5 Negara Penyumbang Terbanyak di Nominasi Peraih Ballon d'Or 2021

Para pemain Italia mendominasi Ballon d'Or 2021!

Baru-baru ini, majalah France Football merilis tiga puluh nama calon peraih penghargaan Ballon d'Or 2021. Bagi kamu yang belum tahu, penghargaan tersebut merupakan salah satu penghargaan individual paling bergengsi bagi seorang pesepak bola. Penganugerahannya akan digelar pada 29 November 2021 mendatang. 

Dari tiga puluh nama yang dirilis, diketahui terdapat beberapa negara yang sudah menyumbang banyak pemain dalam daftar ini. Berikut lima negara penyumbang terbanyak di nominasi peraih penghargaan Ballon d'Or 2021.

1. Italia - lima pemain

5 Negara Penyumbang Terbanyak di Nominasi Peraih Ballon d'Or 2021potret Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci (twitter.com/squawkanews)

Berstatus sebagai jawara Piala Eropa 2020 dan semifinalis UEFA Nations League, pastinya membuat beberapa pemain Italia masuk dalam daftar ini. Apalagi terdapat beberapa pemain Italia yang juga tampil gacor di klub masing-masing. Tak heran jika ada lima pemain berkebangsaan Italia yang masuk nominasi peraih Ballon d'Or 2021. 

Dilansir Sporting News, kelima pemain tersebut ialah Jorginho, Bonucci, Chiellini, Donnarumma dan Nicolo Barella. Dengan hal tersebut, Italia menjadi negara penyumbang pemain terbanyak dalam daftar nominasi peraih Ballon d'Or 2021.

2. Inggris - empat pemain

5 Negara Penyumbang Terbanyak di Nominasi Peraih Ballon d'Or 2021potret Phil Foden dan Raheem Sterling (skysports.com)

Inggris merupakan runner-up Piala Eropa 2020. Walaupun begitu, sudah ada empat pemain Inggris yang masuk dalam daftar nominasi peraih Ballon d'Or 2021. Keempat pemain tersebut ialah Harry Kane, Phil Foden, Mason Mount, dan Raheem Sterling. 

Memang, keempat pemain tersebut merupakan sosok kunci di skuad Inggris maupun klub masing-masing. Walau begitu, penampilan keempat pemain tersebut masih belum terlalu konsisten di ajang Premier League sejauh ini.

3. Spanyol - tiga pemain

5 Negara Penyumbang Terbanyak di Nominasi Peraih Ballon d'Or 2021potret Gerard Moreno (sport.es)

Memang, klub-klub asal Spanyol tak mampu unjuk gigi di pentas Liga Champions musim lalu. Walau begitu, Spanyol merupakan finalis UEFA Nations League sekaligus semifinalis Piala Eropa 2020. Tak heran jika sudah ada tiga pemain asal Spanyol yang masuk dalam daftar ini. 

Sesuai rilisan Ballon d'Or, ketiga pemain tersebut antara lain Pedri (Barcelona), Cesar Azpilicueta (Chelsea), dan Gerard Moreno (Villareal). Menariknya, Cesar Azpilicueta dan Moreno merupakan salah satu pemain kunci saat Chelsea menjuarai Liga Champions dan Villareal menjuarai Liga Europa pada musim lalu.

Baca Juga: Performa Apik, 5 Pemain Top Ini Gagal Masuk Nominasi Ballon d'Or 2021

4. Portugal - tiga pemain

5 Negara Penyumbang Terbanyak di Nominasi Peraih Ballon d'Or 2021potret Cristiano Ronaldo dan Ruben Dias (twitter.com/timelinecr7)

Di level internasional, Portugal memang tak terlalu berprestasi di tahun ini. Walau begitu, beberapa pemain Portugal berhasil tampil impresif di klubnya masing-masing sejauh ini. Sebut saja Ronaldo yang menjadi tumpuan utama Manchester United dalam mencetak gol. 

Ada juga Bruno Fernandes yang menjadi sosok penting dalam merancang strategi menyerang. Tak ketinggalan Ruben Dias yang berhasil menjadi jantung pertahanan Manchester City dalam setahun terakhir. Ketiga pemain Portugal tersebut masuk dalam nominasi peraih penghargaan  Ballon d'Or 2021.

5. Prancis - tiga pemain

5 Negara Penyumbang Terbanyak di Nominasi Peraih Ballon d'Or 2021potret Karim Benzema dan Kylian Mbappe (fcbarcelonanoticias.com)

Walau tak mampu berbicara banyak di Piala Eropa 2020, Prancis berhasil masuk final UEFA Nations League melawan Spanyol. Beberapa pemain Prancis memang tampil impresif saat melawan Belgia. Di antara mereka, ada juga yang tampil konsisten di klub masing-masing. 

Tak heran terdapat tiga nama skuad Les Bleus yang masuk dalam nominasi peraih Ballon d'Or 2021. Ketiga nama tersebut ialah Kylian Mbappe, Karim Benzema, dan N'Golo Kante. Mereka bertiga memang layak masuk dalam daftar ini mengingat peran mereka yang sangat vital, baik bagi klub maupun negaranya.

Nah, itu dia lima negara penyumbang pemain terbanyak di daftar nominasi peraih Ballon d'Or 2021. Italia merupakan negara penyumbang terbanyak dalam daftar ini. Memang, beberapa pemain asal Italia tampil konsisten, baik di klub maupun negara pada tahun ini. 

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya