5 Pemain Spanyol dengan Caps Terbanyak di Era Vicente del Bosque

Para pemain kunci Spanyol saat menjuarai Piala Dunia

Vicente del Bosque mungkin menjadi pelatih yang tak akan dilupakan penggemar sepak bola Spanyol. Juru taktik yang kini berusia 71 tahun tersebut sukses membawa Spanyol menjuarai Piala Dunia 2010.

Keberhasilan itu menjadi yang pertama dalam sejarah sepak bola Negeri Matador. Tak hanya itu, del Bosque juga membawa Spanyol juara Euro 2012. Del Bosque sendiri menjadi juru latih Timnas Spanyol sejak Juli 2008 hingga Juni 2016.

Selama menangani El Matador, del Bosque tentu saja memiliki sederet pemain yang jadi andalan di atas lapangan. Berikut daftar pemain Spanyol dengan caps terbanyak di era Vicente del Bosque. 

1. Sergio Ramos

5 Pemain Spanyol dengan Caps Terbanyak di Era Vicente del BosqueSergio Ramos (uefa.com)

Pemain pertama dalam daftar ini adalah Sergio Ramos yang menjadi andalan Vicente del Bosque di jantung pertahanan Timnas Spanyol. Kesuksesan Ramos bersama Real Madrid membuatnya menjadi pilar utama di lini belakang El Matador.

Pemain yang kini berusia 36 tahun tersebut menjalani debut bersama Timnas Spanyol pada 3 Maret 2005. Di bawah asuhan del Bosque, Ramos dilibatkan dalam 97 pertandingan di sembilan kompetisi berbeda. Berposisi sebagai bek tengah, ia pun sanggup mencatat 6 gol dan 6 assist.

2. Sergio Busquets

5 Pemain Spanyol dengan Caps Terbanyak di Era Vicente del BosqueSergio Busquets (twitter.com/SEFutbol)

Sergio Busquets menjadi satu-satunya pemain dalam daftar ini yang akan memperkuat Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022. Sebelumnya, pemain yang berposisi sebagai gelandang ini pernah menjadi andalan Timnas Spanyol di era Vicente del Bosque. Pemain Barcelona ini pertama kali membela Timnas Spanyol pada 1 April 2009.

Kualitasnya tak perlu diragukan lagi sebagai seorang gelandang bertahan. Bahkan, saat ini ia dipercaya sebagai kapten tim Matador. Pemain berusia 34 tahun itu dilibatkan del Bosque dalam 88 pertandingan dengan torehan 2 gol dan 3 assist.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Tak Dibawa Timnas Spanyol ke Piala Dunia 2022

3. Iker Casillas

5 Pemain Spanyol dengan Caps Terbanyak di Era Vicente del BosqueIker Casillas (uefa.com)

Di posisi penjaga gawang, Iker Casillas menyegel tempat utama di bawah asuhan Vicente del Bosque. Mantan kiper Real Madrid ini memang sudah menjadi andalan Timnas Spanyol sebelum ditangani del Bosque.

Pria yang kini berusia 41 tahun tersebut menjalani debut bersama El Matador pada 3 Juni 2000. Selain menjadi andalan, Casillas juga dipercaya sebagai kapten tim saat membela Timnas Spanyol. Del Bosque sendiri memainkan Iker dalam 85 pertandingan di sembilan kompetisi berbeda.

4. Andres Iniesta

5 Pemain Spanyol dengan Caps Terbanyak di Era Vicente del BosqueAndres Iniesta (uefa.com)

Berikutnya ada Andres Iniesta yang juga pasti sudah sangat dikenal publik sepak bola. Pemain yang kini membela Vissel Kobe itu juga menjadi andalan Vicente del Bosque di Timnas Spanyol. Kualitasnya di lini tengah membuat tak ada alasan untuk del Bosque tak memanggilnya.

Iniesta juga patut berterima kasih kepada del Bosque karena terus diberi kesempatan setelah debut bersama Timnas Spanyol pada 27 Mei 2006. Selama ditangani del Bosque, pemain yang kini telah berusia 38 tahun tersebut dilibatkan dalam 84 pertandingan dengan catatan 8 gol dan 19 assist.

5. David Silva

5 Pemain Spanyol dengan Caps Terbanyak di Era Vicente del BosqueDavid Silva (uefa.com)

Tak ada alasan untuk Vicente del Bosque tidak mengandalkan David Silva di Timnas Spanyol. Di masa jayanya, pemain yang kini membela Real Sociedad tersebut sudah tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Ia juga menjadi pemain yang terus diberi kesempatan del Bosque setelah debut pada 15 November 2006.

Pertandingan tersebut menjadi awal dari laga-laga selanjutnya bagi Silva bersama El Matador. Pemain yang kini berusia 36 tahun tersebut dilibatkan del Bosque dalam 84 pertandingan dengan torehan 21 gol dan 24 assist.

Spanyol sanggup mencapai puncak kejayaannya saat ditangani Vicente del Bosque. Setelah ditinggal del Bosque, performa Spanyol cenderung menurun hingga gagal bersaing di turnamen besar. Mampukah tren positif itu kembali di ajang Piala Dunia 2022 Qatar ini?

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Masuk Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya