5 Klub Top Ini Tak Menyumbang Pemain di Nominasi Ballon d'Or 2021

Mulai dari Arsenal hingga Leicester City

Majalah asal Prancis, France Football, baru saja merilis 30 nama pemain yang berpeluang meraih penghargaan Ballon d'Or 2021. Penghargaan Ballon d'Or sendiri merupakan salah satu penghargaan individual yang sangat prestigious bagi seorang pesepak bola. Biasanya, pemain-pemain yang masuk dalam nominasi membela beberapa klub top yang berhasil menjuarai sebuah kompetisi. 

Menariknya, terdapat beberapa klub top yang justru tak mampu menyumbangkan pemainnya ke dalam daftar nominasi peraih Ballon d'Or 2021. Pastinya hal tersebut dapat menjadikan kekecewaan tersendiri bagi para fans. berikut lima klub sepak bola top yang tak menyumbang pemain ke dalam nominasi peraih Ballon d'Or 2021. 

1. Arsenal

5 Klub Top Ini Tak Menyumbang Pemain di Nominasi Ballon d'Or 2021potret Mikel Arteta (skysports.com)

Dalam sejarahnya, memang Arsenal tak pernah memberikan pemain yang berhasil meraih penghargaan Ballon d'Or. Walau begitu, pada tahun 2012, nama Robin van Persie yang membela Arsenal sempat masuk dalam top 5 penghargaan tersebut. Terlepas dari hal tersebut, di edisi kali ini Arsenal tak bisa menyumbang salah satu peain mereka untuk meraih penghargaan Ballon d'Or. 

Hal tersebut tak lepas dari performa buruk Arsenal pada musim lalu, baik di Premier League maupun Piala FA. Alhasil, Arsenal tak bermain di kompetisi Eropa manapun pada musim ini, sekalipun kompetisi baru UEFA Conference League. 

2. LOSC Lille

5 Klub Top Ini Tak Menyumbang Pemain di Nominasi Ballon d'Or 2021potret Renato Sanches saat bersama LOSC Lille (90min.com)

Pada musim lalu, LOSC Lille berhasil menjuarai Ligue 1 dengan mendepak Paris Saint-Germain dari perburuan gelar. Beberapa pemain mereka juga tampil impresif di level internasional seperti Renato Sanchez dan Burak Yilmaz. Ada juga sosok Jose Fonte yang merupakan kunci kesuksesan LOSC Lille pada musim lalu di kompetisi domestik. 

Namun, tak ada nama pemain jawara Ligue 1 dalam daftar nominasi peraih Ballons d’Or. Disisi lain, pemain Ligue 1 yang masuk nominasi Ballons d’Or diborong semua oleh Paris Saint-Germain, yaitu Donaarumma, Neymar, Kylian Mbappe, dan Lionel Messi. 

Baca Juga: 5 Negara Penyumbang Terbanyak di Nominasi Peraih Ballon d'Or 2021

3. FC Porto

5 Klub Top Ini Tak Menyumbang Pemain di Nominasi Ballon d'Or 2021potret Pepe bersama FC Porto (fcbarcelonanoticias.com)

FC Porto memang belum pernah menyumbangkan pemain untuk meraih penghargaan Ballon d'Or. Walau begitu, prestasinya pada musim lalu seharusnya dapat menjadi pertimbangan untuk membawa pemain FC Porto untuk masuk dalam nominasi ini. FC Porto berhasil lolos ke babak 8 besar Liga Champions walau harus kalah dari jawara kompetisi tersebut, Chelsea. 

Sebenarnya terdapat nama Pepe yang cukup menonjol performanya bersama FC Porto. Namun, Pepe sendiri kurang tampil memuaskan di ajang Piala Eropa 2020 bersama Timnas Portugal. 

4. RB Leipzig

5 Klub Top Ini Tak Menyumbang Pemain di Nominasi Ballon d'Or 2021potret Péter Gulácsi bersama RB Leipzig (getfootballnewsgermany.com)

Berstatus sebagai runner up Bundesliga musim lalu, pastinya klub ini tak boleh dipandang sebelah mata. Apaagi RB Leipzig merupakan langganan klub yang menjadi perwakilan Jerman di ajang Liga Champions. Sayangnya, klub ini tampaknya kesulitan untuk menemukan pemain ikonik. 

Sebenarnya ada nama Péter Gulácsi yang merupakan sosok penting di timnya, baik di RB Leipzig maupun Hungaria. Dia berhasil meraih Golden Glove di Bundesliga musim lalu. Walau begitu, namanya tak masuk di daftar nama pemain calon peraih Ballon d'Or maupun Yashin Trophy 2021. 

5. Leicester City

5 Klub Top Ini Tak Menyumbang Pemain di Nominasi Ballon d'Or 2021potret Kasper Schmeichel bersama Leicester City (90min.com)

Seperti yang diketahui, Leicester City merupakan jawara Piala FA 2020/2021. Klub tersebut juga berhasil menjuarai Community Shield 2021 setelah mengalahkan Manchester City dengan skor 0-1. Beberapa pemain mereka juga berhasil menjadi pemain vital di negaranya. 

Sayangnya, tak ada pemain Leicester City yang masuk dalam nominasi Ballon d'Or 2021. Padahal, terdapat beberapa nama top seperti Youri Tielemans, Kasper Schmeichel, hingga Caglar Soyuncu. 

Nah, itu dia lima klub yang tak menyumbang pemain satupun ke dalam daftar peraih Ballon d'Or 2021. Banyak yang menilai beberapa pemain dari klub di atas sebenarnya layak untuk masuk daftar tersebut. Menurutmu, adakah pemain dari klub di atas yang seharusnya masuk dalam daftar nominasi Ballon d'Or 2021?

Baca Juga: 5 Defender yang Masuk Nominasi Ballon d'Or Tahun Ini

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya