5 Transfer Pemain Argentina Termahal Sepanjang Sejarah

Termasuk pemain baru Manchester United, Lisandro Martinez

Berbicara tentang sepak bola, pastinya talenta-talenta Argentina tak bisa dipisahkan. Negara Amerika Latin itu kerap menyumbang banyak pemain top dari era ke era hingga jadi komoditi panas di bursa transfer. Beberapa nama bahkan sukses memecahkan rekor transfer termahal. 

Terbaru, ada nama Lisandro Martinez yang baru saja ditebus cukup mahal oleh Manchester United dari Ajax Amsterdam. Lantas, siapa saja transfer pemain Argentina termahal yang termasuk dalam daftar ini?

1. Gonzalo Higuain (Rp1,36 triliun)

5 Transfer Pemain Argentina Termahal Sepanjang SejarahGonzalo Higuain bersama Inter Miami (twitter.com/futebol_pais)

Gonzalo Higuain merupakan eks pemain internasional Argentina yang sudah memberikan penampilan sebanyak 75 kali bagi tim Tango. Higuain pernah membela beberapa klub top raksasa Eropa, seperti Juventus, Chelsea, Real Madrid, Napoli, hingga AC Milan. 

Pada 2016, Higuain dibeli Juventus dari Napoli dengan harga 90 juta euro atau setara Rp1,36 triliun. Biaya transfer ini membuat Higuain menjadi pemain Argentina termahal yang pernah dibeli oleh suatu klub. 

2. Angel Di Maria (Rp1,1 triliun)

5 Transfer Pemain Argentina Termahal Sepanjang SejarahMassimiliano Allegri dan Angel Di Maria (twitter.com/FabrizioRomano)

Angel Di Maria merupakan pemain baru Juventus yang didatangkan secara gratis dari Paris Saint-Germain. Walau didatangkan secara gratis pada bursa transfer musim panas 2022 ini, Di Maria sudah dua kali dibeli mahal oleh suatu klub. 

Pada 2014, Di Maria dibeli Manchester United dari Real Madrid dengan harga 75 juta euro atau Rp1,1 triliun. Satu musim setelahnya, PSG membeli Di Maria dari Setan Merah dengan harga 63 juta euro atau Rp952 miliar. 

Baca Juga: 5 Alasan Lisandro Martinez Cocok untuk Manchester United

3. Lisandro Martinez (Rp867 miliar)

5 Transfer Pemain Argentina Termahal Sepanjang SejarahLisandro Martinez bersama Argentina (twitter.com/LisandrMartinez)

Pemain baru Manchester United, Lisandro Martinez, menjadi pemain Argentina termahal ketiga dalam sejarah transfer negara tersebut. Martinez yang baru saja pindah dari Ajax dibeli dengan harga 57,4 juta euro atau setara Rp867 miliar. 

Martinez memang merupakan anak emas Erik Ten Hag saat keduanya sama-sama masih membela Ajax. Kehadiran Martinez membuat Manchester United kemungkinan bakal memainkan skema tiga bek tengah. 

4. Hernan Crespo (Rp859 miliar)

5 Transfer Pemain Argentina Termahal Sepanjang SejarahHernan Crespo (twitter.com/somosaopaulinos)

Sebelum harga pesepak bola melonjak di era modern, ternyata Hernan Crespo telah lebih dulu memecahkan rekor transfer pemain Argentina termahal di tahun 2002. Kala itu, Crespo dibeli Lazio dari AC Parma dengan harga 56,8 juta euro atau Rp859 miliar.

Crespo menjadi pemain Argentina termahal sebelum rekor tersebut dipecahkan oleh Di Maria di tahun 2014. Saat ini, Crespo merupakan manajer dari klub asal Qatar, Al-Duhail FC. 

5. Mauro Icardi (Rp756 miliar)

5 Transfer Pemain Argentina Termahal Sepanjang SejarahMauro Icardi berseragam PSG (sempreinter.com)

Meski sempat dirumorkan hengkang pada musim 2021/2022 lalu sejak kehadiran Lionel Messi, Mauro Icardi kemungkinan akan tetap bertahan di Paris Saint-Germain selama satu musim ke depan. Icardi sendiri bergabung PSG pada 2020 lalu setelah dibeli dari Inter Milan. 

Kala itu, PSG membeli Icardi dari Inter Milan dengan harga 50 juta euro atau setara Rp756 miliar. Lulusan akademi Barcelona ini masih memiliki kontrak di PSG hingga 2024 mendatang. 

Sejauh ini, Gonzalo Higuain masih memegang rekor transfer pemain Argentina termahal dalam sejarah. Siapa yang paling mungkin memecahkan rekor tersebut di masa yang akan datang?

Baca Juga: 7 Pemain Argentina yang Pernah Bela MU Sebelum Lisandro Martinez

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya