Comscore Tracker

6 Pemain dengan Gol Terbanyak dalam 10 Penampilan Pertamanya di UCL

Erling Haaland, anak muda pemecah rekor!

Liga Champions baru memasuki babak penyisihan grup. Musim ini kompetisi papan atas Eropa tersebut memang semakin menarik. Sepak bola jadi lebih berwarna dengan beberapa perubahan. Banyak wajah baru dengan klub baru yang saling bersaing ketat.

Menelusuri sejarah liga ke belakang, ada rekor yang cukup menarik untuk dibahas. Setiap debut pemain dicatat secara rinci, termasuk sepuluh penampilan pertama mereka. Langsung saja, berikut enam pemain dengan gol terbanyak dalam sepuluh penampilan pertamanya di Liga Champions.

1. Erling Haaland (12 Gol)

6 Pemain dengan Gol Terbanyak dalam 10 Penampilan Pertamanya di UCLpotret Erling Haaland (90min.com)

Erlaing Braut Haaland langsung jadi pusat perhatian saat ia datang ke Borussia Dortmund pada bursa transfer musim dingin Januari 2020 lalu. Bakat memukaunya langsung bersinar kala ia sukses mencetak hattrick di laga debut saat melawan Augsburg.

Setiap musim Haaland menjadi saingan berat di papan top skor Bundesliga. Di Liga Champions pun ia menjadi ancaman kuat. Buktinya di musim lalu, striker yang masih berusia 21 tahun tersebut sukses memecahkan rekor. Haaland mampu mencetak 12 gol dalam 10 penampilan pertamanya di ajang level teratas Eropa tersebut. Hebat!

2. Simone Inzaghi (9 gol)  

6 Pemain dengan Gol Terbanyak dalam 10 Penampilan Pertamanya di UCLPotret Simone Inzaghi ketika masih aktif sebagai pemain sepak bola (goal.com)

Simone Inzaghi merupakan mantan pesepak bola berkebangsaan Italia yang cukup sukses pada masanya. Ia memutuskan pensiun pada 2010, kemudian ia bekerja menjadi seorang pelatih. Mulai musim panas ini, Inzaghi dipercaya menangani Inter Milan setelah sebelumnya melatih pasukan Lazio.

Ketika masih aktif di lapangan, pria yang sudah berusia 45 tahun tersebut juga sempat menorehkan rekor gol di Liga Champions. Inzaghi berhasil mengumpulkan 9 gol hanya dalam 10 penampilan pertamanya di ajang tersebut.

Baca Juga: 5 Pelatih dengan Pertandingan Terbanyak dalam Sejarah Liga Champions

3. Harry Kane (9 gol)

6 Pemain dengan Gol Terbanyak dalam 10 Penampilan Pertamanya di UCLHarry Kane (eurosport.com)

Striker Tottenham Hotspur, Harry Kane, langsung mencetak 9 gol dalam 10 penampilan pertamanya di Liga Champions. Sebagai salah satu pemain yang masih aktif di Spurs, penyerang asli Inggris ini cukup produktif di beberapa musim terakhir.

Baru-baru ini, banyak rumor yang santer mengaitkan Harry Kane dengan Manchester City. Striker berusia 28 tahun tersebut ingin membuat gebrakan baru untuk kariernya dengan hijrah ke klub lain. Namun sampai saat ini, belum ada transfer yang terjadi.

4. Sadio Mane (9 gol) 

6 Pemain dengan Gol Terbanyak dalam 10 Penampilan Pertamanya di UCLPotret gaya seleberasi Sadio Mane (liverpool.com)

Penyerang Liga Inggris lainnya datang dari Liverpool, dia adalah Sadio Mane. Sama dengan Harry Kane, pemain berusia 29 tahun tersebut juga pernah membuat rekor saat baru tampil 10 kali di Liga Champions, yakni dengan mencetak 9 gol.

Dan jangan lupa, Sadio Mane ikut berkontribusi saat The Reds merebut gelar juara Liga Inggris dari Manchester City musim 2019/2020 lalu. Trofi tersebut menjadi pencapaian yang luar biasa, sebab telah ditunggu klub selama 30 tahun.

5. Dwight Yorke (8 gol) 

6 Pemain dengan Gol Terbanyak dalam 10 Penampilan Pertamanya di UCLDwight Yorke (skysports.com)

Mantan penyerang Manchester United, Dwight Yorke juga turut masuk dalam daftar ini. Saat masih membela Setan Merah, Yorke sukes mencetak 8 gol dalam 10 pertandingan pertamanya Liga Champions.

Yorke berkarier di Old Trafford selama 4 tahun dari 1998 sampai 2002. Ia menyumbang 48 gol dalam 96 penampilan untuk The Red Devils. York memutuskan pensiun pada 2009, dengan Sunderland sebagai klub terakhir yang dibelanya.

6. Ronaldinho (8 Gol)

6 Pemain dengan Gol Terbanyak dalam 10 Penampilan Pertamanya di UCLRonaldinho saat masih berseragam Barcelona (theguardian.com)

Legenda Barcelona, Ronaldinho berada di urutan keenam di mana ia mampu mencetak 8 gol dalam 10 pertandingan pertamanya di Liga Champions. Pria asal Brasil yang sekarang menjadi duta besar di Barca ini memang menjadi salah satu pemain paling hebat dalam sejarah sepak bola.

Menilik statistiknya di Liga Champions, Ronaldinho tercatat telah menorehkan 18 gol dan 14 assist dalam 47 pertandingan. Itu dilakukannya bersama Barcelona (35 penampilan) dan AC Milan (12 penampilan).

Memang Liga Champions selalu saja menarik untuk dibahas, termasuk para pencetak golnya. Kira-kira klub mana yang akan jadi juara musim ini?

Baca Juga: 5 Pemain yang Menerima Kartu Merah di Laga Pertama Grup Liga Champions

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya