Comscore Tracker

Kilas Balik BWF World Tour Final, Event Penutup bagi Pemain Elite 

Turnamen eksklusif antarpebulu tangkis terbaik

Gelaran tur dunia BWF sampai juga pada pengujung musim. Seperti biasanya, Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) akan menutup rangkaian tur dunia dengan turnamen eksklusif berkonsep final. Turnamen itu dikenal sebagai BWF World Tour Final.

Tahun ini, BWF World Tour Final akan diselenggarakan di Bali International Convention Centre pada 1—5 Desember 2021. Ini merupakan edisi keempat dari penyelenggaraan BWF World Tour Final.

Ternyata konsep turnamen yang mempertemukan pemain terbaik ini sudah menghiasi agenda bulu tangkis sejak dahulu. Berikut kilas balik turnamen bergengsi BWF World Tour Final:

1. Sudah ada sejak 1983, tetapi dikenal dengan nama berbeda-beda

Kilas Balik BWF World Tour Final, Event Penutup bagi Pemain Elite Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan di podium BWF World Tour Final 2019. (badmintonindonesia.org)

Konsep turnamen final ini ternyata sudah ada sejak 1983. Kala itu, turnamen ini dikenal dengan nama World Badminton Grand Prix Finals dengan edisi perdana yang diselenggarakan di Jakarta pada 1983.

Sebelumnya, hanya sektor tunggal putra dan putri yang dipertandingkan. Baru pada 1986 sektor ganda putra, putri, dan campuran disertakan. Turnamen ini sempat berhenti pada 2001 dan muncul dengan nama baru, yaitu BWF Super Series Masters Final, pada 2008.

Berjalan dua edisi, nama turnamen ini disederhanakan menjadi BWF Super Series Final. Pada 2018, turnamen final kembali berganti nama menjadi BWF World Tour Final. Perubahan ini terjadi seiring perubahan konsep turnamen Super Series menjadi World Tour yang dilakukan BWF.

2. Ajang turnamen penutupan setelah rangkaian turnamen dunia selama satu musim

Kilas Balik BWF World Tour Final, Event Penutup bagi Pemain Elite Ganda putri Jepang dan China di podium BWF World Tour Final 2019. (instagram.com/bwf.official)

BWF World Tour Final merupakan turnamen penutup dari rangkaian kompetisi internasional yang sebelumnya bergulir dalam satu musim kompetisi. Dari berbagai rangkaian World Tour yang diselenggarakan BWF, pemain harus bersaing di beberapa gelaran agar dapat memperoleh poin kualifikasi road to final.

Edisi tahun ini, ada sembilan gelaran yang masuk dalam perhitungan poin kualifiksi, di antaranya:

  1. Yonex Swiss Open 2021 (Super 300)
  2. Yonex All England Open 2021 (Super 1000)
  3. Orleans Masters 2021 (Super 100)
  4. Spain Masters 2021 (Super 300)
  5. Victor Denmark Open 2021 (Super 1000)
  6. Yonex French Open 2021 (Super 750)
  7. Hylo Open 2021 (Super 500)
  8. Daihatsu Indonesia Masters 2021 (Super 750)
  9. Indonesia Open 2021 (Super 1000)

Baca Juga: Skuad Indonesia di BWF World Tour Finals, Tak Ada Tunggal

3. Pertandingan antarpemain elite

Kilas Balik BWF World Tour Final, Event Penutup bagi Pemain Elite Pebulu tangkis tunggal putra dunia di acara Gala Dinner World Tour Final 2019. (instagram.com/badmintonphoto_official)

Meskipun BWF World Tour Final tidak termasuk katagori major events, kompetisi ini sangatlah bergengsi. Para pemain yang bisa bertanding di turnamen ini adalah pemain-pemain pilihan.

Per sektor, hanya ada delapan pemain/pasangan teratas di klasemen tur dunia BWF yang dapat mengikutinya. Artinya, para pemain yang berkompetisi hanyalah pemain dengan performa terbaik dalam satu musim.

Selain itu, setiap negara hanya bisa mengirim maksimal dua pemain/pasangan. Pemain-pemain elite yang meraih medali emas Olimpiade atau gelar juara dunia akan mendapat wild card agar dapat mengikuti BWF World Tour Final secara langsung.

4. Total hadiah sebanyak 1,5 juta dolar Amerika Serikat

Kilas Balik BWF World Tour Final, Event Penutup bagi Pemain Elite Ganda campuran China dengan trofi dan medali emas World Tour Final 2019. (instagram.com/bwf.official)

Selain trofi dan medali, turnamen ini menawarkan total hadiah uang sebesar 1,5 juta dolar Amerika Serikat atau Rp20,8 miliar. Semua pemain yang bertanding di turnamen ini dipastikan tidak akan pulang dengan tangan hampa. Pembagian hadiah sudah diatur oleh Statuta BWF bagian 5.3.5: Distribution of Prize Money.

Bahkan, pemain yang berakhir menempati peringkat terbawah dalam fase grup berhak membawa hadiah 0,60 persen (tunggal) atau 0,70 persen (ganda) dari total hadiah tersebut. Sementara, para juara akan membawa pulang sebesar 8 persen (tunggal) atau 8,40 persen (ganda) dari angka Rp20,8 miliar.

5. Keikutsertaan Indonesia di ajang BWF World Tour Finals

Kilas Balik BWF World Tour Final, Event Penutup bagi Pemain Elite Podium ganda putra di BWF World Tour Final 2019. (instagram.com/bwf.official)

Sepanjang tiga edisi BWF World Tour Final yang telah bergulir, Indonesia secara rutin mengirimkan beberapa wakilnya. Raihan terbaik Indonesia masih tercatat dalam keikutsertaan di World Tour Final 2019.

Saat itu, dari ketujuh wakil yang bertanding, Indonesia mengantongi satu gelar juara dari Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan satu runner-up dari Anthony Sinisuka Ginting. Indonesia juga memiliki lima wakil pada edisi 2020. Sayangnya, raihan terbaik yang bisa didapatkan hanyalah runner-up oleh Ahsan/Hendra di sektor ganda putra.

Pada BWF World Tour Final edisi 2021, Indonesia akan diwakili oleh Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Turnamen ini merupakan salah satu dari tiga agenda Indonesia Badminton Festival yang dilangsungkan di Bali International Convention Centre sejak November ini. BWF World Tour Finals sendiri akan dimulai pada 1 Desember mendatang.

Baca Juga: Ini 5 Pemain yang Dipastikan Lolos ke BWF World Tour Finals 2021

Ari Nabila Photo Verified Writer Ari Nabila

Badminton | Travel | Food

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya