Sejarah Hoki, Sudah Dimainkan Sejak Ribuan Tahun Lalu 

Sudah dipertandingkan di Olimpiade

Hoki adalah salah satu cabang olahraga yang dimainkan di atas lapangan. Permainan ini terdiri dari dua jenis yaitu hoki lapangan (field hockey) dan hoki es (ice hockey). Kedua jenis hoki ini sama-sama menggunakan tongkat dan bola khusus.

Untuk hoki lapangan menggunakan tongkat khusus berbentuk huruf "J" mirip tongkat payung. Bolanya juga khusus mirip bola golf terbuat dari plastik padat yang keras. Kira-kira, dari mana ya asal olahraga hoki ini?

1. Sejarah hoki 

Sejarah Hoki, Sudah Dimainkan Sejak Ribuan Tahun Lalu Pemain hoki sedang bertanding di lapangan. (Fih.ch)

Dikutip dari situs Fih.ch  dan catatan sejarah yang ada, bahwa bentuk primitif permainan ini sudah ada di Mesir sejak 4 ribu tahun yang lalu. Sedangkan di Etiopia sendiri sudah ada sejak 1000 SM (sebelum Masehi). Bukti ini dapat dilihat di berbagai museum yang memperlihatkan Bangsa Romawi, Yunani, dan Suku Aztec memainkan permainan ini.

Pada pertengahan abad ke-18, permainan hoki modern muncul di Inggris. Pada tahun 1879, Asosiasi Hoki pertama dibentuk di Inggris guna menyusun aturan formal permainan ini. Asosiasi ini hanya bertahan enam tahun saja. Pada tahun 1886, asosiasi yang sudah mati suri kembali dihidupkan oleh sembilan klub pendiri.

Baca Juga: Tim Hoki Indonesia Catat Start Bagus di SEA Games 2023

2. Hoki masuk Olimpiade 

Sejarah Hoki, Sudah Dimainkan Sejak Ribuan Tahun Lalu Pemain hoki wanita sedang bertanding di lapangan. (Fih.ch)

Hoki dipertandingkan untuk pertama kali di Olimpiade London tahun 1908. Hoki untuk pria ini terdiri dari enam tim yaitu Inggris, Irlandia, Skotlandia, Wales, Jerman, dan Prancis. Kemunculan hoki di Olimpiade tidaklah mulus.

Pada pegelaran Olimpiade di Stockholm pada tahun 1912, hoki dihapuskan dari daftar cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan. Hoki kembali dipertandingkan di Olimpiade di Antwerp tahun 1920. Namun, hoki kembali dihilangkan saat berlangsungnya Olimpiade Paris tahun 1924.

Kemudian, hoki kembali dipertandingkan di Olimpiade Amsterdam pada tahun 1928. Sejak saat itu, hoki secara rutin menjadi bagian Olimpiade. Pada Olimpiade Moskow tahun 1980, hoki wanita untuk pertama kalinya dipertandingkan. Untuk mengatur cabor ini di tingkat dunia, maka dibentuklah sebuah organisasi yang bernama Fédération Internationale de Hockey sur Gazon (FIH) pada tahun 1924.

3. Hockey5, bentuk lain dari hoki lapangan 

Sejarah Hoki, Sudah Dimainkan Sejak Ribuan Tahun Lalu Pemain hockey5 sedang bertanding di lapangan. (Fih.ch)

Untuk hoki lapangan, terdapat bentuk lain yang disebut dengan hockey5. Jika hoki lapangan terdiri dari 11 orang termasuk penjaga gawang dalam satu tim, maka hockey5 terdiri dari 4 pemain ditambah 1 penjaga gawang. Lapangan yang digunakan juga lebih kecil dengan ukuran panjang 40 sampai 60 meter dan lebar 20 sampai 40 meter.

Hockey5 menuntut pemainnya bergerak lebih cepat dan adaptif. Jenis hoki ini mulai populer di kalangan pecinta olahraga ini. Hocky5 dipertandingkan pertama kali di Youth Olympic Games tahun 2014.

Di Indonesia, olahraga hoki saat ini berada di bawah naungan Federasi Hockey Indonesia (FHI). Dilansir Nocindonesia.id, FHI mendapatkan pengakuan dari FIH sebagai organisasi hoki di Indonesia pada 22 Mei 2021. Sebelum FHI, organisasi Persatuan Hoki Seluruh Indonesia (PHSI) yang mendapatkan pengakuan. Namun organisasi ini mati suri, kemudian dibentuklah FHI.

Baca Juga: Fakta Olahraga Softball, Permainan Bola Kecil yang Melatih Kekompakan

Ari Budiadnyana Photo Verified Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya