Lewis Hamilton Belum Yakin Mercedes Bisa Samai Red Bull dan Ferrari

Mercedes masih belum menemukan setelan terbaiknya

Jelang balapan pembuka Formula 1 2023, Mercedes sepertinya belum menemukan setelan terbaik mereka pada mobil W14. Performa Mercedes tak terlalu impresif dan justru beberapa kali mengalami masalah.

Melihat hasil tersebut, Lewis Hamilton mengaku timnya masih belum bisa menyamai kecepatan Red Bull dan Ferrari. Namun, juara dunia tujuh kali tersebut menilai bahwa mobil W14 lebih baik dari mobil W13 yang dipakai di musim 2022.

1. Porpoising bukan jadi masalah lagi

Lewis Hamilton Belum Yakin Mercedes Bisa Samai Red Bull dan FerrariLewis Hamilton (twitter.com/MercedesAMGF1)

Salah satu masalah besar yang dihadapi Mercedes pada musim 2022 adalah porpoising. Namun, hal itu sepertinya sudah cukup teratasi pada mobil W14 yang dipakai Mercedes pada tes pramusim di Bahrain.

Selama tiga hari menjalani tes pramusim, mobil W14 terlihat tak lagi mengalami guncangan seperti musim lalu. Hal ini tentunya menjadi kabar baik mengingat porpoising sangat menyiksa pembalap dan juga mengurangi performa mobil mereka.

2. Mobil W14 masih memiliki kendala

Lewis Hamilton Belum Yakin Mercedes Bisa Samai Red Bull dan FerrariLewis Hamilton (formula1.com)

Meskipun sudah hampir dipastikan bebas dari porpoising, mobil W14 juga tak luput dari beberapa masalah lain. Hamilton menyebut bahwa ia masih merasakan beberapa masalah mendasar pada mobil yang ia kendarai selama tes pramusim.

Salah satu masalah yang disebut Hamilton adalah tentang keseimbangan mobil. Selain itu, mobil milik George Russell juga sempat terhenti akibat masalah hidraulik pada hari kedua.

Baca Juga: Christian Horner Masih Penasaran dengan Performa Mercedes

3. Hamilton sebut Mercedes masih jauh untuk mengejar Red Bull dan Ferrari

Lewis Hamilton Belum Yakin Mercedes Bisa Samai Red Bull dan FerrariCharles Leclerc, Lewis Hamilton, dan Max Verstappen (formula1.com)

Hamilton menyatakan bahwa kondisi garasi Mercedes lebih baik daripada musim lalu ketika mereka mengakhiri sesi pramusim. Namun, Hamilton juga mengatakan bahwa saat ini Mercedes dirasa belum mampu menyaingi Red Bull dan Ferrari.

"Tahun ini kami memiliki beberapa hal yang perlu kami kerjakan. Itu masih belum sempurna dan kami masih belum bisa menandingi Red Bulls saat ini atau mungkin Ferrari. Namun, seperti yang saya katakan, itu lebih baik," ucap pembalap asal Inggris tersebut mengutip situs resmi Formula 1.

4. Apresiasi tinggi diberikan Hamilton pada Mercedes

Lewis Hamilton Belum Yakin Mercedes Bisa Samai Red Bull dan FerrariLewis Hamilton (formula1.com)

Meskipun masih mengalami beberapa masalah dan tak yakin bisa bersaing untuk gelar juara, Hamilton tetap memberikan apresiasi tinggi kepada timnya. Hilangnya masalah porpoising dan mobil W14 yang lebih baik dari musim lalu merupakan sebuah peningkatan dari Mercedes.

"Pekerjaan luar biasa sepanjang musim dingin bagi kami untuk berlari dan memiliki jarak tempuh yang kami miliki dan semua orang di sini, saya sudah lama berada di sini dan setiap tahun, mereka semua memiliki fokus mental dan tekad yang sama untuk memperbaiki masalah apa pun yang Anda miliki," ujar Hamilton melansir Planet F1.

5. Tak ingin mengulangi musim 2022

Lewis Hamilton Belum Yakin Mercedes Bisa Samai Red Bull dan FerrariLewis Hamilton (formula1.com)

Musim 2022 merupakan tahun terburuk bagi Mercedes sejak Formula 1 memasuki era turbo hybrid pada 2014. Mereka tak hanya kehilangan gelar juara dunia pembalap, tetapi juga gagal mempertahankan tahta konstruktor yang selama delapan musim beruntun selalu mereka pegang.

Menyambut musim baru yang akan segera dimulai, Mercedes diharapkan bisa berbenah jika ingin kembali meramaikan persaingan menuju gelar juara. Tak hanya Red Bull dan Ferrari yang semakin bagus, para tim papan tengah, seperti Alpine, McLaren, dan Aston Martin juga bisa saja mengejutkan Mercedes musim 2023.

 

Meskipun mobil W14 lebih baik dari W13 yang dipakai musim lalu, Hamilton masih tak yakin timnya bisa menyaingi Red Bull dan Ferrari. Balapan pembuka di GP Bahrain yang akan digelar pada Minggu (5/3/2023) akan menunjukkan sejauh apa perkembangan Mercedes musim ini.

Baca Juga: Max Verstappen Tak Ingin Samai Rekor Lewis Hamilton di Formula 1

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya