TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Allison Kembali, Mercedes Bisa Lebih Kompetitif di Formula 1 2023?

Mercedes masih sulit bersaing dengan Red Bull

Mobil Valtteri Bottas keluar garasi pada GP Turki (twitter.com/MercedesAMGF1)

Jakarta, IDn Times - Tim pabrikan Formula 1 Mercedes AMG Petronas kembali menunjuk James Allison sebagai direktur teknik. Hal itu dilakukan guna meningkatkan performa mobil W14 agar bisa bersaing di ajang balapan mobil paling bergengsi di dunia tersebut. 

Sejauh ini, tak sekalipun Mercedes bisa meraih gelar dalam tiga seri awal Formula 1. Catatan terbaik mereka adalah menjadi runner-up di Grand Prix Australia pada 2 April 2023 lalu. Kala itu, posisi terbaik diraih Lewis Hamilton yang belum mampu menyaingi kecepatan pembalap Red Bull, Max Verstappen.

Kini, Mercedes masih berada di peringkat tiga klasemen konstruksi. Mereka masih kalah dari Red Bull dan Aston Martin yang mobilnya menunjukkan performa terbaik dalam tiga seri awal musim ini.

Baca Juga: George Russell: Mercedes Harus Korbankan Beberapa Balapan di F1 2023

1. Mercedes cukup kompetitif, tapi ...

Lewis Hamilton merayakan kemenangan ke-100 di Formula 1 (twitter.com/MercedesAMGF1)

Allison memastikan jika Mercedes sebetulnya punya mobil yang cukup kompetitif menghadapi balapan Formula 1 musim ini. Hanya saja, ketika sulit merebut posisi pertama dalam balapan, W14 dinilai lemah dan sulit bersaing.

Dia tak mengelak, W14 versi terbaru yang digunakan para pembalap saat ini masih memiliki beberapa kekurangan dibandingkan yang sebelumnya. Hal itu jadi alasan mereka sulit bersaing di posisi depan. Di sisi lain, Red Bull yang bisa terus melakukan perbaikan, tampil cukup dominan dengan mobil BR19-nya.

“Ada sepasang pembalap yang sangat cepat yakni Lewis Hamilton dan George Russell. Ini lebih baik daripada sebagian besar grid di luar sana, tetapi sebelum menjadi yang tercepat, akan selalu terasa seperti mobil yang lemah bagi kita semua,” kata Allison saat bicara di Podcast F1 Nation edisi terbaru, dikutip Planet F1.

2. Kekurangan W14 di mata Allison

Lewis Hamilton pada balapan GP Turki (twitter.com/MercedesAMGF1)

Allison mencatat, W14 saat ini memiliki beberapa kekurangan dibandingkan yang sebelumnya. Selain ban yang dinilai lebih buruk, downforce mobil ini juga lebih buruk jika diukur dengan kualitas yang terdahulu. 

“Bannya cukup baik, tapi tidak sebagus beberapa mobil yang pernah kami buat sebelumnya. Downforce-nya lebih banyak daripada kebanyakan mobil di grid, tapi tidak cukup. Karakteristik pengendaliannya sudah sedikit seperti yang diinginkan, tapi perlu perbaikan,” ujar Allison.

“Kami telah membicarakannya hampir sepanjang akhir pekan dan itu merupakan bagian dari apa yang perlu ditangani tim ini untuk mendapatkan kembali materi kemenangan di tangan kami,” lanjut dia.

Baca Juga: Lewis Hamilton Belum Yakin Mercedes Bisa Samai Red Bull dan Ferrari

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya