5 Pelatih Ternama yang Belum Pernah Melatih Lionel Messi

Mulai dari Arsene Wenger sampai Jurgen Klopp 

Lionel Messi adalah salah satu nama terbaik dalam sejarah sepak bola. Pria asal Argentina ini telah memenangi banyak sekali penghargaan individu sepanjang kariernya. Selain karena kehebatan sang pemain, prestasi yang diraih itu tentu tidak terlepas dari andil para pelatih yang sempat menanganinya.

Messi sendiri tercatat beberapa kali dilatih oleh pelatih hebat, seperti Pep Guardiola, Luis Enrique, hingga Frank Rijkaard. Tapi, di samping itu, ada juga sejumlah pelatih top yang belum pernah melatih La Pulga. Siapa saja para pelatih ternama tersebut? Check this out!

1. Arsene Wenger 

5 Pelatih Ternama yang Belum Pernah Melatih Lionel MessiArsene Wenger (skysports.com)

Arsene Wenger bisa dibilang sebagai salah satu pelatih terbaik sejak pergantian abad. Pria asal Prancis ini pernah mengantarkan Arsenal tak terkalahkan satu kalipun di kompetisi Premier League pada musim 2003/2004. Selama karier kepelatihannya, ia sudah menangani beberapa pemain bintang, seperti Thierry Henry, Dennis Bergkamp, hingga Cesc Fabregas.

Uniknya, Wenger ternyata sempat mengincar Lionel Messi ketika melatih Arsenal. Namun, The Gunners saat itu tak bisa mendatangkan bintang asal Argentina itu karena harga yang terlalu mahal.

2. Jose Mourinho 

5 Pelatih Ternama yang Belum Pernah Melatih Lionel MessiJose Mourinho (skysports.com)

Jose Mourinho adalah salah satu pelatih berprestasi di kompetisi Eropa, tapi penuh kontroversi. Ia tercatat pernah memenangi gelar liga di empat kompetisi berbeda, yakni di Portugal, Inggris, Italia, dan Spanyol. Bahkan, ketika menangani Real Madrid, Mourinho kerap kali dipecundangi oleh Lionel Messi.

Walau begitu, Mourinho tak segan menyebut Messi sebagai pesepak bola terbaik sepanjang masa. Mourinho juga memuji kualitas La Pulga ketika berhadapan satu lawan satu dengan musuhnya. Meski melatih sangat banyak klub elite, pelatih asal Portugal itu tidak pernah mencoba untuk mendatangkan Messi.

Baca Juga: 5 Pelatih Sepak Bola dengan Bayaran Termahal pada Musim 2021/2022

3. Sir Alex Ferguson 

5 Pelatih Ternama yang Belum Pernah Melatih Lionel MessiSir Alex Ferguson (planetfootball.com)

Sir Alex Ferguson merupakan pelatih dengan prestasi yang sangat mentereng selama waktunya menangani Manchester United. Pelatih asal Skotlandia ini sukses meraih total 13 gelar Premier League. Jika bicara tentang Lionel Messi, Ferguson memiliki kenangan yang buruk dengan pemain asal Argentina itu.

Sebab, Manchester United pernah dikalahkan dua kali oleh Barcelona di partai final Liga Champions pada tahun 2009 dan 2011. Menariknya lagi, Messi sukses mencetak masing-masing satu gol di dua laga puncak tersebut.

4. Carlo Ancelotti 

5 Pelatih Ternama yang Belum Pernah Melatih Lionel MessiCarlo Ancelotti (skysports.com)

Selain Jose Mourinho, Carlo Ancelotti juga berhasil memenangi gelar liga di empat kompetisi berbeda. Pelatih asal Italia itu memiliki karier yang sukses bersama AC Milan dengan memenangi dua gelar Liga Champions. Selain itu, ia juga pernah meraih trofi Liga Champions sekali lagi bersama Real Madrid pada musim 2013/2014.

Sepanjang karier kepelatihannya, Ancelotti telah melatih sejumlah pemain hebat, seperti Cristiano Ronaldo, Robert Lewandowski, dan Franck Ribery. Meski tak pernah menangani Messi, tapi Ancelotti secara terbuka menyatakan bahwa ia sangat kagum dengan kualitas pria asal Argentina tersebut.

5. Jurgen Klopp 

5 Pelatih Ternama yang Belum Pernah Melatih Lionel MessiJurgen Klopp (skysports.com)

Jurgen Klopp bisa dikatakan sebagai pelatih tersukses dalam beberapa tahun terakhir. Sejauh ini ia sudah memenangi dua gelar liga di kompetisi Jerman dan Inggris. Ketika melatih Borussia Dortmund, Klopp sukses mematahkan dominasi Bayern Munchen di Bundesliga. Sedangkan di Liverpool saat ini, ia sukses meraih banyak gelar, seperti Liga Champions, Piala Dunia Antarklub, hingga Premier League.

Klopp sendiri sudah melatih para pemain hebat seperti Mohamed Salah, Sadio Mane, Robert Lewandowski, dan Marco Reus. Yang jelas, sang pelatih belum pernah menangani Lionel Messi. Dengan kondisi saat ini, kecil kemungkinan untuk Klopp bisa satu tim dengan mantan pemain Barcelona tersebut.

La Pulga adalah pemain sepak bola yang luar biasa. Akan tetapi, tanpa adanya sosok pelatih, sang pemain mungkin tidak mampu meraih banyak prestasi.

Baca Juga: 5 Pelatih Sepak Bola Terboros pada Abad ke-21, Siapa Saja?

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya