Comscore Tracker

Profil Singkat 4 Tim Unggulan Utama di Sudirman Cup 2019

Indonesia menjadi unggulan ke-3

Sudirman Cup 2019 akan segera digelar pada 19-26 Mei mendatang di kota Nanning, Tiongkok. Tahun ini penyelenggaraan Sudirman Cup menjadi yang ke-16 dari sejak pertama kali digelar pada tahun 1989. Dari 15 edisi sebelumnya, Indonesia pernah menjadi juara pada edisi pertama yang digelar di Jakarta.

Tahun ini, Indonesia menjadi negara unggulan ke-3 di bawah Jepang dan tuan rumah Tiongkok. Sementara unggulan ke-4 ditempati oleh China Taipei. Negeri Matahari Terbit akan menciptakan sejarah jika berhasil mengangkat Sudirman Cup di podium tertinggi. Namun, tuan rumah Tiongkok juga tidak bisa dianggap remeh. Sebab dari segi peringkat, kedua negara tidak terpaut jauh. Berikut profil singkat dari masing-masing tim unggulan utama di Sudirman Cup 2019.

1. Jepang unggul di hampir semua sektor

Profil Singkat 4 Tim Unggulan Utama di Sudirman Cup 2019bwfbadminton.com

Jepang mengirimkan total 17 pemain. Dengan akumulasi poin ranking sebesar 450.447, Negeri Matahari Terbit menjadi unggulan pertama di Sudirman Cup 2019. Akumulasi poin tersebut diperoleh dari hampir semua sektor. Sebab dari kelima sektor yang ada, sektor "aling lemah yang dimiliki Jepang adalah sektor ganda campuran, yakni pasangan Yuta Watanabe/Arisa Higashino yang berada di peringkat 3 dunia.

Peringkat satu dunia di tunggal putra dan ganda putri juga ditempati oleh Jepang. Selain itu, kedua pasangan ganda putra Jepang, yakni Takeshi Kamura/Keigo Sonoda (peringkat 2 dunia) serta Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe juga sedang on-fire karena berhasil meraih gelar juara di Singapore Open 2019 dan Badminton Asia Championships dengan mengalahkan dua ganda putra Indonesia di babak final. Berikut skuad tim Jepang di Sudirman Cup 2019.

Pemain Putra:

  1. Kento Momota
  2. Kenta Nishimoto
  3. Keigo Sonoda
  4. Takeshi Kamura
  5. Hiroyuki Endo
  6. Yuta Watanabe
  7. Yugo Kobayashi
  8. Takuro Hoki

Pemain Putri:

  1. Nozomi Okuhara
  2. Akane Yamaguchi
  3. Yuki Fukushima
  4. Sayaka Hirota
  5. Wakana Nagahara
  6. Mayu Matsumoto
  7. Ayaka Takahashi
  8. Misaki Matsutomo
  9. Arisa Higashino

2. Tuan rumah Tiongkok unggul di sektor ganda campuran

Profil Singkat 4 Tim Unggulan Utama di Sudirman Cup 2019bwfbadminton.com

Tuan rumah Tiongkok mengirimkan wakil maksimal sebanyak 20 pemain. Akumulasi poin ranking yang dimiliki Tiongkok sebesar 442.562 menjadikannya unggulan ke-2 di bawah Jepang. Negeri Tirai Bambu bertumpu pada sektor ganda campuran. Sebab peringkat 1 dan 2 dunia di sektor ini dihuni oleh pasangan dari Tiongkok, yakni Zheng Siwei/Huang Yaqiong dan Wang Yilyu/Huang Dongping.

Selain itu, pemain Tiongkok di sektor lain juga tidak bisa dianggap remeh. Tunggal putra utamanya, Shi Yuqi, merupakan peraih medali perak Kejuaraan Dunia 2018. Sementara tunggal putri dan ganda putrinya merupakan juara All England 2019 yang digelar pada bulan Maret lalu. Berikut skuad tim Tiongkok di Sudirman Cup 2019.

Pemain Putra:

  1. Chen Long
  2. Shi Yuqi
  3. Lu Guangzu
  4. Li Junhui
  5. Liu Yuchen
  6. Han Chengkai
  7. Zhou Haodong
  8. He Jiting
  9. Zheng Siwei
  10. Wang Yilyu

Pemain Putri:

  1. Chen Yufei
  2. He Bingjiao
  3. Han Yue
  4. Chen Qingchen
  5. Jia Yifan
  6. Du Yue
  7. Li Yinhui
  8. Zheng Yu
  9. Huang Dongping
  10. Huang Yaqiong

Baca Juga: 4 Fakta Skuat Indonesia di Piala Sudirman 2019

3. Indonesia bertumpu pada sektor putra

Profil Singkat 4 Tim Unggulan Utama di Sudirman Cup 2019twitter.com/INABadminton

Dengan akumulasi ranking poin sebesar 353.008, Indonesia berada di peringkat ketiga di bawah Jepang dan Tiongkok. Sama seperti tuan rumah, Indonesia mengirimkan 20 wakil ke Sudirman Cup. Dari 20 wakil tersebut, 12 di antaranya merupakan atlet putra. Sementara 8 lainnya merupakan atlet putri. Susunan tersebut dipilih berdasarkan keperluan tim. Di atas kertas, atlet putra Indonesia mempunyai peringkat yang lebih tinggi dibandingkan atlet putri dan mempunyai peluang yang lebih besar untuk mendulang poin.

Dua tunggal putra utama Indonesia, yakni Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie masing-masing berada di peringkat 7 dan 8 dunia. Sementara tiga pasangan ganda utama Indonesia, yakni Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, serta Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto masing-masing berada di peringkat 1, 4, dan 5 dunia. Melihat hal tersebut, wajar jika kemudian PBSI menaruh harapan yang besar agar sektor putra dapat menyumbangkan poin bagi Indonesia. Berikut skuad tim Indonesia di Sudirman Cup 2019.

Pemain Putra:

  1. Jonatan Christie
  2. Anthony Sinisuka Ginting
  3. Shesar Hiren Rhustavito
  4. Kevin Sanjaya Sukamuljo
  5. Marcus Fernaldi Gideon
  6. Muhammad Rian Ardianto
  7. Fajar Alfian
  8. Mohammad Ahsan
  9. Hendra Setiawan
  10. Tontowi Ahmad
  11. Praveen Jordan
  12. Hafiz Faizal

Pemain Putri:

  1. Gregoria Mariska Tunjung
  2. Fitriani
  3. Greysia Polii
  4. Apriyani Rahayu
  5. Ni Ketut Mahadewi Istarani
  6. Winny Oktavina Kandow
  7. Melati Daeva Oktavianti
  8. Gloria Emanuelle Widjaja

4. China Taipei andalkan sektor tunggal putri dan ganda putra

Profil Singkat 4 Tim Unggulan Utama di Sudirman Cup 2019bwfbadminton.com

China Taipei menjadi unggulan ke-4 dan terakhir dalam daftar ini, yakni dengan akumulasi ranking poin sebesar 331.368. Negara yang mengirimkan 18 wakil ini mengandalkan sektor tunggal putri dan ganda putra untuk mendulang poin. Di sektor tunggal putri, peringkat satu dunia saat ini ditempati oleh Tai Tzu Ying yang merupakan dua kali juara All England serta peraih medali emas Asian Games 2018 di Jakarta/Palembang.

Selain itu, sektor ganda putra juga akan menjadi andalan China Taipei. Sejak pensiunnya Chen Hung Ling di awal tahun, China Taipei membongkar beberapa pasangan ganda putra dan kini mempunyai pasangan Lee Yang/Wang Chi Lin yang menjadi buah bibir di kalangan para penggemar bulu tangkis. Sebab pasangan ganda baru ini mengikuti 7 turnamen beruntun di dua sektor, kecuali All England, dan keduanya berhasil masuk final di tiga turnamen, termasuk saat menjuarai India Open Super 500 di minggu ke-6 mereka mengikuti kejuaraan bulu tangkis. Berikut skuad tim China Taipei di Sudirman Cup 2019.

Tim Putra:

  1. Chou Tien Chen
  2. Wang Tzu Wei
  3. Yang Chih Chieh
  4. Liao Min Chun
  5. Su Ching Heng
  6. Lu Ching Yao
  7. Yang Po Han
  8. Tseng Min Hao
  9. Lee Yang
  10. Wang Chi Lin

Pemain Putri:

  1. Tai Tzu Ying
  2. Chen Su Yu
  3. Liang Ting Yu
  4. Chang Ching Hui
  5. Yang Ching Tun
  6. Pai Yu Po
  7. Wu Ti Jung
  8. Hsieh Pei Shan

Baca Juga: Diumumkan, Berikut Daftar Pemain Indonesia di Sudirman Cup 2019

Ari Cipta Gunawan Photo Verified Writer Ari Cipta Gunawan

Moviegoer, Reader, Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You