di Liga Champions. la merupakan kiper dengan clean sheet terbanyak ke-4 dalam sejarah kompetisi. Cech terhitung telah menyapu bersih 49 laga dari 111 penampilan yang dilakoninya untuk tiga klub, yakni Sparta Praha, Arsenal dan Chelsea.

Baca Juga: 5 Kiper Top yang Ternyata Memulai Karier Tidak Sebagai Kiper

3. Fabien Barthez (24 Clean Sheet)  

6 Mantan Kiper Liga Inggris dengan Clean Sheet Terbanyak di UCLPotret Fabien Barthez saat masih membela Manchester United (twitter.com/ChampionsLeague)

Di daftar ini, Fabien Barthez menjadi kiper yang paling awal pensiun. la berhenti bermain sejak 2007 di usia 36 tahun. Di Liga Inggris, pemain asal Prancis ini hanya pernah membela Manchester United saja. Tapi hasilnya cukup memuskan. 

Bersama Manchester United, AS Monaco dan Olympique Marseille, Barthez berhasil mengoleksi 24 clean sheet dalam 57 penampilan di Liga Champions. Satu hal yang tak dapat dilupakan, Barthez pernah dimainkan jadi winger saat membela Setan Merah dalam laga uji coba di pra-musim. 

4. Pepe Reina (24 Clean Sheet)     

6 Mantan Kiper Liga Inggris dengan Clean Sheet Terbanyak di UCLPotret Pepe Reina saat masih membela Liverpool (thesun.co.uk)

Selama berkarier di dunia sepak bola, Pepe Reina telah berpetualang ke banyak klub, tidak terkecuali ke klub di Liga Inggris. Liverpool menjadi satu-satunya klub di kompetisi utama Inggris yang pernah disinggahinya.

Di Liga Champions, Reina terhitung telah menorehkan 24 clean sheet dalam 74 pertandingan. Kiper yang sekarang berusia 38 tahun tersebut melakoninya bersama lima klub, yakni Barcelona, Villarreal, Napoli, Liverpool dan yang terbaru bersama Lazio. 

5. Wojciech Szczesny (23 Clean Sheet)

6 Mantan Kiper Liga Inggris dengan Clean Sheet Terbanyak di UCLPotret Wojciech Szczesny saat masih jadi kiper Arsenal (twitter.com/afcstuff)

Penjaga gawang asal Polandia, Wojciech Szczesny merupakan kiper yang lahir dari skuad Arsenal U18. Ia dipromosikan ke tim utama The Gunners pada 2008 silam. Berkarier cukup lama di London, akhrinya ia pergi ke Juventus di tahun 2017.

Wojciech Szczesny yang kini telah berusia 31 tahun sukses mengumpulkan 23 clean sheet dari 59 penampilan. Ia menorehkan catatan tersebut bersama tiga klub, yakni Arsenal, AS Roma saat dipinjamkan dulu, dan bersama klub yang dibelanya saat ini, yakni Juventus.

6. Jens Lehmann (23 Clean Sheet)  

6 Mantan Kiper Liga Inggris dengan Clean Sheet Terbanyak di UCLPotret Jens Lehmann saat masih jadi kiper Arsenal (twitter.com/DeadlineDayLive)

Yang terakhir ada Jens Lehmann yang pernah membela Arsenal selama 5 tahun di periode pertama (2003 s.d 2008), dan hanya beberapa bulan saja di periode kedua sebelum akhirnya pensiun pada Juli 2011.

Lehmann merupakan kiper asal Jerman yang berhasil menyapu bersih 23 clean sheet dalam 67 pertandingan di Liga Champions. Mantan penjaga gawang Liga Inggris ini melakukannya untuk tiga klub, yakni Borussia Dortmund, Arsenal dan VfB Stuttgart. 

Pernah mencicipi rumput Liga Inggris menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemain mana pun di dunia. Tidak terkecuali dengan enam kiper tadi. Nah, ada kiper jagoanmu dalam daftar ini? 

Baca Juga: 5 Kiper Terbaik di LaLiga Musim 2020/2021, Salah Satunya Kiper Sevilla

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya