TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

8 Stadion Qatar yang Jadi Arena Tempur Piala Dunia 2022

Ada yang terinspirasi dari LEGO

Stadion Al-Thumama, Piala Dunia 2022 Qatar (stadiumdb.com)

Jakarta, IDN Times - Piala Dunia akan memasuki era baru saat digelar di Qatar pada akhir 2022 nanti. Pertama kalinya, Piala Dunia digelar di musim dingin.

Demi menciptakan sejarah tersebut, Qatar sudah berbenah dan menyiapkan fasilitas luar biasa, termasuk stadion yang akan digunakan arena tempur para pesepak bola top dunia. Setidaknya, ada delapan stadion yang akan dipakai untuk turnamen sepak bola terbesar dunia ini.

Berikut ini delapan stadion yang akan dipakai untuk Piala Dunia 2022 di Qatar. 

Baca Juga: Battle of Nuremberg, Hujan Kartu Terbesar dalam Sejarah Piala Dunia

1. Stadion Al-Bayt

Stadion Al-Bayt (www.qibs.qa)

Stadion Al-Bayt merupakan venue yang akan digunakan untuk partai pembuka Piala Dunia 2022. Stadion ini mampu menampung 60 ribu penonton dan merupakan yang terbesar kedua di Qatar.

Selain laga pembuka, stadion yang memiliki desain unik, berupa tenda tradisional khas masyarakat nomaden Arab, Bayt Al-Shar ini, juga akan menggelar tujuh partai lainnya, yaitu lima di babak penyisihan dan satu laga masing-masing di babak 16 besar, perempat final, dan semifinal.

2. Stadion Al-Janoub

Stadion Al-Janoub (stadiumdb.com)

Stadion Al-Janoub merupakan baru selesai dibangun sebelum 2020. Stadion ini memiliki desain yang terinspirasi oleh perahu Dhow, kapal tradisional yang digunakan oleh para pedagang di Teluk Persia sejak 600 SM dan 600 Masehi.

Stadion ini memiliki kapasitas maksimal 40 ribu penonton. Al-Janoub akan menggelar tujuh partai di Piala Dunia 2022, salah satunya pada laga di babak 16 besar.

3. Stadion Ahmad Bin Ali

Stadion Ahmad Bin Ali (fifa.com)

Stadion Ahmad Bin Ali memiliki bahan material dari stadion lama, Al-Rayyan. Yang menarik, stadion ini dibalut oleh layar yang bersinar dan dapat berubah warna.

Ahmad Bin Ali mampu menampung 40.470 penonton dan akan menggelar tujuh pertandingan pada Piala Dunia 2022 mendatang.

4. Stadion Education City

Stadium Education City (stadiumdb.com)

Sama seperti namanya, Stadion Education City merupakan terletak di tengah fasilitas pendidikan milik Yayasan Qatar (Qatar Foundation). Bentuknya cukup unik jika dilihat dari udara.

Atapnya mirip permata, serta dilengkapi dengan panel tenaga surya di bagian luarnya. Stadion Education City dapat menampung kurang lebih 45 ribu penonton.

5. Stadion Khalifa Internasional

Stadion Khalifa Internasional (weebly.com)

Stadion Khalifa Internasional, menjadi ikon dari sepak bola Qatar. Ini merupakan stadion kelas satu pertama yang dibangun di Qatar dan berkapasitas 45 ribu penonton.

Stadion ini akan menggelar enam laga di babak penyisihan, satu partai babak 16 besar, dan perebutan tempat ketiga.

6. Stadion Lusail Iconic

Stadion Lusail Iconic (www.qatar2022.qa)

Stadion Lusail Iconic merupakan venue dengan kapasitas terbesar, yaitu 80 ribu penonton. Stadion ini akan menjadi yang tersibuk sepanjang Piala Dunia 2022. Tercatat, ada 11 laga yang akan digelar di sana, enam babak penyisihan dan empat setiap fase gugur.

Stadion yang desainnya terinspirasi dari bagian layar perahu tradisional Dhow ini, juga akan digunakan untuk partai final nanti.

7. Stadion Al-Thumama

Stadion Al Thumama (qatar2022.qa)

Stadion Al-Thumama begitu kental dengan ciri khas Qatar. Desainnya dibuat mirip seperti peci khas remaja Arab, Ghafiyah.

Al-Thumama berkapasitas 40 ribu penonton. Stadion akan digunakan untuk delapan pertandingan dan dua di antaranya pada fase gugur.

Baca Juga: Pertandingan Piala Dunia 2022 Qatar Berlangsung 100 Menit?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya