5 Catatan Menarik Kemenangan Fantastis Arsenal atas Aston Villa

Jacob Ramsey hampir samai rekor Jack Grealish!

Arsenal baru saja membuka pekan kesembilan Premier League dengan cemerlang. Pasalnya, klub asuhan Mikel Arteta itu berhasil memenangkan laga saat melawan Aston Villa. Skor berakhir dengan hasil 3-1.

Pastinya terdapat beberapa fakta menarik dibalik kemenangan Arsenal atas Aston Villa ini. Kira-kira apa sajak hal tersebut? Berikut penjelasan catatan menarik laga Arsenal melawan Aston Villa yang berlangsung di Emirates Stadium. 

1. Thomas Partey jadi satu-satunya pemain Ghana yang mencetak gol di Premier League bagi Arsenal

5 Catatan Menarik Kemenangan Fantastis Arsenal atas Aston Villapotret Thomas Partey (twitter.com/WilliamHill)

Thomas Partey merupakan pemain Arsenal sejak musim lalu setelah dibeli dari Atletico Madrid. Sayangnya, pada musim lalu dia kerap absen karena cedera parah yang dialaminya. Musim ini, Partey berhasil bermain reguler di hampir setiap laga yang dijalani Arsenal. 

Di laga melawan Aston Villa, Partey berhasil menciptakan gol pembuka pada menit ke-23. Gol ini merupakan yang pertama kalinya di Premier League setelah membela Arsenal. Dia merupakan satu-satunya pemain Ghana yang mencetak gol di Premier League bagi Arsenal. 

2. Aston Villa sudah sambangi 4 anggota The Big Six dan hanya meraih 1 kemenangan tandang

5 Catatan Menarik Kemenangan Fantastis Arsenal atas Aston Villapotret Dean Smith (twitter.com/Squawka)

Aston Villa memang kurang beruntung di awal-awal musim karena sudah bertandang di 4 anggota The Big Six dari 5 laga tandang yang dijalani. Klub tersebut sudah bertandang ke Tottenham, Chelsea, Manchester United, dan Arsenal. Ada pula laga tandang mereka ke markas Watford yang berakhir 3-2 untuk tuan rumah. 

Saat melawan The Big Six di kandang lawan, Aston Villa hanya mampu meraih 1 kemenangan, yaitu saat melawan Manchester United di Old Trafford dengan skor 0-1. Dengan hal tersebut, Aston Villa sudah kalah 4 kali dari 5 laga tandang yang mereka jalani. 

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Gagal Meraih Trofi Premier League bersama Arsenal

3. Tampil ofensif, Arteta bawa Arsenal catatkan 9 shots on target

5 Catatan Menarik Kemenangan Fantastis Arsenal atas Aston Villapotret Mikel Arteta (twitter.com/Squawka)

Mikel Arteta sempat mendapatkan kritik sejak musim lalu karena minimnya shots on target di setiap laganya yang kerap menjadi biang kerok kekalahan. Menariknya, di laga melawan Aston Villa, Arsenal berhasil menciptakan 9 shots on target. Jumlah ini merupakan yang tertinggi kedua setelah Arsenal menghadapi West Brom pada Januari 2021 lalu sejak ditangani Mikel Arteta. 

Di laga melawan Aston Villa, skuad asuhan Arteta itu memang tampil agresif. Arsenal berani dalam mengambil resiko serangan balik dan mampu menguasai bola dengan cermat. Tak heran jika cukup banyak tendangan ke gawang yang mereka hasilkan. 

4. Jacob Ramsey merupakan pencetak gol termuda bagi Aston Villa di Premier League setelah Jack Grealish

Aston Villa pastinya bukan tanpa perlawanan saat bertandang ke markas Arsenal. Setidaknya sudah ada 4 tendangan ke gawang yang berhasil mereka luncurkan. Ada pula gol Jacob Ramsey pada menit ke-82 yang setidaknya mampu memperkecil ketertinggalan. 

Menariknya, Jacob Ramsey berhasil menjadi pemain termuda di Aston Villa yang mencetak gol di Premier League setelah Jack Grealish. Ramsey mencetak gol debutnya di usia 20 tahun 147 hari. Sedangkan Grealish mencetak gol debutnya di Premier League di usia 20 tahun 3 hari. 

5. Kedua tim akan menghadapi perwakilan Inggris di Liga Europa pada pekan depan

5 Catatan Menarik Kemenangan Fantastis Arsenal atas Aston VillaAubameyang dan Lacazette saat merayakan gol ke gawang Aston Villa. (twitter.com/Arsenal)

Baik Arsenal maupun Aston Villa tidak bermain di ajang Eropa apapun. Pada pekan kesepuluh Premier League nanti, Arsenal akan menghadapi Leicester City. Sedangkan Aston Villa akan menghadapi West Ham. 

Pastinya bukan perkara mudah untuk melawan kedua tim tersebut mengingat mereka merupakan perwakilan Inggris di ajang Liga Europa. Kekuatan tim lawan juga bertambah mengingat mereka sangat aktif dalam bursa transfer musim panas kemarin. 

Itu dia lima catatan menarik setelah kemenangan Arsenal melawan Aston Villa. Arsenal berhasil mengoleksi 14 poin dan masuk ke papan tengah klasemen sementara. Sedangkan Aston Villa sudah mengoleksi 10 poin. 

Baca Juga: 5 Pemain Aktif dengan Assist Terbanyak di Premier League, Siapa Saja?

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya