TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pemain dengan Harga Klausul Rilis Paling Tidak Masuk Akal

Ada yang bernilai 750 juta euro, lho!

Berbagai sumber

Di era sepak bola modern, pemain merupakan komoditas bisnis bagi sebuah klub. Dalam beberapa tahun terakhir, harga pemain bahkan melonjak sangat tinggi hingga angka yang nilainya dianggap gila. Rekor tertinggi saat ini dipegang oleh Neymar dengan harga 222 juta euro saat diboyong oleh PSG dari Barcelona.

Tidak ingin kehilangan pemainnya dengan mudah, banyak klub kini mulai menetapkan klausul rilis super tinggi dalam kontrak pemainnya. Hal ini dilakukan demi menepis minat klub lain "mencuri" pemain andalan sebelum kontraknya selesai. Namun beberapa pemain justru nilainya tidak masuk akal. Ini ulasannya.

1. Tete - 150 juta euro (Rp2,45 triliun)

dailymail.co.uk

Tete merupakan salah satu talenta muda yang lahir dari akademi Gremio. Pada 2018 ia sukses menembus tim utama dan menarik minat tim asal Ukraina, Shakhtar Donetsk. Ia pun diboyong pada 2019 dengan harga 15 juta euro kala dirinya masih berusia 19 tahun.

Tete dikontrak dengan durasi empat tahun. Di dalam kontraknya tersebut Shakthar memasang klausul rilis 150 juta euro. Sebuah harga super tinggi untuk pemain muda belum berpengalaman di Eropa.

Winger asal Brasil itu telah mencatatkan 44 laga di semua ajang dengan koleksi 11 gol dan 7 assist, serta memberikan gelar Liga Ukraina pada musim perdananya.

Baca Juga: Demi Penerus Busquets, Barcelona Tertarik Datangkan Sandro Tonali

2. Ordiol Busquets - 200 juta euro (Rp3,26 triliun)

twitter.com/barcacentre

Meski Barcelona mulai jarang menggunakan pemain yang berasal dari akademinya, La Masia tetap melahirkan pemain-pemain muda potensial. Salah satunya adalah Ordiol Busquets, yang sedang menjalani masa peminjaman bersama klub Belanda, FC Twente.

Pemain berusia 21 tahun itu berhasil membawa Twente keluar dari zona degradasi dengan tampil dalam 21 laga. Ia berposisi sebagai gelandang bertahan dan dianggap sebagai penerus dari Sergio Busquets.

Blaugrana sendiri memagari pemain mudanya itu dengan harga klausul rilis yang sangat tinggi, yaitu 200 juta euro.

3. Martin Braithwaite - 300 juta euro (Rp4,9 triliun)

indianexpress.com

Pada Februari lalu lini depan Barcelona diterpa badai cedera, sehingga membuat mereka melakukan transfer darurat. Pilihannya pun jatuh kepada striker Leganes, Martin Braithwaite, yang diboyong dengan harga 18 juta euro dengan durasi kontrak empat tahun. Gilanya, klausul rilis sang pemain bernilai 300 juta euro.

Nilai yang tidak masuk akal untuk pemain berusia 29 tahun tanpa prestasi yang bergengsi baik individu maupun level klub. Sang pemain sendiri baru mencatatkan 7 laga di La Liga dengan mencetak satu gol.

4. Vinicius Jr - 700 juta euro (Rp11,4 triliun)

francefootball.fr

Vinicius Jr merupakan salah satu pemain paling bertalenta saat ini dan digadang-gadang sebagai calon bintang masa depan Real Madrid. El Real bahkan rela mengeluarkan dana 45  juta untuk menebusnya dari Flamengo pada 2018 lalu. Sadar pemain berusia 19 tahun ini merupakan berlian berharga, Real Madrid memasang klausul rilis tak masuk akal dalam kontraknya.

Winger asal Brasil itu memiliki klausul  pelepasan bernilai 700 juta euro. Musim ini sendiri ia telah tampil dalam 26 laga dengan koleksi 3 gol dan 2 assist.

Baca Juga: Pemain Real Madrid Brahim Diaz, Menolak Tawaran Pindah ke Getafe

Verified Writer

Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya