5 Transfer Pemain Norwegia Termahal Sepanjang Masa

Arsenal resmi mendatangkan Martin Ødegaard

Bursa transfer musim panas tahun ini dipenuhi dengan kepindahan banyak pemain ke klub barunya. Sederet data bermunculan, mulai dari Jack Grealish yang menjadi rekrutan termahal Manchester City hingga segitiga transfer yang terjadi di antara Chelsea, Inter Milan dan AS Roma. Beberapa momen tersebut tentu semakin membuat jendela transfer menjadi lebih berwarna.

Dari sekian pemain top yang memilih hengkang, ada salah satu nama pemain muda dibaliknya. Pemain tersebut adalah Martin Ødegaard yang memilih untuk pindah ke Arsenal. Sebelumnya, ia sempat membela The Gunners dengan status pinjaman pada paruh kedua musim lalu. Kepindahan Ødegaard menjadikannya sebagai rekrutan pemain Norwegia termahal sejauh ini. Termasuk dirinya, berikut lima pemain Norwegia termahal sepanjang masa.

1. Martin Ødegaard - 35 juta euro

5 Transfer Pemain Norwegia Termahal Sepanjang MasaMartin Ødegaard (eurosport.com)

Martin Ødegaard resmi menjadi milik Arsenal seutuhnya. Ia membela The Gunners selama 6 bulan dengan status pinjaman musim lalu dan sukses menyita atensi. Sempat kembali berlatih bersama Real Madrid, Ødegaard akhirnya memilih untuk pindah. Arsenal harus mengeluarkan dana sebesar 35 juta euro atau sekitar Rp590 miliar untuk merekrutnya.

Transfer tersebut menjadikan Ødegaard sebagai rekrutan pemain Norwegia termahal sejauh ini. Dengan pengalamannya yang sempat berseragam The Gunners musim lalu, Ødegaard tak akan kesulitan beradaptasi. Terlebih lagi, Mikel Arteta memberikan kepercayaan lebih bagi pemain berusia 22 tahun itu sebagai motor serangan tim.

2. Sander Berge - 23 juta euro

5 Transfer Pemain Norwegia Termahal Sepanjang MasaSander Berge (90min.com)

Sander Berge bergabung ke Sheffield United dengan nominal yang lumayan tinggi. Ia mendaratkan kakinya ke klub berjuluk The Blades itu di musim dingin 2020 lalu. Dalam usahanya merekrut Berge, Sheffield mengeluarkan kocek sebesar 23 juta euro atau sekitar Rp388 miliar. Harga semahal itu berhasil dibuktikan Berge lewat penampilan menjanjikannya di atas lapangan.

Peran Berge sebagai penetralisir permainan berpengaruh signifikan. Masih muda, daya jelajah Berge juga terbilang tinggi dengan mampu mengisi kekosongan posisi yang ditinggalkan rekan satu timnya. Hanya saja, ia sempat absen sekitar 3 bulan di musim lalu akibat cedera lutut. Absennya Berge turut membuat permainan Sheffield menurun dan akhirnya terdegradasi di akhir musim.

Baca Juga: Diincar Chelsea dan Liverpool, Sander Berge Gabung Sheffield United 

3. Erling Haaland - 20 juta euro

5 Transfer Pemain Norwegia Termahal Sepanjang MasaErling Haaland (eurosport.com)

Erling Haaland mulai menunjukkan tajinya sewaktu membela RB Salzburg. Kehebatannya dalam mengoyak jala lawan mampu memikat klub-klub papan atas Eropa yang menjadikan Haaland sebagai target utama. Pada akhirnya, pemain berusia 21 tahun tersebut memutuskan untuk hengkang ke Borussia Dortmund di musim dingin 2020 lalu.

Die Borussen mengeluarkan dana sebesar 20 juta euro atau sekitar Rp337 miliar untuk menebus Haaland. Kini, hasilnya pun terbukti. Ia tampil trengginas dan jadi andalan Dortmund di lini depan. Haaland mampu mencetak 62 gol dari 62 laga di semua ajang bersama Dortmund. Produktivitasnya saat ini kian mengangkat pamor Haaland sebagai salah satu pemain muda terbaik di dunia.

4. Alexander Sörloth - 20 juta euro

5 Transfer Pemain Norwegia Termahal Sepanjang MasaAlexander Sörloth (bavarianfootballworks.com)

Kepergian Timo Werner menyisakan lubang besar di sektor penyerangan RB Leipzig. Sederet pemain masuk ke dalam radar, tetapi nama Alexander Sörloth sukses membuat manajemen Die Roten Bullen tertarik. Reputasinya yang pernah bermain di Premier League bersama Crystal Palace menjadi alasan kuat Sörloth didatangkan Leipzig.

Eks penggawa Trabzonspor itu digaet Leipzig dengan banderol 20 juta euro atau sekitar Rp337 miliar. Musim debutnya di Jerman memang tak begitu maksimal. Sörloth hanya mencetak 6 gol dari 37 penampilan di semua kompetisi. Posisinya juga semakin terancam dengan kedatangan nama baru, yaitu Andre Silva yang tampil menjanjikan sewaktu membela Eintracht Frankfurt.

5. Tore Andre Flo - 18 juta euro

5 Transfer Pemain Norwegia Termahal Sepanjang MasaTore Andre Flo (twitter.com/premierleague.com)

Jauh kembali ke 2 dekade terakhir, pemain Norwegia dengan rekor penjualan termahal dipegang oleh Tore Andre Flo. Hal itu terealisasi saat ia dilepas Chelsea menuju klub Skotlandia, Rangers di musim dingin 1998 silam. Rangers kudu membayar 18 juta euro atau sekitar Rp303 miliar untuk mendatangkan Flo. Menilik  performanya sebelum hengkang itu, Flo tampil impresif bersama Chelsea.

Beroperasi sebagai ujung tombak, Flo sukses mencetak 49 gol dari 160 penampilan untuk The Blues di semua ajang. Namun, karena kalah bersaing dengan Jimmy Floyd Hasselbaink dan Gudjohnsen di lini depan, Flo akhirnya dilepas menuju Rangers. Kebersamaannya bersama rival Celtic itu terjalin selama 2 musim. Akan tetapi, Flo gagal bersinar karena hanya mencatatkan 11 kali penampilan.

Seiring berjalannya waktu, industri sepak bola Norwegia makin menunjukkan geliat yang positif. Adakah pemain favoritmu yang masuk ke dalam daftar di atas?

Baca Juga: Hobi Bayern Gerogoti Dortmund Kumat, Haaland Jadi Buruan

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya